SemutAspal

Profil Negara Azerbaijan [Lengkap]

NamaAzerbaijan
Nama resmiRepublik Azerbaijan
Azərbaycan Respublikası (Azeri)
Ibu kotaBaku
Semboyan-
Lagu kebangsaanAzərbaycan marşı
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan30 Agustus 1991
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifMilli Məclis
Bahasa NasionalInggris
AgamaIslam dan Kristen
Mata UangManat Azerbaijan (AZM)
Zona WaktuWaktu Azerbaijan (AZT): (UTC+4)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Azerbaijan (AZST) (UTC+5)
Kode Telepon+994
Domain.az
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk10.205.810 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Azerbaijan

Republik Azerbaijan adalah sebuah negara di kawasan Kaukasus yang menjadi persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya. Jadi, negara ini terletak di Benua Asia dan juga Eropa secara bersamaan. Ibukota Azerbaijan adalah Baku.

Ini merupakan negara yang berbatasan dengan Rusia, Georgia, Armenia, Iran, dan Turki. Negara ini adalah negara sekuler dengan mayoritas Muslim Syiah dan keturunan Turki barat, dikenal sebagai Azerbaijani atau Azeri.

Batas-batas negara Azerbaijan:

Negara ini memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Azerbaijan
Bendera Azerbaijan

Pembagian Administratif

Negara ini memiliki 10 region ekonomi, 66 rayon, dan 77 şəhərlər (12 şəhərlər berada di bawah otoritas langsung republik). Selain itu, negara ini juga berhak atas Republik Otonom (muxtar respublika) dari Nakhchivan.

Presiden menunjuk para gubernur di tiap region, sementara pemerintah Nakhchivan dipilih dan disetujui oleh parlemen lokal Republik Otonomi Nakhchivan.

Negara ini terbagi menjadi 10 region ekonomi.

  1. Region Ekonomi Absheron
  2. Region Ekonomi Aran
  3. Daglig-Shirvan
  4. Ganja-Gazakh
  5. Guba-Khachmaz
  6. Kalbajar-Lachin
  7. Lankaran
  8. Nakhchivan
  9. Shaki-Zaqatala
  10. Yukhari-Garabakh
Lambang negara Azerbaijan
Lambang negara Azerbaijan

Geografi

Letak geografis Azerbaijan adalah berada di wilayah Kaukasus Selatan yang terletak di Asia Barat dan Eropa Timur.

Letak astronomis negara Azerbaijan adalah di antara 38°LU hingga 42°LU dan 44°BT hingga 51°BT. Luas wilayah Azerbaijan adalah 86,6 ribu km².

Panjang total perbatasan darat negara ini mencapai 2.648 km, 1.007 km perbatasan dengan Armenia, 756 km dengan Iran, 480 km dengan Georgia, 390 km dengan Rusia, dan 15 km dengan Turki.

Total garis pantai negara ini sepanjang 800 km dengan 456 km garis pantai di Laut Kaspia. Wilayah kedaulatan negara ini membentang 400 km dari utara ke selatan dan 500 km dari barat ke timur.

Demografi

Komposisi etnis di negara ini menurut sensus penduduk 2009:

  • 91,60% Azeri
  • 2,02% Lezgian
  • 1,35% orang Armenia (mayoritas tinggal di Nagorno-Karabakh)
  • 1,34% orang Rusia
  • 1,26% Talysh
  • 0,56 % Avar
  • 0,43% Turki
  • 0,29% Tatar
  • 0,28% Tat
  • 0,24% Ukraina
  • 0,14% Tsakhur
  • 0,11% Georgia
  • 0,10% Yahudi
  • 0,07% Kurdi
  • 0,21% etnis lainnya

Bahasa

Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Azerbaijan yang dituturkan oleh sekitar 92% populasi. Bahasa Rusia dan Armenia juga diucapkan namun hanya terbatas di Nagorno-Karabakh yang masing-masing menyumbang angka 1,5% populasi.

Bahasa Rusia dan Inggris berperan penting sebagai bahasa kedua atau ketiga. Ada selusin bahasa minoritas lain yang diucapkan oleh orang di negara ini.

Avar, Budukh, Georgia, Juhuri, Khinalug, Kryt, Lezgian, Rutul, Talysh, Tat, Tsakhur, dan Udi diucapkan oleh minoritas kecil. Bahasa Armenia secara eksklusif hanya diucapkan di wilayah Nagorno-Karabakh yang terpisah.

Agama

Agama mayoritas di negara ini adalah Islam. Sekitar 97% populasi negara ini beragama Islam dengan 65-75% populasi adalah Muslim Syiah. Republik ini memiliki persentase populasi Syiah tertinggi kedua di dunia setelah Iran.

Menurut Pasal 48 Konstitusi, negara ini adalah negara sekuler dan menjamin kebebasan beragama. Dalam jejak pendapat Gallup 2006-2008, hanya 21% responden yang menyatakan bahwa agama adalah bagian penting dalam kehidupan.

Hal tersebut membuat negara ini menjadi negara mayoritas Muslim yang paling sekuler di dunia.

Diperkirakan 280.000 orang Kristen (3,1% populasi) di negara ini merupakan jemaat Gereja Ortodoks Rusia, Gereja Ortodoks Georgia, dan Gereja Kerasulan Armenia (hampir semua orang Armenia tinggal di Nagorno-Karabakh).

Pada tahun 2003, ada 250 umat Katolik Roma di negeri tersebut. Denominasi Kristen lain yang ada di negara ini antara lain Lutheran, Baptis, dan Molokan.

Organisasi Yahudi memperkirakan bahwa 12.000 orang Yahudi menetap di negara ini. Republik ini juga adalah rumah bagi para pemeluk kepercayaan Baha’i, Hare Krishna, Saksi-Saksi Yehuwa, serta penganut komunitas agama lainnya.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal