Profil & Informasi tentang Negara St. Vincent dan Grenadines [Lengkap]

  • 3
    Shares

Profil negara Saint Vincent dan Grenadines

Profil negara Saint Vincent dan Grenadines.

NamaSaint Vincent dan Grenadines
Nama resmiSaint Vincent and the Grenadines (Inggris)
Ibu kotaKingstown
SemboyanPax et Justitia
(Latin: "Kedamaian dan Keadilan")
Lagu kebangsaanSaint Vincent, Land so beautiful
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
Kemerdekaan27 Oktober 1979
Kepala NegaraRatu
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifHouse of Assembly
Bahasa NasionalInggris
AgamaKristen
Katolik Roma
Hindu
Islam
Mata UangDolar Karibia Timur (EC$) (XCD)
Zona WaktuWaktu Standar Atlantik (AST) (UTC-4)
Kode Telepon+1784
Domain.vc
Situs Resmihttp://www.gov.vc/
Jumlah Penduduk101.390 (estimasi Juli 2020)

Saint Vincent dan Grenadines merupakan negara kepulauan yang dulunya tak luput dari dominasi bangsa Eropa. Kepulauan ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498. Wilayah negara ini hanya setengah Pulau Ambon.

Batas-batas wilayah Saint Vincent dan Grenadines:

Letak negara Saint Vincent and the Grenadines
Letak Saint Vincent dan Grenadines

Saint Vincent dan Grenadines memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Saint Vincent and the Grenadines
Bendera Saint Vincent dan Grenadines

Pembagian Administratif

Secara administratif, Saint Vincent dan Grenadines dipecah menjadi enam paroki. Lima paroki berada di Saint Vincent dan yang keenam adalah Kepulauan Grenadine. Kingstown berada di Paroki Saint George dan merupakan ibu kota dan pusat administrasi pusat negara.

Pembagian wilayah administratif Saint Vincent and the Grenadines
Paroki di Saint Vincent dan Grenadines

Geografi

Saint Vincent dan Grenadines terletak di sebelah barat Barbados, selatan Saint Lucia, dan sebelah utara Grenada. Pulau ini lembab tropis, dengan suhu rata-rata antara 18 hingga 31°C tergantung ketinggian.

Kepulauan Saint Vincent dan Grenadines terdiri dari Pulau Saint Vincent seluas 344 km² dan dua pertiga Grenadines yang seluas 45 km². Luas wilayah negara Saint Vincent dan Grenadines adalah 389 km².

Letak astronomis negara Saint Vincent adalah 13°15′LU dan 61°12′BB. St. Vincent didominasi oleh gunung tertinggi di negara itu dan gunung berapi aktif, La Soufrière (1.234 meter).

Lambang negara Saint Vincent and the Grenadines

Pulau utama Saint Vincent memiliki panjang 18 kilometer dan lebar 11 kilometer. Dari titik paling utara hingga paling selatan, Kepulauan Grenadine milik Saint Vincent membentang sejauh 60,4 km dengan luas total 45 km².

Camden Park, St. Vincent
Camden Park, St. Vincent

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi yang dipakai negara ini. Kebanyakan orang Vinsensius berbicara dengan Kreol Vincentian.

Bahasa Inggris digunakan dalam pendidikan, pemerintahan, dan agama. Sementara kreolnya digunakan dalam situasi informal seperti di rumah dan interaksi sehari-hari.

Pantai Mustique
Pantai Mustique

Agama

Menurut sensus 2001, 81,5% populasi Saint Vincent dan Grenadines beragama Kristen, 6,7% beragama lain, dan 8,8% ateis, dan tidak menyatakan agama (1,5%).

Anglikanisme merupakan denominasi agama terbesar, dipeluk oleh 17,8% populasi. Pentakosta adalah kelompok terbesar kedua (17,6%). Kelompok terbesar berikutnya adalah Methodis (10,9% populasi), diikuti oleh Advent Hari Ketujuh (10,2%) dan Baptis (10%).

Umat Kristiani lainnya termasuk Saksi-Saksi Yehuwa (0,6%), Katolik Roma (7,5%), Injili (2,8%), Gereja Tuhan (2,5%), Brethren Christian (1,3%), dan Salvation Army (0,3%).

Jumlah orang non-Kristen di Saint Vincent dan Grenadines cukup kecil. Kelompok agama tersebut antara lain Rastafarian (1,5% dari populasi), Hindu, dan Islam.


  • 3
    Shares