Profil & Informasi tentang Negara Yordania [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Yordania [Lengkap]

Informasi mengenai Yordania.

NamaYordania
Nama resmiKerajaan Hasyimiyah Yordania
المملكة الأردنية الهاشمية
Al-Mamlakah al-Urduniyyah al-Hasyimiyyah (Arab)
Ibu kotaAmman
Semboyanالله، الوطن، المليك
Allah, Al-Waṭan, Al-Malik
(Arab: : "Allah, Negara, Raja")
Lagu kebangsaanالسلام الملكي الأردني
(Arab: As-Salām al-Malakī al-ʾUrdunī)
Bentuk PemerintahanMonarki semi-konstitusional
Sistem PemerintahanSemi-konstitusional
KemerdekaanEmirat Transyordania: 11 April 1921
Mandat LBB berakhir: 17 Juni 1946
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (مجلس الأعيان [Majlis al-A'yan] + مجلس النواب [Majlis an-Nuwaab])
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Kristen
Baha'i
Druze
Mandaeans
Mata UangDinar Yordania (.د.ا) (JOD)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Timur (EEST) (UTC+3)
Kode Telepon+962
Domain.jo dan الاردن.
Situs Resmihttps://portal.jordan.gov.jo/
Jumlah Penduduk10,820,644 (estimasi Juli 2020)

Yordania adalah sebuah kerajaan di tepi barat Sungai Yordan. Lebih dari separuh Yordania adalah Gurun Arab. Beruntungnya, bagian barat Yordania berupa hutan dan lahan layak tanam. Ibu kota dan pusat pemerintahan kerajaan ini berada di Amman.

Batas-batas wilayah negara Yordania:

Letak negara Yordania
Letak Yordania

Yordania memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Yordania
Bendera Yordania

Pembagian Administratif

Subdivisi tingkat pertama di Yordania adalah muhafazah. Muhafazah dibagi menjadi liwa, yang sering dibagi lagi menjadi qda. Kontrol untuk setiap unit administratif berada di nahia.

Pembagian wilayah administratif Yordania

Yordania terbagi menjadi 3 region dan 12 kegubernuran:

  • Utara
    • Irbid,
    • Aljloun,
    • Jerash,
    • Mafraq.
  • Tengah
    • Balqa,
    • Madaba,
    • Amman,
    • Zarqa.
  • Selatan
    • Karak,
    • Tafila,
    • Ma’an,
    • Aqaba.
Lambang negara Yordania
Lambang negara Yordania

Geografi

Yordania terletak strategis di persimpangan benua Asia, Afrika, dan Eropa, tepatnya di daerah Levant yang merupakan tempat lahirnya peradaban. Luas Yordania adalah 89.341 km² dengan jarak dari sisi paling utara (Umm Qais) ke titik paling selatannya (Aqaba) adalah 400 kilometer. Kerajaan Yordania secara astronomis terletak di antara 29°LU hingga 34°LU dan 34° hingga 40°BT.

Bagian timur negara ini berupa dataran tinggi kering yang diirigasi oleh oasis dan aliran air musiman. Kota-kota besar kebanyakan terletak di bagian barat laut kerajaan karena tanahnya yang subur dan curah hujan yang cukup. Kota besar Yordania antara lain:

  • Irbid, Jerash, dan Zarqa di barat laut.
  • Ibu kota Amman dan Al-Salt di barat.
  • Madaba, Al-Karak dan Aqaba di barat daya.
  • Kota-kota besar di bagian timur negara adalah kota-kota oasis yakni Azraq dan Ruwaished.
The Oval Forum of Jerash (sekitar abad ke-1 M), yang saat itu anggota liga Romawi sepuluh kota, Dekapolis. Tujuh dari sepuluh kota Dekapolis hadir di Yordania modern.
The Oval Forum of Jerash (sekitar abad ke-1 M), yang saat itu anggota liga Romawi sepuluh kota, Dekapolis. Tujuh dari sepuluh kota Dekapolis berada di Yordania modern.

