Profil & Informasi tentang Negara Trinidad dan Tobago [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Trinidad dan Tobago [Lengkap]

Informasi mengenai Trinidad dan Tobago.

NamaTrinidad dan Tobago
Nama resmiRepublik Trinidad dan Tobago
Republic of Trinidad and Tobago (Inggris)
Ibu kotaPort of Spain
SemboyanTogether we aspire, together we achieve
(Inggris: "Bersama-sama kita berangan-angan, bersama-sama kita mencapai")
Lagu kebangsaanForged from the Love of Liberty
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanDari Britania Raya: 31 Agustus 1962
Menjadi republik: 1 Agustus 1976
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (Senate + House of Representatives)
Bahasa NasionalInggris
AgamaKatolik Roma
Hindu
Islam
Kristen
Sikhisme
Jainisme
Zoroastrianisme
Bahá'í
Buddha
Taoisme
Agama lokal
Mata UangDolar Trinidad dan Tobago (TT$) (TTD)
Zona WaktuWaktu Standar Atlantik (AST) (UTC-4)
Kode Telepon-867
Domain.tt
Situs Resmihttp://www.ttconnect.gov.tt
Jumlah Penduduk1.208.789 (estimasi Juli 2020)

Republik Trinidad dan Tobago adalah sebuah negara berdaulat di Karibia yang terletak paling selatan. Negara ini berjarak 130 kilometer selatan Grenada dan 11 kilometer dari tepi utara daratan Amerika Selatan tepatnya lepas pantai timur laut Venezuela.

Pada 2015, Trinidad dan Tobago memiliki PDB per kapita tertinggi ketiga berdasarkan PPP di Amerika setelah Amerika Serikat dan Kanada.

Batas-batas wilayah Trinidad dan Tobago:

  • Utara: Grenada dan Barbados,
  • Selatan: Venezuela,
  • Barat: Venezuela,
  • Timur: Guyana.
Letak negara Trinidad dan Tobago
Letak Trinidad dan Tobago

Bendera, Lambang, dan Lagu Kebangsaan

Bendera Trinidad dan Tobago dipilih oleh komite Kemerdekaan pada tahun 1962. Merah, hitam dan putih melambangkan kehangatan orang-orang serta kekayaan bumi dan air.

Trinidad dan Tobago memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas Trinidad dan Tobago
Bendera Trinidad dan Tobago

Lambang negara Trinidad dan Tobago juga dirancang oleh komite Kemerdekaan. Lambang negara tersebu menampilkan ibis merah (asli Trinidad), cocrico (asli Tobago), dan burung kolibri. Perisai memuat tiga kapal yang mewakili Tritunggal dan tiga kapal Colombus yang berlayar.

Lagu kebangsaan negara adalah adalah “Forged from the Love of Liberty” yang secara harfiah berarti “Ditempa dari Cinta Kebebasan”. Lagu nasional lainnya termasuk “God Bless Our Nation” dan “Our Nation’s Dawning“.

Lambang negara Trinidad dan Tobago
Lambang negara Trinidad dan Tobago

Pembagian Administratif

Negara itu dipecah menjadi 14 korporasi regional dan munisiplitas yang dibentuk dari sembilan wilayah dan lima kota dengan tingkat otonomi terbatas.

Berbagai dewan terdiri dari campuran anggota terpilih dan yang ditunjuk. Negara ini sebelumnya dibagi menjadi beberapa kabupaten.

Peta pembagian wilayah administratif Trinidad dan Tobago
Korporasi regional dan munisiplitas di Trinidad dan Tobago

Geografi

Trinidad dan Tobago secara astronomis terletak di antara 10°2’LU hingga 11°12’LU dan 60°30’BT hingga 61°56’BT. Pada titik terdekatnya, Trinidad dengan Venezuela hanya berjarak 11 kilometer.

Dengan wilayah kedaulatan seluas 5.128 km², negara tersebut terdiri dari dua pulau utama yakni Trinidad dan Tobago, serta beberapa pulau kecil antara lain Chacachacare, Monos, Huevos, Gaspar Grande (atau Gasparee), Little Tobago, dan St. Giles.

Trinidad memiliki luas 4.768 km² dengan panjang 80 kilometer dan lebar 59 kilometer. Tobago memiliki luas sekitar 300 km² dengan panjang 41 km dan lebar 12 km.

Trinidad dan Tobago terletak di landas kontinen Amerika Selatan, maka secara geologis republik ini berada di Amerika Selatan. Titik tertinggi Trinidad dan Tobago berada di Pegunungan Utara, El Cerro del Aripo (940 m).

Ada empat kota besar di Trinidad yakni Port of Spain, San Fernando, Arima, dan Chaguanas. Kota utama di Pulau Tobago adalah Scarborough.

Pantai Mayaro, di daerah tenggara Trinidad
Pantai Mayaro, di daerah tenggara Trinidad

Demografi

Indo-Trinidadian dan Tobagonian membentuk kelompok etnis terbesar di negara itu (sekitar 37,6%). Mereka adalah keturunan pekerja kontrak India yang dibawa untuk menggantikan budak Afrika yang telah dibebaskan.

Afro-Trinidadian dan Tobagonian membentuk kelompok etnis terbesar kedua di negara itu, dengan sekitar 36,3% populasi mengidentifikasi sebagai keturunan Afrika.

Orang-orang berlatar belakang Afrika dibawa ke pulau itu sebagai budak pada abad ke-16. 24,4% populasi mengidentifikasi dalam sensus 2011 sebagai etnis “campuran”.

Ada minoritas kecil tetapi signifikan dari orang-orang keturunan Amerindian, Eropa, Tiongkok, dan Arab.

Turis di pantai Pigeon Point, Tobago
Turis di pantai Pigeon Point, Tobago

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi negara, tetapi bahasa lisan utama adalah salah satu dari dua bahasa kreol yang berbasis bahasa Inggris (Trinidadian atau Tobagonian).

Kedua kreol mengandung unsur-unsur berbagai bahasa Afrika. Selain itu, bahasa Inggris di sana juga dipengaruhi oleh bahasa Prancis dan Kreol Perancis (Patois). Bahasa Spanyol diucapkan oleh sekitar 5% populasi.

Mayoritas imigran India awal berbicara dalam bahasa Hindustan yang merupakan bentuk dialek Bhojpuri dan Awadhi.

Upaya-upaya sedang dilakukan untuk melestarikan bahasa Hindustan Trinidad, termasuk promosi dalam bentuk musik Indo-Trinidadian dan Tobagonian yang disebut Pichakaree dan Chutney.

Bahasa lokal yang masih eksis adalah Yao di Trinidad dan Karina di Tobago.

Basilika Katedral Konsepsi Tak Bernoda di Port of Spain
Basilika Katedral Konsepsi Tak Bernoda di Port of Spain

Agama

Menurut sensus 2011, Katolik Roma adalah kelompok agama terbesar di Trinidad dan Tobago dengan 21,60% populasi.

Hindu adalah kelompok terbesar kedua dengan 18,15%, sedangkan Protestan adalah kelompok terbesar ketiga dengan 12,02% populasi.

Secara signifikan, ateis mewakili 11,1% populasi. Sisanya terdiri dari Spiritual Shouter Baptists (5.67%), Anglikan (5.67%), Islam (4.97%), Advent Hari Ketujuh (4.09%), Presbyterian (2.49%), tidak taat (2.18%), Saksi Yehuwa (1,47%), Baptis (1,21%), Trinidad Orisha (0,9%), Methodis (0,65%), Rastafarian (0,27%), dan Gereja Moravia (0,27%).

Dua kepercayaan sinkretik Afrika adalah salah satu kelompok agama yang paling cepat berkembang. Terjadi peningkatan nyata dalam jumlah gereja Pantekosta oleh sebagian besar orang Trinidad.

Sikh, Jain, Zoroastrian, Bahá’í, dan Buddha dipraktekkan oleh minoritas Indo-Trinidadian dan Tobagonian. Beberapa agama timur seperti Buddha dan Tao diikuti oleh komunitas Tionghoa.

  • 1
    Share