Profil & Informasi tentang Negara Malawi [Lengkap]

Profil negara Malawi

Informasi mengenai Malawi.

NamaMalawi
Nama resmiRepublic of Malawi
Dziko la Malaŵi (Chichewa)
Ibu kotaLilongwe
SemboyanUnity and Freedom
(Inggris: "Persatuan dan Kebebasan")
Lagu kebangsaanMulungu dalitsa Malaŵi
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan6 Juli 1964
Republik: 6 Juli 1966
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifNational Assembly
Bahasa NasionalChichewa
Bahasa ResmiInggris
AgamaKristen
Katolik Roma
Islam
Rastafarian
Hindu
Baha'i
Yahudi
Mata UangKwacha Malawi (MK) (MWK)
Zona WaktuWaktu Afrika Tengah (CAT) (UTC+2)
Kode Telepon+265
Domain.mw
Situs Resmihttp://www.malawi.gov.mw/
Jumlah Penduduk21.196.629 (estimasi Juli 2020)

Republik Malawi adalah sebuah negara berdaulat berada di Afrika Selatan. Danau Malawi yang memanjang di sepanjang perbatasan timur Malawi mencakupi seperlima wilayah Malawi.

Nama Malawi berasal dari Maravi, nama lama orang Nyanja yang menghuni daerah tersebut. Negara ini dijuluki “The Warm Heart of Africa” karena keramahan masyarakatnya.

Batas-batas wilayah Malawi:

Letak negara Malawi
Letak Malawi

Malawi memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Malawi
Bendera Malawi

Pembagian Administratif

Malawi dibagi menjadi 28 distrik dalam tiga region:

Region Selatan

  1. Balaka,
  2. Blantyre,
  3. Chikhwawa,
  4. Chiradzulu,
  5. Machinga,
  6. Mangochi,
  7. Mulanje,
  8. Mwanza,
  9. Nsanje,
  10. Thyolo,
  11. Phalombe,
  12. Zomba,
  13. Neno.

Region Tengah

  1. Dedza,
  2. Dowa,
  3. Kasungu,
  4. Lilongwe,
  5. Mchinji,
  6. Nkhotakhota,
  7. Ntcheu,
  8. Ntchisi,
  9. Salima.

Region Utara

  1. Chitipa,
  2. Karonga,
  3. Likoma,
  4. Mzimba,
  5. Nkhata Bay,
  6. Rumphi.

Geografi

Malawi adalah negara berdaulat yang terkurung daratan Afrika Selatan. Malawi berbatasan dengan Zambia di barat laut, Tanzania di timur laut, dan dengan Mozambik di selatan, barat daya, dan tenggara. Malawi secara astronomis terletak di antara 9°LS hingga 18°LS dan 32°BT hingga 36°BT.

The Great Rift Valley mengalir melalui Malawi dari utara ke selatan. Di sebelah timur lembah terdapat Danau Malawi (juga disebut Danau Nyasa) yang membentuk lebih dari tiga per empat batas timur Malawi.

Danau Malawi kadang-kadang disebut Danau Kalender karena panjangnya sekitar 587 kilometer dan lebar 84 kilometer. Sungai Shire mengalir dari ujung selatan danau dan menyatu dengan Sungai Zambezi 400 kilometer lebih jauh ke selatan di Mozambik.

Permukaan Danau Malawi terletak di 457 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman maksimum 701 meter, yang berarti dasar Danau Malawi lebih dalam 213 meter dari permukaan laut di beberapa titik.

Lambang negara Malawi
Lambang negara Malawi

Demografi

Malawi dihuni oleh lebih dari 18 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan penduduk 3,32% menurut perkiraan 2016. Populasi diperkirakan akan terus bertambah hingga 45 juta orang pada tahun 2050.

Populasi Malawi terdiri dari etnis Chewa, Nyanja, Tumbuka, Yao, Lomwe, Sena, Tonga, Ngoni, dan Ngonde, serta populasi orang Asia dan Eropa.

Bahasa resmi Malawi adalah bahasa Inggris. Bahasa Chichewa adalah bahasa yang digunakan oleh lebih dari 57% populasi, Chinyanja (12,8%), Chiyao (10,1%), dan Chitumbuka (9,5%).

Bahasa asli lainnya adalah bahasa Malawian Lomwe yang dituturkan oleh sekitar 250.000 di bagian tenggara Malawi, Kokola dituturkan oleh sekitar 200.000 orang di tenggara, Lambya diucapkan oleh sekitar 45.000 orang di ujung barat laut, Ndali dituturkan oleh sekitar 70.000 orang, Nyakyusa-Ngonde dituturkan oleh sekitar 300.000 penduduk di Malawi utara, Sena Malawi diucapkan oleh sekitar 270.000 orang di Malawi selatan, dan Tonga dituturkan oleh sekitar 170.000 orang di utara.

Pegunungan di Malawi Utara selama musim hujan
Pegunungan di Malawi Utara selama musim hujan

Agama

Mayoritas populasi Malawi adalah orang Kristen dengan minoritas orang Muslim. Survei pemerintah menunjukkan bahwa 87% populasi beragama Kristen dan 11,6% populasi Islam.

Kelompok Kristen terbesar di Malawi adalah Gereja Katolik Roma (19%), dan Gereja Afrika Tengah Presbiterian (18%) adalah denominasi Protestan terbesar di Malawi dengan 1,3 juta jemaat. Ada denominasi Kristen yang lebih kecil seperti Gereja Presbiterian Reformed Malawi dan Gereja Presbyterian Injili Malawi. Ada juga sejumlah kecil orang Anglikan, Baptis, Saksi-Saksi Yehuwa, injili, Advent Hari Ketujuh, dan Lutheran. Mormon memiliki lebih dari 2.000 jemaat di Malawi pada akhir tahun 2015.

Sebagian besar orang Islam adalah Sunni, baik dari kelompok Qadriya atau Sukkutu, dengan beberapa yang mengikuti cabang Ahmadiyah dari Islam.

Kelompok agama lain di dalam negeri termasuk Rastafarian, Hindu, Baha’i, dan Yahudi. Ateis dan orang-orang yang mempraktekkan agama tradisional Afrika (4%).

Matahari terbenam di atas Danau Malawi
Matahari terbenam di atas Danau Malawi
  • 1
    Share