Profil & Informasi tentang Negara Siprus [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Siprus [Lengkap]

Informasi mengenai Siprus.

NamaSiprus
Nama resmiRepublik Siprus
Κυπριακή Δημοκρατία
Kypriakí Dimokratía (Yunani)
Kıbrıs Cumhuriyeti (Turki)
Ibu kotaNikosia
Semboyan-
Lagu kebangsaanὝμνος εἰς τὴν Ἐλευθερίαν
Ýmnos is tin Eleftherían
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanProklamasi: 16 Agustus 1960
Hari Kemerdekaan: 1 Oktober 1960
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifΒουλή των Αντιπροσώπων
Voulī́ tōn Antiprosṓpōn
Bahasa NasionalYunani dan Turki
AgamaKristen Orthodox
Islam
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+357
Domain.cy dan .κπ
Situs Resmihttp://www.cyprus.gov.cy/
Jumlah Penduduk1.266.676 (estimasi Juli 2020)

Siprus adalah tujuan wisata utama di Laut Mediterania. Dengan ekonomi yang maju, berpenghasilan tinggi, dan indeks pembangunan manusia yang sangat tinggi, Republik Siprus menjadi anggota Negara Persemakmuran sejak tahun 1961 dan Gerakan Non-Blok hingga bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004. Pada tanggal 1 Januari 2008, Republik Siprus resmi menjadi zona euro.

Batas-batas wilayah negara Siprus:

Letak negara Siprus
Letak Siprus

Siprus memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Siprus
Bendera Siprus

Pembagian Administratif

Republik Siprus dibagi menjadi enam distrik yakni Nikosia, Famagusta, Kyrenia, Larnaca, Limassol, dan Paphos.

Pembagian wilayah administratif Siprus
Distrik di Siprus

Siprus memiliki empat eksklave di wilayah yang dimiliki Area Pangkalan Kuasa Barat. Dua yang pertama adalah Desa Ormidhia dan Xylotymvou. Yang ketiga adalah Pembangkit Listrik Dhekelia, yang dibagi oleh jalan Inggris menjadi dua bagian. Bagian utara adalah pemukiman pengungsi EAC. Meskipun bagian selatan terletak di tepi laut, itu merupakan eksklave karena perairan Inggris mengitarinya.

Lambang negara Siprus
Lambang negara Siprus

Geografi

Siprus adalah pulau terbesar ketiga di Laut Mediterania setelah 2 pulau milik Italia, Sisilia dan Sardinia, baik dalam hal luas maupun populasi. Wilayah Siprus membentang sepanjang 240 kilometer dari barat ke timur dan 100 kilometer dari utara ke selatan. Siprus secara astronomis terletak di antara 34°LU hingga 36°LU dan 32°BT hingga 35°BT.

Beberapa sumber menempatkan Siprus sebagai negara 3 kawasan yakni Eropa, Asia Barat, dan Timur Tengah.

Titik tertinggi di Siprus adalah Gunung Olympus dengan ketinggiannya yang mencapai 1.952 meter. Negara pulau ini berada di atas Lempeng Anatolia.

Pegunungan Troodos mengalami hujan salju lebat di musim dingin
Pegunungan Troodos mengalami hujan salju lebat di musim dingin

Demografi

Menurut CIA World Factbook, pada tahun 2001 etnis Yunani Siprus terdiri dari 77%, Turki Siprus 18%, dan etnis lain membentuk 5% populasi Siprus. Pada saat sensus pemerintah 2011, ada 10.520 orang asal Rusia yang menetap di Siprus.

Menurut sensus penduduk pertama setelah deklarasi kemerdekaan yang dilakukan pada bulan Desember 1960 dan meliputi seluruh pulau, Siprus memiliki total populasi 573.566 jiwa. 442.138 jiwa (77,1%) di antaranya adalah orang Yunani, 104.320 jiwa (18,2%) Turki, dan 27.108 jiwa (4,7%) etnis lain.

Petra tou Romiou ("Batu Yunani").
Petra tou Romiou

Agama

Mayoritas Yunani Siprus mengidentifikasi diri sebagai Ortodoks Yunani, sedangkan kebanyakan orang Turki Siprus mengaku Islam Sunni.

Menurut Eurobarometer 2005, Siprus adalah negara paling religius kedua di Uni Eropa pada saat itu, setelah Malta (meskipun pada tahun 2005 Rumania belum menjadi anggota Uni Eropa, saat ini Rumania adalah negara paling religius di Uni Eropa).

Presiden Siprus yang pertama, Makarios III, adalah seorang uskup agung. Pemimpin Gereja Ortodoks Yunani di Siprus saat ini adalah Uskup Agung Chrysostomos II.

Hala Sultan Tekke, terletak di dekat Danau Garam Larnaca, dianggap oleh beberapa orientalis sekuler sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam Sunni dan obyek ziarah bagi Islam dan Kristen.

Menurut sensus 2001 yang dilakukan di wilayah yang dikendalikan oleh Pemerintah, 94,8% populasi adalah jemaat Ortodoks Timur, 0,9% Armenia dan Maronit, 1,5% populasi jemaat Katolik Roma, 1,0% Gereja Inggris, dan 0,6% beragama Islam. Ada juga komunitas Yahudi di Siprus. 1,3% sisanya beragama lain atau tidak menyatakan agama mereka.

Varosha (Maraş), sebuah pinggiran kota Famagusta, ditinggalkan ketika penduduknya melarikan diri pada tahun 1974 dan tetap di bawah kendali militer Turki
Varosha (Maraş), sebuah pinggiran kota Famagusta, ditinggalkan ketika penduduknya melarikan diri pada tahun 1974 dan tetap di bawah kendali militer Turki

Bahasa

Siprus memiliki dua bahasa resmi yakni bahasa Yunani dan Turki. Bahasa lisan sehari-hari etnis Yunani Siprus adalah Yunani Siprus dan Turki Siprus adalah Turki Siprus.

Bahasa Arab Armenia dan Siprus Maronite adalah bahasa minoritas. Meskipun tanpa status resmi, bahasa Inggris dituturkan secara luas dan dipakai di rambu lalu lintas, pemberitahuan publik, dan dalam iklan.

Bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa resmi selama masa kolonial Inggris, dipakai dalam kehidupan sehari-hari hingga tahun 1960, terus digunakan secara de facto di pengadilan hingga 1989 dan, dan dipakai dalam legislasi hingga 1996.

80,4% populasi Siprus mahir berbahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Bahasa Rusia digunakan secara luas di antara minoritas penduduk dan warga negara di negara-negara pasca-Soviet. Bahasa Rusia adalah bahasa ketiga yang digunakan di banyak tanda toko dan restoran, terutama di Limassol dan Paphos. Selain bahasa-bahasa ini, 12% populasi berbahasa Prancis dan 5% berbahasa Jerman.