Profil & Informasi tentang Negara Iran [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil negara Iran

Profil negara Iran.

NamaIran
Nama resmiRepublik Islam Iran
جمهوری اسلامی ايران‎
Jomhūrī-ye Eslāmī-ye Īrān (Persia)
Ibu kotaTeheran
Semboyanاستقلال، آزادی، جمهوری اسلامی‎
Esteqlāl, Āzādi, Jomhuri-ye Eslāmi
(Persia: "Kemerdekaan, Kebebasan, Republik Islam")
Lagu kebangsaanسرود ملی جمهوری اسلامی ایران‎‎
Sorūd-e Mellī-e Īrān
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan1 April 1979
Kepala NegaraPemimpin Agung
Kepala PemerintahanPresiden
Badan Legislatifمجلس شورای اسلامی‎
Majles-e Showrā-ye Eslāmī
Bahasa NasionalPersia
AgamaIslam
Kristen
Yahudi
Zoroastrianisme
Mata UangRial Iran (﷼) (IRR)
Zona WaktuWaktu Standar Iran (IRST): (UTC+3:30)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Iran (IRDT) (UTC+4:30)
Kode Telepon+98
Domain.ir dan ایران.
Situs Resmihttp://en.iran.ir/
Jumlah Penduduk84.923.314 (estimasi Juli 2020)

Iran (bahasa Persia: ایران) adalah salah negara di Asia tepatnya kawasan Timur Tengah. Meski sejak dulu negeri ini dikenal sebagai Iran oleh penduduk lokal, hingga tahun 1935 Iran disebut sebagai Persia oleh komunitas internasional.

Pada tahun 1959, Mohammad Reza Shah Pahlavi memperbolehkan penggunaan kedua istilah tersebut. Iran merupakan kognat kata “Arya” yang berarti “Tanah Bangsa Arya”.

Batas-batas wilayah negara Iran:

Letak negara Iran
Letak Iran

Iran memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Iran
Bendera Iran

Pembagian Administratif

Iran dibagi menjadi lima region dengan tiga puluh satu provinsi (ostān) yang masing-masing diperintah oleh seorang gubernur (ostāndār). Provinsi terbagi menjadi kabupaten (šahrestān), dan terbagi lagi menjadi distrik (baxš) dan sub-distrik (dehestān).

Pembagian wilayah administratif Iran
Provinsi di Iran

Geografi

Luas wilayah negara Iran adalah 1.648.195 km². Letak astronomis negara Iran adalah di antara 24°LU hingga 40° LU dan 44°BT hingga 64° BT. Gunung Damavand (5610 meter) adalah titik tertinggi di Iran dan gunung tertinggi di dataran Eurasia sebelah barat Hindu Kush.

Iran berbatasan dengan Armenia dan Azerbaijan di barat laut. Di utara terdapat Laut Kaspia. Turkmenistan berada di timur laut. Afghanistan dan Pakistan di sebelah timur. Teluk Persia dan Teluk Oman berada di selatan. Di sebelah barat, Iran berbagi perbatasan dengan Irak dan Turki.

Lambang negara Iran
Lambang negara Iran

Demografi

Library of Congress memperkirakan populasi Iran terdiri dari 65% Persia (termasuk. Mazenderanis, Gilaks, dan Talysh), 16% Azerbaijan, 7% Kurdi, 6% Lurs, 2% Baloch.

1% adalah suku-suku Turki (termasuk Qashqai dan Turkmen), dan kurang dari 3% sisanya adalah kelompok non-Iran, non-Turki (termasuk Armenia, Georgia, Asyur, Circassians, dan Arab).

Hutan Kaspia di Maklavan, Gilan
Hutan Kaspia di Maklavan, Gilan

Bahasa

Bahasa resmi negara Iran adalah bahasa Persia. Bahasa itu jugalah yang digunakan mayoritas populasi Iran dalam interaksi sehari-hari.

Persentase bahasa lisan terus menjadi titik perdebatan karena bersinggungan dengan politik terutama bagi kedua etnis terbesar di Iran, Persia dan Azerbaijan.

Persentase yang diberikan oleh World Factbook CIA menyatakan bahwa 53% populasi berbahasa Persia, 16% Azerbaijan Turki, 10% Kurdi, 7% Mazenderani dan Gilaki, 7% Lurish, 2% Turkmen, 2% Balochi, 2% Arab, dan 2% sisanya Armenia, Georgia, Neo-Aram, dan Sirkasia.

Pulau Hormuz, Teluk Persia
Pulau Hormuz, Teluk Persia

Agama

Agama resmi negara Iran adalah Islam Syiah. Mayoritas populasi yang sekitar 90% hingga 95% beragama Islam Syiah. Sekitar 4% hingga 8% populasi menganut Muslim Sunni, terutama suku Kurdi dan Baloches.

2% sisanya adalah Kristen, Yahudi, Bahais, Mandeans, Yezidis, Yarsanis, dan Zoroastrian. Ada sekitar 3.000.000 pengikut Yarsanisme, agama lokal Kurdi yang terkait dengan Zoroastrianisme adalah agama minoritas terbesar yang tidak diakui di Iran.

Yudaisme memiliki sejarah panjang di Iran, sejak penaklukan Achaemenid atas Babilonia. Meskipun terjadi pembentukan Negara Israel dan Revolusi 1979, sekitar 8.756 hingga 25.000 orang Yahudi masih menetap di Iran. Iran memiliki populasi Yahudi terbanyak di Timur Tengah setelah Israel.

Gereja Santo Stefanus dari abad ke-9 di Julfa, bagian dari Ensemble Monastik Armenia Iran di Daftar Warisan Dunia UNESCO.
Gereja Santo Stefanus dari abad ke-9 di Julfa, bagian dari Ensemble Monastik Armenia Iran di Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Sekitar 250.000 hingga 370.000 orang Kristen menetap di Iran. Kristen adalah agama minoritas dengan jumlah pemeluk terbanyak di Iran. Agama Kristen, Yudaisme, Zoroastrianisme, dan cabang Islam Sunni secara resmi diakui oleh pemerintah dan mendapat kursi di Parlemen Iran.


  • 1
    Share