SemutAspal

Profil Negara Nepal [Lengkap]

Profil negara Nepal
NamaNepal
Nama resmiRepublik Federal Demokratik Nepal
सँघिय लोकतान्त्रीक गणतन्त्र नेपाल
Sanghiya Loktāntrik Ganatantra Nepāl (Nepali)
Ibu kotaKathmandu
Semboyanजननी जन्मभूमिष्च स्वर्गादिप गरियिस
Jananī Janmabhūmiśca Svargādapi Garīyasī
(Sanskerta: "Ibu dan Ibu Pertiwi Lebih Besar dari Surga")
Lagu kebangsaanसयौं थुँगा फूलका
Sayaun Thunga Phool Ka
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
Kemerdekaan25 September 1768
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifव्यवस्थापिका संसद
Vyavasthāpikā sansada
Bahasa NasionalNepali
AgamaHindu
Buddha
Islam
Kirant
Kristen
Mata UangRupee Nepal (रू) (NPR)
Zona WaktuWaktu Standar Nepal (NPT) (UTC+5:45)
Kode Telepon+977
Domain.np dan .नेपाल
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk30.327.877 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Nepal

Republik Demokratik Nepal adalah negara terkurung daratan di kawasan Asia Selatan. Terletak di kawasan Pegunungan Himalaya, Nepal berbatasan dengan Tiongkok (Daerah Otonomi Tibet) di sebelah utara dan India di sebelah barat, timur, dan selatan.

Sejarah negara Nepal banyak dipengaruhi oleh agama Hindu. Mungkin oleh sebab itu, negara ini memiliki jumlah pemeluk Hindu terbesar di dunia.

Batas-batas wilayah Nepal:

Bendera

Negara ini memiliki bendera dengan bentuk 2 segitiga siku-siku bertumpuk yang berbeda dari kebanyakan negara di dunia dengan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Nepal
Bendera

Pembagian Administratif

Ibu kota Nepal adalah Kathmandu. Pada 3 April 2018, negara ini memiliki 7 provinsi dan 77 distrik, 753 unit lokal, 6 metropolis, 11 sub-metropolis, 276 dewan kota, dan 460 dewan desa untuk pekerjaan resmi.

Konstitusi negara ini memberikan 22 kewenangan absolut kepada unit lokal, sementara mereka berbagi 15 kewenangan lebih dengan pemerintah pusat dan negara bagian.

Negara ini terbagi menjadi 7 provinsi:

  1. Province 1
  2. Province 2
  3. Province 3
  4. Gandaki Pradesh
  5. Province 5
  6. Karnali Pradesh
  7. Sudurpashchim Pradesh
Gambar lambang negara Nepal
Lambang negara

Geografi

Geografis negara ini sangat terjal, membentang sejauh 800 kilometer dari barat ke timur dan 200 kilometer dari utara ke selatan. Luas wilayah Nepal adalah 147.181 km². Negara ini memiliki iklim subtropis dan sedikit iklim tropis.

Negara ini terletak di Benua Asia. Letak astronomis negara Nepal adalah di antara 26°LU hingga 31°LU dan 80°BT hingga 89°BT. Negara ini biasanya dibagi menjadi tiga wilayah fisiografi yakni Himal, Pahad dan Terai.

Dataran rendah selatan atau Terai yang berbatasan dengan India adalah bagian dari tepi utara Dataran Indo-Gangga.

Terai adalah dataran rendah yang terdapat beberapa perbukitan. Dataran terbentuk dan dialiri oleh tiga sungai Himalaya yang besar yakni Kosi, Narayani, dan Karnali.

Kaki bukit terluar yang disebut Perbukitan Sivalik atau Pegunungan Churia menjulang dengan ketinggian 700 hingga 1.000 meter, menandai batas Dataran Gangga.

Namun lembah luas dan rendah yang disebut Lembah Tarai Dalam (Bhitri Tarai Uptyaka) terletak di utara kaki bukit tersebut.

Pahad adalah daerah pegunungan yang tidak terdapat salju. Ketinggian pegunungan ini bervariasi dari 800 hingga 4.000 meter dengan perkembangan dari iklim subtropis (<1.200 meter) ke iklim alpine (>3.600 meter).

Daerah Himalaya yang lebih rendah yang mencapai ketinggian 1.500 hingga 3.000 meter adalah batas selatan wilayah ini. Kepadatan populasi tinggi di lembah, kurang di atas 2.000 meter, dan sangat rendah di atas 2.500 meter.

Himal adalah wilayah pegunungan yang terdapat salju dan terletak di Pegunungan Himalaya Besar.

Daerah tersebut terdapat puncak-puncak dunia termasuk Gunung Everest (Sagarmāthā dalam Nepali) yang tingginya mencapai 8.848 meter di perbatasan Nepal-China.

