Profil & Informasi tentang Negara Sri Lanka [Lengkap]

Profil negara Sri Lanka

Informasi mengenai Sri Lanka.

NamaSri Lanka
Nama resmiRepublik Sosialis Demokratik Sri Lanka
ශ්‍රී ලංකා ප්‍රජාතාන්ත්‍රික සමාජවාදී ජනරජය
Shrī Laṁkā Prajātāntrika Samājavādī Janarajaya (Sinhala)
இலங்கை ஜனநாயக சமூகவுடமைவாதக் குடியரசு
Ilaṅkai Jaṉanāyaka Camūkavuṭamaivātak Kuṭiyaracu (Tamil)
Ibu kotaSri Jayawardenapura Kotte
Semboyan-
Lagu kebangsaanශ්‍රී ලංකා ජාතික ගීය
Sri Lanka Matha
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
Sistem PemerintahanSemi-presidensial
Kemerdekaan4 Februari 1948
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifපාර්ලිමේන්තුව
Pārlimēntuva
Bahasa NasionalSinhala dan Tamil
AgamaBuddha
Hindu
Islam
Kristen
Mata UangRupee Sri Lanka (රු) (LKR)
Zona WaktuWaktu Standar Sri Lanka (SLST) (UTC+5:30)
Kode Telepon+94
Domain.lk
.ලංකා
.இலங்கை
Situs Resmihttps://www.gov.lk/welcome.html

Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka (bahasa Sinhala: ශ්රී ලංකා; bahasa Tamil: இலங்கை) adalah sebuah negara pulau di Samudera Hindia sebelah tenggara India. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negeri ini Ceylon.

Batas-batas wilayah Sri Lanka:

  • Utara: India,
  • Selatan: Samudra Hindia,
  • Barat: India dan Maladewa,
  • Timur: Samudra Hindia.
Letak negara Sri Lanka
Letak Sri Lanka

Sri Lanka memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Sri Lanka
Bendera Sri Lanka

Pembagian Administratif

Provinsi di Sri Lanka sudah ada sejak abad ke-19 namun tanpa status hukum sampai tahun 1987 ketika Amandemen ke-13 terhadap konstitusi 1978 membentuk dewan provinsi.

Dewan provinsi adalah badan otonom yang tidak berada di bawah otoritas Kementerian mana pun. Antara tahun 1989 dan 2006, Provinsi Utara dan Timur digabungkan sementara membentuk Provinsi Utara-Timur. Sebelum tahun 1987, semua tugas administratif provinsi ditangani oleh dinas sipil berbasis kabupaten peninggalan kolonial.

Distrik dan otoritas lokal Sri Lanka dibagi lagi menjadi 25 distrik. Distrik dibagi lagi menjadi 256 sekretariat divisi, dan di bawahnya ada sekitar 14.008 Grama Niladhari.

Ada tiga tipe otoritas lokal lainnya yaitu municipal councils (18), urban councils (13), dan pradeshiya sabha atau pradesha sabhai (256).

Pembagian wilayah administratif Sri Lanka
Provinsi di Sri Lanka

Pembagian provinsi di Sri Lanka:

  1. Central,
  2. Eastern,
  3. North Central,
  4. Northern,
  5. North Western,
  6. Sabaragamuwa,
  7. Southern,
  8. Uva,
  9. Western.
Lambang negara Sri Lanka
Lambang negara Sri Lanka

Geografi

Letak astronomis Sri Lanka adalah antara 5°LU hingga 10°LU dan 79°BT hingga 82°BT. Sri Lanka terpisah dengan daratan subbenua India oleh Teluk Mannar dan Selat Palk.

Menurut mitologi Hindu, ada sebuah jembatan yang menghubungkan daratan India dengan Sri Lanka. Kini yang tersisa hanya rangkaian batu kapur di atas permukaan laut. Legenda mengklaim bahwa jembatan tersebut dapat dilalui dengan berjalan kaki hingga 1480 AD.

