Profil & Informasi tentang Negara Armenia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Armenia [Lengkap]

Informasi mengenai Armenia.

NamaArmenia
Nama resmiRepublik Armenia
Հայաստանի Հանրապետություն
Hayastani Hanrapetutyun (Armenia)
Ibu kotaYerevan
Semboyan-
Lagu kebangsaanՄեր Հայրենիք
Mer Hayrenik
Bentuk PemerintahanRepublik Semi-Presidensial
Sistem PemerintahanSemi-Presidensial
Kemerdekaan23 Agustus 1990
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifԱզգային ժողով
Azgayin Zhoghov
Bahasa NasionalArmenia
AgamaKristen
Katholik
Yazidi
Yahudi
Islam
Mata UangDram (֏) (AMD)
Zona WaktuWaktu Armenia (AMT) (UTC+4)
Kode Telepon+374
Domain.am dan .հայ
Situs Resmihttps://www.e-gov.am/en/
Jumlah Penduduk3.021.324 (estimasi Juli 2020)

Republik Armenia adalah sebuah negara berdaulat di Kaukasus bagian selatan. Armenia adalah anggota Dewan Eropa dan Perserikatan Negara-Negara Merdeka yang selama berabad-abad telah menjadi daerah perlintasan dagang.

Batas-batas wilayah Armenia:

Letak negara Armenia
Letak Armenia

Armenia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Armenia
Bendera Armenia

Pembagian Administratif

Armenia dibagi menjadi sepuluh marzer dengan Kota (kaghak) Yerevan (Երևան) mendapat status administratif khusus sebagai ibu kota negara.

Di dalam setiap provinsi adalah terdapat hamaynkner. Setiap hamaynkner memiliki pemerintahan sendiri dan terdiri dari beberapa bnakavayrer. Bnakavayrer diklasifikasikan sebagai kaghakner atau gyugher.

Pada 2007, Armenia memiliki 915 bnakavayrer, dimana 49 dianggap kaghakner dan 866 dianggap gyugher. Ibu kota Yerevan memiliki status bnakavayrer yang dibagi menjadi dua belas distrik semi-otonom.

Peta pembagian wilayah administratif Armenia
Peta pembagian marzer di Armenia

Armenia terbagi menjadi 10 marzer + 1 daerah ibu kota:

  1. Aragatsotn (Արագածոտն),
  2. Ararat (Արարատ),
  3. Armavir (Արմավիր),
  4. Gegharkunik (Գեղարքունիք),
  5. Kotayk (Կոտայք),
  6. Lori (Լոռի),
  7. Shirak (Շիրակ),
  8. Syunik (Սյունիք),
  9. Tavush (Տավուշ),
  10. Vayots Dzor (Վայոց Ձոր),
  11. Yerevan (Երևան).
Lambang negara Armenia
Lambang negara Armenia

Geografi

Armenia adalah negara yang terkurung daratan di wilayah geopolitik Transkaukasus (Kaukasus Selatan). Terletak di Pegunungan Kaukasus Selatan dan timur laut dari Dataran Tinggi Armenia tepatnya di dataran rendah antara Laut Hitam dan Laut Kaspia.

Armenia berbatasan dengan Georgia, Azerbaijan, Iran, dan Turki. Armenia terletak di antara 38°LU hingga 42°LU dan 43°BT hingga 47°BT.

Yerevan adalah pusat ekonomi dan budaya Armenia.
Yerevan adalah pusat ekonomi dan budaya Armenia.

Demografi

Etnis Armenia menyumbang 98,1% populasi Armenia. Yazidis mencapai 1,2%, dan Rusia hanya 0,4%.

Minoritas lain yang eksis di Armenia adalah Asyur, Ukraina, Yunani (umumnya disebut Kaukasus Yunani), Kurdi, Georgia, Belarus, dan Yahudi. Terdapat pula kecil Vlach, Mordvins, Ossetia, Udi, dan Tat.

Alfabet Armenia
Alfabet Armenia

Bahasa

Bahasa Armenia adalah bahasa resmi yang diakui di Armenia. Bahasa asing yang umum di Armenia adalah bahasa Rusia dan bahasa Inggris.

Karena masa lalunya yang terkait dengan Soviet, sebagian besar populasi tua dapat berbicara bahasa Rusia dengan cukup baik.

Menurut survei pada tahun 2013, 95% orang Armenia mengatakan bahwa mereka memiliki pengetahuan tentang bahasa Rusia dibandingkan dengan 40% yang mengatakan bahwa mereka tahu bahasa Inggris.

Namun, lebih banyak orang dewasa (50%) yang berpikir bahwa bahasa Inggris harus diajarkan di sekolah daripada mereka yang lebih memilih bahasa Rusia (44%).

Biara Khor Virap abad ke-7 di bawah bayang-bayang Gunung Ararat, puncak di mana Bahtera Nuh dikatakan telah mendarat setelah air bah menurut Alkitab.
Biara Khor Virap abad ke-7 di bawah bayang-bayang Gunung Ararat, puncak di mana Bahtera Nuh dikatakan telah mendarat setelah air bah menurut Alkitab.

Agama

Armenia adalah negara pertama di dunia yang mengadopsi Kristen sebagai agama negara, sebuah peristiwa yang secara tradisional terjadi pada tahun 301.

Agama yang dominan di Armenia tentu adalah Kristen. Menurut tradisi, Gereja Armenia didirikan oleh dua dari dua belas rasul Yesus – Thaddaeus dan Bartholomew – yang mengabarkan agama Kristen di Armenia antara 40-60 Masehi. Karena pengajaran kedua rasul tersebut, nama resmi dari Gereja Armenia adalah Gereja Kerasulan Armenia.

Khachkar Armenia Kuno
Khachkar Armenia Kuno

Yazidi yang tinggal di bagian barat Armenia, mempraktekkan Yazidisme. Pada 2016, kuil Yazidi terbesar dibangun di desa kecil Aknalish. Ada juga etnis Kurdi yang mempraktikkan Islam Sunni. Saat ini ada dua sinagog di Armenia – di Ibu Kota Yerevan dan di Kota Sevan yang terletak di dekat Danau Sevan.

  • 1
    Share