Profil & Informasi tentang Negara Zambia [Lengkap]

Profil negara Zambia

Informasi mengenai Zambia.

NamaZambia
Nama resmiRepublik Zambia
Republic of Zambia (Inggris)
Ichalo ca Zambia (Bemba)
Cisi ca Zambia (Tonga)
Naha Zambia ye Ipusa (Lozi)
Dziko la Zambia (Chichewa)
Kyalo kya Zambia (Kaonde)
Ibu kotaLusaka
SemboyanOne Zambia, One Nation
(Inggris: "Satu Zambia, Satu Bangsa")
Lagu kebangsaanStand and Sing of Zambia, Proud and Free
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan24 Oktober 1964
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifNational Assembly
Bahasa NasionalInggris
AgamaKristen
Katolik
Islam
Baha'i
Yahudi
Mata UangKwacha Zambia (ZK) (ZMW)
Zona WaktuWaktu Afrika Tengah (CAT) (UTC+2)
Kode Telepon+260
Domain.zm
Situs Resmihttp://www.mota.gov.zm/
Jumlah Penduduk17.426.623 (estimasi Juli 2020)

Republik Zambia adalah salah satu negara berdaulat yang terkurung daratan di Afrika Selatan. Negara yang tidak memiliki garis pantai ini dulunya dikenal sebagai Zambezia Utara kemudian Rhodesia Utara. Nama negara yang dipakai kini berdasarkan Sungai Zambezi.

Batas-batas wilayah Zambia:

Letak negara Zambia
Letak Zambia

Zambia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Zambia
Bendera Zambia

Pembagian Administratif

Zambia dibagi menjadi sepuluh provinsi yang selanjutnya dibagi menjadi 117 kabupaten, 156 daerah pemilihan, dan 1.281 lingkungan.

Daftar provinsi di Zambia:

  1. Provinsi Tengah,
  2. Copperbelt,
  3. Provinsi Timur,
  4. Luapula,
  5. Lusaka,
  6. Muchinga,
  7. Provinsi Barat Laut,
  8. Provinsi Utara,
  9. Provinsi Selatan,
  10. Provinsi Barat.
Pembagian wilayah administratif Zambia
Provinsi di Zambia

Geografi

Wilayah Zambia beriklim tropis yang sebagian besar terdiri dari dataran tinggi dengan beberapa bukit, pegunungan, dan dialiri oleh sungai. Dengan wilayah kedaulatan seluas 752.614 km², Zambia adalah negara terluas ke-39 dunia yang sedikit lebih kecil dari Chili. Zambia secara astronomis terletak di antara 8°LS hingga 18°LS dan 22°BT hingga 34°BT.

Bukit dan gunung dapat ditemukan di Dataran Tinggi Nyika (2.200 m), perbatasan Malawi. Di dataran tinggi tersebut terdapat titik tertinggi di Zambia, Mafinga Central (2.339 m).

Lambang negara Zambia
Lambang negara Zambia

Demografi

Zambia setidaknya memiliki 73 kelompok etnis yang sebagian besar adalah berbahasa Bantu. Hampir 90% populasi Zambia berasal dari sembilan kelompok etnolinguistik utama yakni Nyanja-Chewa, Bemba, Tonga, Tumbuka, Lunda, Luvale, Kaonde, Nkoya, dan Lozi.

Di daerah pedesaan, setiap kelompok etnis terkonsentrasi di wilayah geografis tertentu dan banyak kelompok yang sangat kecil dan tidak begitu dikenal. Namun, semua etnis dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di Lusaka dan Copperbelt.

Selain dimensi linguistik, identitas kesukuan juga dipakai di Zambia. Identitas kesukuan ini sering dikaitkan dengan kesetiaan terhadap otoritas tradisional.

Air Terjun Victoria
Air Terjun Victoria

Bahasa

Bahasa resmi yang dipilih Zambia adalah bahasa Inggris. Bahasa lokal utama di Lusaka adalah Nyanja dan Bemba. Di Copperbelt, bahasa Bemba adalah bahasa utamanya dan Nyanja adalah bahasa kedua. Bahasa Bemba dan Nyanja dituturkan di perkotaan.

Beberapa bahasa lokal di Zambia adalah Lozi, Kaonde, Tonga, Lunda, dan Luvale. Jumlah bahasa yang bisa kita temukan di Zambia adalah 73.

Bahasa Portugis telah dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah karena kehadiran komunitas Angola yang berbahasa Portugis.

Bahasa Prancis umumnya dipelajari di sekolah swasta, sementara beberapa sekolah menengah memberinya sebagai mata pelajaran pilihan.

Nshima (sudut kanan atas) dengan tiga jenis relish.
Nshima (sudut kanan atas) dengan tiga jenis relish.

Agama

Zambia secara resmi adalah negara Kristen menurut konstitusi 1996 meski berbagai macam tradisi agama berkembang. Pemikiran agama tradisional dengan mudah berbaur dengan Kristen di banyak gereja sinkretik negara.

Sekitar tiga per empat populasi adalah Protestan sementara sekitar 20% populasi adalah jemaat Katolik Roma. Denominasi Kristen di Zambia antara lain Anglikan, Pentakostalisme, Gereja Kerasulan Baru, Lutheran, Saksi-Saksi Yehuwa, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Mormon, Branhamites, dan Evangelis. Satu dari 11 penduduk Zambia adalah jemaat Gereja Kerasulan Baru.

Populasi Baha’i Zambia lebih dari 160.000 (1,5%). Yayasan William Mmutle Masetlha yang dijalankan oleh komunitas Baha’i aktif di bidang-bidang seperti melek huruf dan perawatan kesehatan primer.

Sekitar 1% populasi beragama Islam. Ada sekitar 500 orang anggota sekte Ahmadiyah. Ada juga komunitas kecil Yahudi yang sebagian besar terdiri dari Ashkenazis.

  • 1
    Share