Demografi

Sensus 2015 menunjukkan populasi Yordania adalah 9.531.712 jiwa dengan proporsi wanita 47% dan pria 53%. Ibu kota dan kota terbesar Yordania adalah Amman yang merupakan salah satu kota tertua di dunia yang terus dihuni dan salah satu yang paling liberal di tanah Arab kini. Populasi Amman sebanyak 65.754 jiwa pada tahun 1946 tetapi mencapai lebih dari 4 juta jiwa pada tahun 2015.

Etnis Arab membentuk sekitar 98% populasi. 2% sisanya dikaitkan dengan kelompok etnis minoritas seperti Circassian dan Armenia. Sekitar 84,1% penduduk Yordania tinggal di kawasan perkotaan.

Kastil Karak (sekitar abad ke-12 M) dibangun oleh Tentara Salib, dan kemudian diperluas di bawah Ayyubiyah Muslim dan Mamluk
Kastil Karak (sekitar abad ke-12 M) dibangun oleh Tentara Salib, dan kemudian diperluas di bawah Ayyubiyah Muslim dan Mamluk

Agama

Islam Sunni adalah agama yang cukup dominan di Yordania. Islam dipeluk oleh sekitar 95% populasi Yordania. 93% di antara pemeluk Islam tersebut mengidentifikasi diri sebagai Sunni. Ada juga sejumlah kecil Islam Ahmadi dan Syiah. Kebanyakan Syiah di Yordania adalah pengungsi Irak dan Lebanon. Islam yang berpindah agama dan misionaris dari agama lain menghadapi diskriminasi sosial dan hukum.

Yordania adalah rumah bagi komunitas Kristen tertua di dunia, sejak abad ke-1 sesudah penyaliban Yesus Kristus. Orang Kristen di Yordania sekarang mencapai angkat sekitar 4% populasi, turun dari 20% pada tahun 1930 meski jumlah mereka telah bertambah.

Laut Mati adalah titik terendah dan badan air paling asin di bumi.
Laut Mati adalah titik terendah dan badan air paling asin di bumi.

Orang Kristen sangat terintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat Yordania dan menikmati tingkat kebebasan yang tinggi. Orang Kristen menempati dua pos kabinet dan dicadangkan 9 kursi dari 130 kursi di parlemen Yordania.

Posisi politik tertinggi yang telah dicapai oleh seorang Kristen adalah jabatan wakil perdana menteri yang saat ini dipegang oleh Rajai Muasher.

Minoritas agama yang lebih kecil adalah Druze, Bahá’í, dan Mandaean. Sebagian besar Druze Yordania tinggal di Azraq, beberapa desa di perbatasan Suriah, dan Zarqa, sementara sebagian besar orang Baha’i Yordania tinggal di Adassiyeh yang berbatasan dengan Lembah Yordan. Diperkirakan 1.400 orang Mandaean tinggal di ibu kota, mereka berasal dari Irak setelah invasi 2003 karena melarikan diri dari penganiayaan.

Kemiripan Wadi Rum dengan permukaan Mars telah membuatnya menjadi lokasi syuting dan wisata yang populer.
Kemiripan Wadi Rum dengan permukaan Mars telah membuatnya menjadi lokasi syuting dan wisata yang populer.

Bahasa

Bahasa resmi Yordania adalah Bahasa Arab Standar Modern. Kebanyakan orang Yordania dalam kehidupan mereka sehari-hari menggunakan salah satu dialek bahasa Arab non-standar yang dikenal sebagai Bahasa Arab Yordania sebagai cara berkomunikasi. Bahasa Isyarat Yordania adalah bahasa komunitas tuna rungu di Yordania.

Bahasa Inggris, meskipun tanpa status resmi, secara luas digunakan di berbagai sektor kehidupan. Bahasa Chechen, Circassian, Armenian, Tagalog, dan Rusia sangat populer di komunitas mereka masing-masing.

Bahasa Prancis ditawarkan sebagai pilihan di banyak sekolah, terutama di sektor swasta. Bahasa Jerman adalah bahasa yang semakin populer setelah diperkenalkan pada skala yang lebih besar sejak berdirinya Universitas Jerman-Yordania pada tahun 2005.