Profil & Informasi tentang Negara Vanuatu [Lengkap]

Profil negara Vanuatu

Informasi mengenai Vanuatu.

NamaVanuatu
Nama resmiRepublik Vanuatu
Ripablik blong Vanuatu (Bislama)
République de Vanuatu (Perancis)
Republic of Vanuatu (Inggris)
Ibu kotaPort Vila
SemboyanLong God yumi stanap
(Bislama: "Pada Tuhan kita berpihak")
Lagu kebangsaanYumi, Yumi, Yumi
(Bislama: "Kita, kita, kita")
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan30 Juli 1980
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen
Bahasa NasionalBislama
Perancis
Inggris
AgamaKristen
Mata UangVatu (VT) (VUV)
Zona WaktuWaktu Vanuatu (VUT) (UTC+11)
Kode Telepon+678
Domain.vu
Situs Resmi Pemerintahanhttps://www.gov.vu/en/
Jumlah Penduduk298.333 (estimasi Juli 2020)

Republik Vanuatu adalah salah satu negara kepulauan yang memiliki 83 pulau di Pasifik bagian selatan. Negara ini dulunya bernama Hebrides Baru semasa masa kolonial.

Batas-batas wilayah Vanuatu:

Letak negara Vanuatu
Letak Vanuatu

Vanuatu memiliki bendera dengan tampilan seperti di bawah.

Bendera negara Vanuatu
Bendera Vanuatu

Pembagian Administratif

Vanuatu telah membagi wilayahnya menjadi enam provinsi sejak tahun 1994. Nama-nama semua provinsi dalam bahasa Inggris bermula dari surat awal pulau konstituen mereka.

Provinsi di Vanuatu adalah unit-unit otonom dengan parlemen lokal yang dipilih secara lokal pula, yang secara resmi disebut sebagai dewan provinsi. Mereka mengumpulkan pajak lokal dan membuat peraturan lokal terkait pariwisata, anggaran provinsi, atau penyediaan beberapa layanan dasar. Mereka diketuai oleh seorang anggota parlemen lokal terpilih dan dibantu oleh seorang sekretaris yang ditunjuk oleh Komisi Dinas Publik.

Di ranah eksekutif, pemerintah provinsi dipimpin oleh seorang pejabat eksekutif yang ditunjuk oleh Perdana Menteri atas saran menteri pemerintah setempat. Pemerintah provinsi biasanya dibentuk oleh partai yang memiliki suara mayoritas di dewan provinsi dan, seperti pemerintah nasional, disarankan dalam budaya dan bahasa Ni-Vanuatu oleh dewan pimpinan lokal. Presiden provinsi secara konstitusional adalah anggota lembaga pemilihan yang memilih Presiden Vanuatu.

Provinsi pada gilirannya dipecah menjadi kotamadya (biasanya terdiri dari pulau individu) yang dipimpin oleh dewan dan seorang walikota yang dipilih dari anggota dewan.

Pembagian wilayah administratif Vanuatu
Provinsi di Vanuatu

Vanuatu terbagi menjadi 6 provinsi:

  1. Malampa (Malakula, Ambrym, dan Paama).
  2. Penama (Pentecost, Ambae, dan Maewo – dalam bahasa Perancis: Pénama).
  3. Sanma (Santo dan Malo).
  4. Shefa (Shepherds group dan Efate – dalam bahasa Perancis: Shéfa).
  5. Tafea (Tanna, Aniwa, Futuna, Erromango, dan Aneityum – dalam bahasa Perancis: Taféa).
  6. Torba (Torres Islands dan Banks Islands).
Lambang negara Vanuatu
Lambang negara Vanuatu

Geografi

Vanuatu adalah negara kepulauan berbentuk Y yang terdiri dari 83 pulau vulkanik baru yang relatif kecil, secara geologis baru 65 di antaranya yang dihuni, dengan jarak dari pulau paling utara ke pulau paling selatan adalah sekitar 1.300 kilometer. Dua pulau dari kepulauan ini (Matius dan Hunter) juga diklaim dan dikendalikan oleh Prancis sebagai bagian dari kolektivitas Prancis di Kaledonia Baru. Vanuatu secara astronomis terletak di antara 13°LS hingga 21°LS dan 166°BT hingga 171°BT.

Panorama Port Vila, ibu kota dan kota terbesar di Vanuatu.
Panorama Port Vila, ibu kota dan kota terbesar di Vanuatu.

Agama

Agama Kristen dengan berbagai denominasinya adalah agama utama di Vanuatu. Gereja Presbyterian Vanuatu, yang diikuti oleh sekitar sepertiga populasi, adalah yang terbesar di antara mereka. Katolik Roma dan Anglikan adalah denominasi umum lainnya, masing-masing sekitar 15% populasi. Kelompok-kelompok dengan persentase kecil adalah Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Kristus, Neil Thomas Ministries (NTM), dan Saksi-Saksi Yehuwa. Pada tahun 2007, umat Islam di Vanuatu diperkirakan terdiri dari 200 jiwa.

Dataran Cinder dari Gunung Yasur di Pulau Tanna.
Dataran Cinder Gunung Yasur di Pulau Tanna.

Demografi

Menurut sensus 2009, Vanuatu memiliki populasi sebanyak 243,304 jiwa dengan proporsi pria lebih banyak daripada wanita. Pada tahun 1999, menurut Kantor Statistik Vanuatu, tercatat ada 95.682 laki-laki dan 90.996 perempuan. Penduduk di sana sebagian besar bermukim di pedesaan, Port Vila dan Luganville hanya didiami oleh puluhan ribu penduduk.

Penduduk lokal Vanuatu disebut ni-Vanuatu dalam bahasa Inggris. Ni-Vanuatu paling dominan (98,5%) merupakan keturunan Melanesia, sisanya terdiri dari campuran orang Eropa, Asia, dan orang-orang kepulauan Pasifik lainnya. Secara historis, 3 pulau di sana dijajah oleh Polinesia. Sekitar 20.000 ni-Vanuatu tinggal dan menetap di Selandia Baru dan Australia.

Bahasa

Bahasa nasional Republik Vanuatu adalah Bislama dan bahasa resminya adalah Bislama, Inggris, dan Prancis. Bahasa yang digunakan untuk keperluan pendidikan adalah bahasa Inggris dan Prancis.

Aliran sungai di Pulau Efate.
Sungai di Pulau Efate.

Bislama adalah bahasa pidgin, meski sekarang menjadi kreol di daerah perkotaan. Pada dasarnya, Bislama menggabungkan tata bahasa Melanesia biasa dengan kosakata bahasa Inggris. Bislama sekarang ini menjadi lingua franca di seluruh kepulauan Vanuatu.

Selain bahasa tersebut, 113 bahasa asli masih kerap dituturkan oleh orang-orang di Vanuatu. Kepadatan bahasa per kapita Vanuatu adalah yang tertinggi di dunia, dengan rata-rata hanya 2.000 pembicara per bahasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan Bislama sebagai bahasa pertama telah banyak merambah pada bahasa lokal yang penggunaannya telah menurun dari 73,1% menjadi 63,2% dalam jangka waktu 10 tahun dari tahun 1999 hingga tahun 2009.

  • 1
    Share