Pulau ini sebagian besar terdiri dari pantai yang datar hingga bergunung-gunung di bagian selatan-tengah. Titik tertinggi Sri Lanka adalah Pidurutalagala yang mencapai 2.524 meter dari permukaan laut.

Gajah Sri Lanka adalah salah satu dari tiga subspesies gajah Asia yang diakui.
Gajah Sri Lanka adalah salah satu dari tiga subspesies gajah Asia yang diakui.

Demografi

Sri Lanka adalah negara terpadat ke-58 di dunia dengan populasi sekitar 21.444.000 jiwa dan tingkat pertumbuhan populasi tahunan sebesar 1,14%. Sri Lanka memiliki tingkat kelahiran 17,6 per 1.000 orang dan tingkat kematian 6,2 per 1.000 orang.

Kepadatan populasi tertinggi berada di Sri Lanka bagian barat, terutama di kawasan ibu kota. Sinhala merupakan etnis mayoritas di negara ini dengan jumlah 74,8% populasi.

Tamil Sri Lanka adalah kelompok etnis mayoritas kedua di pulau itu, dengan persentase 11,2% populasi. Moor Sri Lanka sebanyak 9,2% populasi. Orang Tamil India datang ke negara itu sebagai buruh kontrak perkebunan oleh kolonial Inggris. Hampir 50% orang-orang itu dipulangkan setelah kemerdekaan pada tahun 1948.

Ada juga kelompok etnis kecil seperti Burgher (keturunan campuran Eropa) dan Melayu. Selain itu, ada populasi kecil orang Vedda yang diyakini sebagai kelompok pribumi asli pulau itu.

Benteng batu Sigiriya
Benteng batu Sigiriya

Bahasa

Bahasa Sinhala dan Tamil adalah dua bahasa resmi Sri Lanka. Konstitusi mendefinisikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris secara luas digunakan dalam bidang pendidikan, ilmiah, dan komersial.

Anggota komunitas Burgher berbicara menggunakan varian bahasa Portugis Kreol dan Belanda, sementara komunitas Melayu dari Asia Tenggara berbicara menggunakan bahasa Melayu Kreol yang unik.

Sri Lanka adalah negara multi-agama. Buddha dipeluk oleh 70% populasi, dengan didominasi Theravada. Etnis Sinhala kebanyakan menganut agama Buddha.

Sri Lanka memiliki sejarah Buddha terpanjang di antara negara mana pun yang mayoritas beragama Buddha. Ajaran Buddha diberikan pengakuan khusus dalam Konstitusi yang mengharuskan setiap orang “melindungi dan memupuk Buddha Sasana”.

Pemandangan Sripada dari Maskeliya.
Pemandangan Sripada dari Maskeliya.

Agama

Hindu adalah agama mayoritas kedua di Sri Lanka dan mendahului agama Buddha. Hari ini, Hindu dominan di Utara, Timur, dan Tengah Sri Lanka. Hindu kebanyakan dipeluk oleh orang Tamil.

Islam adalah agama dominan ketiga di negara ini. Sebagian besar Islam tersebut adalah Sunni yang mengikuti sekolah Syafi’i.

Agama Kristen tersebar di Sri Lanka melalui kolonial Barat pada awal abad ke-16. Sekitar 7,4% populasi Sri Lanka adalah seorang Kristen, dimana 82% adalah Katolik Roma. Orang Kristen yang tersisa terbagi dalam Gereja Anglikan Ceylon dan denominasi Protestan lainnya.

Macan tutul Sri Lanka (Panthera pardus kotiya) adalah subspesies langka dari macan tutul asli ke Sri Lanka.
Macan tutul Sri Lanka (Panthera pardus kotiya) adalah subspesies langka dari macan tutul asli ke Sri Lanka.

Ada juga populasi kecil imigran Zoroastrian dari India (Parsis) yang menetap di Sri Lanka selama periode pemerintahan Inggris, tetapi komunitas ini terus berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam jajak pendapat Gallup 2008, Sri Lanka menduduki peringkat ketiga negara paling religius di dunia, dengan 99% populasi Sri Lanka mengatakan bahwa agama adalah bagian penting kehidupan mereka.

  • 1
    Share