Profil & Informasi tentang Negara Mikronesia [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Mikronesia [Lengkap]

Informasi mengenai Mikronesia.

NamaMikronesia
Nama resmiNegara Federasi Mikronesia
Federated States of Micronesia (Inggris)
Ibu kotaPalikir
SemboyanPeace, Unity, Liberty
(Inggris: "Perdamaian, Persatuan, Kebebasan")
Lagu kebangsaanPatriots of Micronesia
Bentuk PemerintahanRepublik sistem campuran
Sistem PemerintahanCampuran
Kemerdekaan3 November 1986
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifCongress
Bahasa NasionalInggris
AgamaKristen
Buddha
Islam
Baha'i
Mata UangDolar Amerika Serikat (US$) (USD)
Zona Waktuberagam (UTC+10 dan +11)
Kode Telepon+691
Domain.fm
Situs Resmihttps://www.fsmgov.org/
Jumlah Penduduk102.436 (estimasi Juli 2020)

Federasi Mikronesia adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Samudra Pasifik bagian Barat yang yang terdiri dari empat negara bagian yaitu Yap , Chuuk, Pohnpei, dan Kosrae.

Mikronesia terletak sebelah timur laut dari Pulau Papua, selatan Pulau Guam dan Kepulauan Mariana, sebelah barat Nauru dan Kepulauan Marshall, sebelah timur Palau dan Filipina, 2.900 km utara bagian timur Australia, dan 4.000 km barat daya Hawaii.

Batas-batas wilayah Negara Federasi Mikronesia:

Letak negara Mikronesia
Letak Mikronesia

Federasi Mikronesia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Mikronesia
Bendera Mikronesia

Keempat negara bagian di Federasi Mikronesia urut dari barat ke timur:

  1. Yap,
  2. Chuuk,
  3. Pohnpei,
  4. Kosrae.
Pembagian wilayah administratif Mikronesia
Peta Negara Federasi Mikronesia.

Geografi

Negara Federasi Mikronesia memiliki 607 pulau yang membentang sejauh 2.900 km di seluruh kepulauan Kepulauan Caroline di timur Filipina. Negara kepulauan ini memiliki luas wilayah 702 km².

Kepulauan tersebut dikelompokkan menjadi empat negara bagian yakni Yap, Chuuk (disebut Truk hingga Januari 1990), Pohnpei (dikenal sebagai “Ponape” hingga November 1984), dan Kosrae (dulunya bernama Kusaie). Keempat negara bagian tersebut diwakili oleh bintang putih di bendera nasional Mikronesia. Ibu kota Mikronesia adalah Palikir, Pohnpei.

Lambang negara Mikronesia
Lambang negara Mikronesia

Demografi

Penduduk Mikronesia hampir 100% adalah pribumi lokal dan orang Asia yakni Chuukese 48,8% populasi, Pohnpeian 24,2%, Kosraean 6,2%, Yapese 5,2%, pulau-pulau luar Yap 4,5%, Asia 1,8%, Polinesia 1,5%, lainnya 6,4%, tidak diketahui 1,4%.

Di negara ini juga terdapat ekspatriat Amerika yang terus bertambah, ekspatriat Australia, Eropa, penduduk dari Tiongkok dan Filipina yang datang sejak tahun 1990-an.

Pemandangan Kota Kolonia dari Sokehs Ridge di Pohnpei.
Pemandangan Kota Kolonia dari Sokehs Ridge di Pohnpei.

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Mikronesia dan sangat umum dipakai. Bahasa Chuukese, Kosraean, Pohnpeian, dan Yapese adalah bahasa tingkat regional yang diakui.

Bahasa lain yang digunakan di federasi ini adalah Pingelapese, Ngatikese, Satawalese, Puluwatese, Mortlockese, dan Mokilese. Ada sekitar 3.000 penutur bahasa Kapingamarangi dan Ulithian, dan juga ada kurang dari 1.000 penutur bahasa Nukuoro.

Orang-orang melakukan upacara penyambutan di pulau Ulithi.
Orang-orang melakukan upacara penyambutan di pulau Ulithi.

Agama

Konstitusi Mikronesia memberikan hak kebebasan beragama.

Sebagian besar orang Mikronesia beragama Kristen. Beberapa denominasi Protestan dan Gereja Katolik Roma ada di setiap negara bagian. Di pulau Kosrae, sekitar 7.800 orang (95%) adalah seorang Protestan. Sebagian besar imigran adalah umat Katolik yang berasal dari Filipina.

Di Pulau Pohnpei pada tahun 1890-an, konflik antar waktu dan konversi pemimpin klan menghasilkan perpecahan agama sepanjang garis klan yang bertahan hingga kini. Lebih banyak orang Protestan menetap di sisi barat pulau, di sisi lain umat Katolik tinggal di sisi timur.

Di Chuuk dan Yap, sekitar 60% populasi beragama Katolik dan 40% Protestan. Selain Kristen, ada sekelompok orang di sana yang beragama Bahá’í, umat Buddha di Pohnpei, dan sekelompok kecil Ahmadiyah di Kosrae.