Profil & Informasi tentang Negara Georgia [Lengkap]

Profil negara Georgia

Informasi mengenai Georgia.

NamaGeorgia
Nama resmiGeorgia
საქართველო
Sakartvelo (Georgia)
Ibu kotaTbilisi
Pusat PemerintahanKutaisi
Semboyanძალა ერთობაშია
Dzala ertobashia
(Georgia: "Kekuatan Melalui Persatuan")
Lagu kebangsaanთავისუფლება
Tavisupleba
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
Sistem PemerintahanSemi-presidensial
Kemerdekaan9 April 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifპარლამენტი
P'arlament'i
Bahasa NasionalGeorgia
AgamaOrthodox Christian
Islam
Armenian Apostolic
Roman Catholic
Mata UangLari (GEL)
Zona WaktuWaktu Standar Georgia (GET) (UTC+4)
Kode Telepon+995
Domain.ge dan .გე
Situs Resmihttps://www.president.gov.ge/
Jumlah Penduduk3.997.000 (estimasi 2019)

Georgia adalah salah satu negara yang dulunya menjadi bagian dari Uni Soviet. Sebuah negara yang berbatasan dengan Rusia, Turki, Armenia, Azerbaijan, dan Laut Hitam.

Luas wilayah Georgia adalah 69.700 km² dengan populasi 3,75 juta jiwa (tidak termasuk Abkhazia dan Ossetia Selatan, wilayah yang diokupasi oleh Rusia).

Batas-batas wilayah negara Georgia:

Letak negara Georgia
Letak Georgia

Georgia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Georgia
Bendera Georgia

Pembagian Administratif

Georgia dibagi menjadi 9 region, 1 kota, dan 2 republik otonom. Yang pada gilirannya dibagi lagi menjadi 67 distrik dan 12 kota mandiri.

Georgia memiliki dua republik otonom, yang salah satunya telah menyatakan kemerdekaan.

Republik otonom Abkhazia telah mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1999. Selain itu, region lain yang tidak secara resmi otonom juga telah menyatakan kemerdekaannya.

Ossetia Selatan secara resmi dikenal di Georgia sebagai wilayah Tskinvali, karena “Ossetia Selatan” menyiratkan ikatan politik dengan Ossetia Utara. Ossetia Selatan disebut Oblast Otonom Ossetia Selatan ketika Georgia menjadi bagian dari Uni Soviet. Status otonomnya dicabut pada tahun 1990.

Secara de facto, Ossetia Selatan terpisah sejak kemerdekaan Georgia. Tawaran dibuat untuk memberikan otonomi bagi Ossetia Selatan, tetapi pada tahun 2006 referendum yang tidak diakui di daerah itu menyatakan bahwa suara kemerdekaan menang.

Di Abkhazia dan Ossetia Selatan, banyak orang telah diberi paspor Rusia. Hal tersebut dilakukan sebagai pembenaran untuk invasi Rusia ke Georgia selama Perang Ossetia Selatan tahun 2008. Georgia menganggap wilayah tersebut telah diduduki Rusia secara paksa.

Pembagian wilayah administratif Georgia
Region di Georgia

Berikut adalah daftar 12 region di Georgia.

  1. Abkhazia,
  2. Adjara,
  3. Guria,
  4. Imereti,
  5. Kakheti,
  6. Kvemo Kartli,
  7. Mtskheta-Mtianeti,
  8. Racha-Lechkhumi dan Kvemo Svaneti,
  9. Samegrelo-Zemo Svaneti,
  10. Samtskhe-Javakheti,
  11. Shida Kartli,
  12. Tbilisi.
Lambang negara Georgia
Lambang negara Georgia

Geografi

Georgia adalah sebuah negara dengan luas 69.700 km² yang terletak di kawasan Kaukasus. Secara astronomis, georgia terletak di antara 41°LU hingga 44°LU dan 40°BT hingga 47°BT.

Georgia adalah sebuah negara yang sangat bergunung-gunung. Likhis Kedi membagi Georgia menjadi bagian timur dan barat. Secara historis, bagian barat Georgia dikenal sebagai Colchis sedangkan bagian timurnya disebut Iberia.

Rumah-rumah menara pertahanan Svaneti di Ushguli.
Rumah-rumah menara pertahanan Svaneti di Ushguli

Etnis

Seperti kebanyakan etnis Kaukasia asli, orang Georgia tidak cocok dengan salah satu etnis utama Eropa atau Asia. Bahasa Georgia bukanlah bahasa Indo-Eropa, Turki, atau Semitik. Saat ini bangsa Georgia atau Kartvelian diperkirakan berasal dari perpaduan etnis pribumi dengan imigran yang pindah ke Kaukasus bagian selatan dari arah Anatolia di zaman dahulu.

Etnis Georgia membentuk sekitar 86,8 persen populasi Georgia saat ini atau sekitar 3.713.804 menurut sensus tahun 2014. Kelompok etnis lainnya termasuk Abkhazia, Armenia, Asyur, Azerbaijan, Yunani, Yahudi, Kist, Ossetia, Rusia, Ukraina, dan Yezidi.

Wilayah Tusheti di timur laut Georgia
Region Tusheti di timur laut Georgia

Agama

Sekarang, 83,4% populasi Georgia adalah jemaat Gereja Ortodoks Georgia. Gereja Ortodoks Georgia adalah salah satu lembaga gereja tertua di dunia dan mengklaim landasan apostolik Saint Andrew. Pada paruh pertama abad ke-4, agama Kristen diadopsi sebagai agama negara Iberia (sekarang Kartli, atau Georgia timur) mengikuti karya misionari Santo Nino dari Kapadokia.

Gereja memperoleh autocephaly pada awal Abad Pertengahan meski dihapuskan selama dominasi Rusia di Georgia, dipulihkan pada tahun 1917 dan sepenuhnya diakui oleh Patriark Ekumenis Konstantinopel pada tahun 1989.

Pantai Laut Hitam Batumi, Georgia barat
Pantai Laut Hitam di Batumi, Georgia barat
Resor ski paling banyak dikunjungi di Georgia, Gudauri
Resor ski paling banyak dikunjungi di Georgia, Gudauri
  • 1
    Share