Tujuh dari delapan “eight-thousanders” berada di negara ini atau di perbatasannya dengan Cina: Lhotse, Makalu, Cho Oyu, Kangchenjunga, Dhaulagiri, Annapurna, dan Manaslu.

Demografi

Penduduk mayoritas negara ini dikenal sebagai etnis Nepali. Penduduk bukan warga negara, warga negara ganda, dan ekspatriat juga dapat mengklaim identitas Nepali. Negeri ini berpenduduk jarang di atas 3.000 meter.

Permukiman tertua di Mithila dan Tharuhat bernama Maithil. Bagian utara negara ini secara historis dihuni oleh orang-orang Kirants Mongoloid, Rai, dan Limbu.

Namun di tengah dan barat, etnis Nepal Sherpa dan Lamapeople menghuni lembah semi-kering lebih tinggi di utara Himalaya.

Orang Khas kebanyakan tinggal di daerah tengah dan selatan. Lembah Kathmandu, di daerah perbukitan tengah, merupakan wilayah yang paling padat penduduknya dengan hampir 5 persen populasi tinggal di situ.

Orang Nepal adalah keturunan dari beberapa bangsa asing misalnya India, Tibet, Burma Utara, dan negara Cina Yunnan melalui Assam.

Bahasa

Warisan linguistik Nepal yang beraneka ragam berasal dari tiga kelompok bahasa utama yakni Indo-Aryan, Tibeto-Burman, dan berbagai macam bahasa pribumi.

Bahasa yang dipakai masyarakat negara ini menurut sensus 2011 antara lain:

  • Nepal (44,6% populasi)
  • Maithili (11,7%)
  • Bhojpuri (6%)
  • Tharu (5,8%)
  • Tamang (5,1%)
  • Nepal Bhasa (3,2%)
  • Bajjika (3%)
  • Magar (3%)
  • Doteli (3%)
  • Urdu (2,6%)
  • Awadhi (1,89%)
  • Sisanya bahasa Sunwar.

Berakar dari bahasa Sanskerta, bahasa Nepali ditulis dalam naskah Devanagari. Nepali adalah bahasa resmi dan berfungsi sebagai lingua franca antara Nepali dengan berbagai kelompok etnolinguistik.

Bahasa daerah Maithili, Awadhi, Bhojpuri, dan bahasa Urdu diucapkan di wilayah selatan Madhesh. Banyak orang Nepal dalam pemerintahan dan bisnis berbicara bahasa Maithili sebagai bahasa utama dan bahasa Nepali sebagai bahasa kedua.

Agama

Mayoritas populasi negara ini beragama Hindu dan Siwa dianggap sebagai dewa pelindung negara.

Negara ini adalah rumah bagi kuil Dewa Siwa yang terkenal, Kuil Pashupatinath. Menurut mitologi Hindu, Dewi Sita dalam epik Ramayana terlahir di Kerajaan Raja Mithila Janaka Raja.

Lumbini adalah situs ziarah Buddha dan Situs Warisan Dunia UNESCO di Distrik Kapilavastu.

Secara tradisional, tempat itu dianggap sebagai tempat kelahiran Siddhartha Gautama (563 SM), seorang kaisar Kshatriya dari klan Sakya, yang sebagai Buddha Gautama mendirikan agama Buddha.

Agama Buddha merupakan agama dominan di daerah utara yang berpenduduk sedikit dan kebanyakan dihuni oleh orang-orang Tibet, seperti Sherpa.

Sang Buddha, yang dilahirkan sebagai seorang Hindu, juga dikatakan sebagai keturunan Vedic Sage Angirasa dalam banyak teks Buddha. Nama keluarga keluarga Buddha dikaitkan dengan Gautama Maharishi.

Perbedaan antara Hindu dan Buddha sangat minim di negara ini karena perpaduan budaya dan sejarah kedua agama tersebut. Selain itu, secara tradisional agama Buddha dan Hindu tidak pernah menjadi dua agama yang berbeda dalam pengertian Barat.

Di negara ini, agama berbagi kuil dan memuja para dewa. Di antara penduduk asli di negara ini, etnis Magar, Sunwar, Limbu, Rai, dan Gurkha lebih dipengaruhi oleh agama Hindu.

Pengaruh Hindu kurang menonjol di kelompok Gurung, Bhutia, dan Thakali yang memakai biksu Buddha untuk upacara keagamaan mereka. Sebagian besar festival di negara ini bergaya Hindu.

Festival Machendrajatra didedikasikan bagi Hindu Shaiva Siddha yang dirayakan oleh umat Buddha di negara ini sebagai sebuah festival utama.

Seperti diyakini bahwa Ne Muni membentuk negara ini, beberapa imam penting di negara ini disebut “Tirthaguru Nemuni”.

Islam adalah agama minoritas di negara ini, dengan 4,2% populasinya pada sensus tahun 2006. Mundhum, Kristen, dan Jainisme adalah agama minoritas lain yang eksis di negara ini.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal