Profil & Informasi tentang Negara Pakistan [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Pakistan [Lengkap]

Informasi mengenai Pakistan.

NamaPakistan
Nama resmiRepublik Islam Pakistan
اسلامی جمہوریۂ پاکستان‎
Islāmī Jumhūriyah-yi Pākistān (Urdu)
Islamic Republic of Pakistan (Inggris)
Ibu kotaIslamabad
Semboyanایمان، اتحاد، نظم‎
Īmān, Ittiḥād, Naẓm
(Urdu: "Iman, Persatuan, Disiplin")
Lagu kebangsaanقومی ترانہ‎
Qaumī Tarānah
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanDeklarasi: 28 Januari 1933
Resolusi: 23 Maret 1940
Dominion: 14 Agustus 1947
Republik Islam: 23 Maret 1956
Pakistan Timur memisahkan diri: 16 Desember 1971
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (سینیٹ‎ [Seneṭ] + قومی اسمبلئ‎ [Qaumī Asimbli'e])
Bahasa NasionalUrdu dan Inggris
AgamaIslam
Hindu
Kristen
Sikhisme
Buddha
Jainisme
Zoroastrianisme
Mata UangRupee Pakistan (₨) (PKR)
Zona WaktuWaktu Standar Pakistan (PST) (UTC+5)
Kode Telepon+92
Domain.pk dan پاکستان.
Situs Resmihttp://www.pakistan.gov.pk/
Jumlah Penduduk233.500.636 (estimasi Juli 2020)

Pakistan yang secara resmi bernama Republik Islam Pakistan adalah sebuah negara berdaulat di Asia Selatan. Pakistan secara strategis terletak di persimpangan antara Asia Selatan, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

Batas-batas wilayah Pakistan:

Letak negara Pakistan
Letak Pakistan

Pakistan memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Pakistan
Bendera Pakistan

Pembagian Administratif

Pakistan adalah sebuah federasi empat provinsi yakni Punjab, Khyber Pakhtunkhwa, Sindh, dan Balochistan ditambah tiga teritori yang antara lain ialah Wilayah Ibu Kota Islamabad, Gilgit – Baltistan, dan Azad Kashmir.

Pemerintah Pakistan secara de facto berdaulat atas Wilayah Perbatasan dan bagian barat Kashmir yang diorganisasi dalam entitas politik Azad Kashmir dan Gilgit-Baltistan (sebelumnya Wilayah Utara).

Pembagian wilayah administratif Pakistan
Pembagian wilayah administratif Pakistan

Divisi administratif di Pakistan:

  1. Balochistan,
  2. Punjab,
  3. Sindh,
  4. Khyber Pakhtunkhwa,
  5. Gilgit-Baltistan,
  6. Azad Kashmir,
  7. Wilayah Ibu Kota Islamabad.
Lambang negara Pakistan
Lambang negara Pakistan

Geografi

Bentang alam dan iklim Pakistan sangat beragam yang menjadikan negara ini sebagai rumah bagi berbagai macam satwa liar. Pakistan berdaulat pada area seluas 881.913 km², kira-kira sama dengan wilayah daratan gabungan Prancis dan Inggris.

Pakistan adalah negara terluas ke-33 berdasarkan wilayah total, meskipun peringkat ini tergantung pada wilayah Kashmir diperhitungkan. Pakistan memiliki 1.046 km garis pantai Laut Arab dan Teluk Oman di selatan dan 6.774 km perbatasan darat yang terdiri dari 2.430 km dengan Afghanistan, 523 km dengan Tiongkok, 2.912 km dengan India, dan 909 km dengan Iran.

Pakistan juga memiliki perbatasan laut dengan Oman dan dipisahkan dengan Tajikistan oleh Koridor Wakhan yang dingin dan sempit.

Gurun Katpana, gurun dingin tertinggi di dunia.
Gurun Katpana adalah gurun dingin tertinggi di dunia.

Pakistan dibagi menjadi tiga wilayah geografis utama yakni dataran tinggi utara, dataran Sungai Indus, dan Dataran Tinggi Balochistan.

Di dataran tinggi utara terbentang Pegunungan Karakoram, Hindu Kush, dan Pamir yang berisi beberapa puncak tertinggi di dunia, termasuk lima dari empat belas eight-thousanders (puncak gunung lebih dari 8.000 meter) misalnya K2 (8.611 meter) dan Nanga Parbat (8.126 meter).

Dataran Tinggi Balochistan terletak di bagian barat negeri dan Gurun Thar di bagian timur. 1.609 km Sungai Indus dan anak sungainya mengairi negara ini dari Kashmir ke Laut Arab. Ada hamparan dataran alluvial di sepanjang di Punjab dan Sindh.

Iklim Pakistan bervariasi mulai dari tropis hingga subtropis, dengan kondisi kering di pesisir selatan. Ada empat musim yang berbeda di Pakistan yakni musim dingin yang sejuk dan kering dari Desember hingga Februari, musim semi yang panas dan kering dari Maret hingga Mei, musim angin barat daya dari Juni hingga September, dan periode monsun di bulan Oktober dan November.

K2, gunung tertinggi kedua di Bumi.
K2, gunung tertinggi kedua di Bumi.

Demografi

Populasi Pakistan didominasi oleh empat kelompok etnis utama yakni Punjabi, Pashtun (Pathan), Sindhi, dan Baloch.

Perkiraan kasar pada 2009 menunjukkan bahwa Punjabi mendominasi dengan 45% populasi sementara Pashtun adalah kelompok terbesar kedua dengan 15,42% populasi.

Jumlah Sindhi diperkirakan 14,1% populasi, dengan jumlah Saraiki (sub-kelompok Punjabi) diperkirakan sebesar 8,4% populasi.

Jumlah Muhajir berbahasa Urdu (emigran India) berada di 7,57% sementara jumlah Baloch diperkirakan mencapai 3,57%.

4,66% sisanya terdiri dari berbagai etnis minoritas seperti Brahui, orang Hindka, berbagai bangsa Gilgit-Baltistan, Kashmir, Siddi ( keturunan Afrika), dan Hazara.

Nanga Parbat, gunung tertinggi kesembilan di Bumi.
Nanga Parbat, gunung tertinggi kesembilan di Bumi.

Bahasa

Lebih dari enam puluh bahasa digunakan di Pakistan. Urdu adalah bahasa nasional yang dipahami oleh lebih dari 75% populasi Pakistan. Urdu dan bahasa Inggris adalah bahasa resmi Pakistan.

Bahasa Punjabi dipakai oleh 44,15% populasi Pakistan, sebagian besar diucapkan di Punjab. Saraiki sering diucapkan di Punjab Selatan dan Hindko, dominan di wilayah Hazara Khyber Pakhtunkhwa.

Pashto adalah bahasa provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan dipahami dengan baik oleh orang di Sindh dan Balochistan. Bahasa Sindhi biasa digunakan di Sindh sementara bahasa Balochi dominan dipakai di Balochistan. Brahui, bahasa Dravida, dituturkan oleh etnis Brahui yang tinggal di Balochistan.

Bahasa Arab secara resmi diakui oleh konstitusi Pakistan yang dinyatakan dalam Pasal 31 No. 2 bahwa “Negara akan berusaha, sebagai menghormati Muslim Pakistan (a) untuk membuat ajaran Al-Qur’an dan Islamiat wajib, untuk mendorong dan memfasilitasi pembelajaran bahasa Arab …”

Dataran Deosai adalah dataran alpine tertinggi kedua di dunia.
Dataran Deosai adalah dataran alpine tertinggi kedua di dunia.

Agama

Agama negara di Pakistan adalah Islam Sunni. Meski begitu, kebebasan beragama di Pakistan dijamin oleh Konstitusi yang memberikan semua warga negaranya hak untuk mengaku, mempraktekkan, dan menyebarkan agama mereka sesuai dengan hukum, ketertiban umum, dan moralitas.

Sebagian besar orang Pakistan adalah Muslim (96,4% populasi) diikuti oleh Hindu (1,5%) dan Kristen (1,5%). Ada juga penganut agama lain seperti Sikhisme, Buddha, Jainisme, dan minoritas Parsi yang mengikuti Zoroastrianisme.

  • 1
    Share