Profil & Informasi tentang Negara Vatikan [Lengkap]

Profil negara Vatikan

Informasi mengenai Vatikan.

NamaVatikan
Nama resmiNegara Kota Vatikan
Stato della Città del Vaticano (Italia)
Status Civitatis Vaticanae (Latin)
Ibu kotaKota Vatikan
Semboyan-
Lagu kebangsaanInno e Marcia Pontificale
(Italia: "Lagu Kepausan dan Pawai")
Bentuk PemerintahanTeokrasi eklesiastik
Sistem PemerintahanTeokrasi
Kemerdekaan11 Februari 1929
Kepala NegaraPaus
Kepala PemerintahanPresiden Komisi Kepausan
Badan LegislatifPontifical Commission
Bahasa NasionalItalia dan Latin
AgamaKatolik
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST)
UTC+2 (Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST))
Kode Telepon+379
Domain.va
Situs Resmihttp://www.vaticanstate.va

Negara Kota Vatikan adalah sebuah negara kota yang dikelilingi Kota Roma, Italia. Dengan kedaulatan seluas 44 hektar dan populasi sebanyak 842 jiwa, Vatikan adalah negara berdaulat terkecil di dunia, baik secara wilayah maupun populasi oleh publik internasional.

Batas-batas wilayah Vatikan:

  • Utara: Italia,
  • Selatan: Italia,
  • Barat: Italia,
  • Timur: Italia.
Letak negara Vatikan
Letak Vatikan

Vatikan memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Vatikan
Bendera Vatikan

Sejarah

Nama kota Vatikan pertama kali digunakan dalam Perjanjian Lateran yang ditandatangani pada 11 Februari 1929. Nama ini diambil dari Bukit Vatikan, lokasi geografis negara ini.

Nama resmi Vatican dalam bahasa Italia adalah Città del Vaticano atau lebih formal Stato della Città del Vaticano yang berarti “Negara Kota Vatikan”. Meskipun Takhta Suci (yang berbeda dari Kota Vatikan) dan Gereja Katolik Roma menggunakan bahasa Latin dalam dokumen resmi, Kota Vatikan menggunakan bahasa Italia.

Nama Vatikan dalam bahasa Latin adalah Status Civitatis Vaticanæ yang digunakan dalam dokumen resmi oleh Gereja, Kepausan, dan Tahta Suci.

Peta Kota Vatikan
Peta Kota Vatikan

Wilayah

Wilayah Kota Vatikan juga mencakup bagian dari Mons Vaticanus. Di wilayah tersebut berdiri Basilika St. Petrus, Istana Apostolik, Kapel Sistina, museum, dan berbagai bangunan lainnya.

Kota Vatikan mencakup Lapangan Santo Petrus yang perbatasannya dengan Italia dibatasi dengan garis putih di sepanjang batas alun-alun.

Lambang negara Vatikan
Lambang negara Vatikan

Status

Berdasarkan Perjanjian Lateran, beberapa properti Tahta Suci yang terletak di wilayah Italia, terutama Istana Kepausan Castel Gandolfo dan basilika utama, menikmati status ekstrateritorial yang serupa dengan kedutaan besar. Properti-properti tersebut menyebar di seluruh Italia.

Castel Gandolfo dan basilika utama dipatroli secara internal oleh polisi Negara Kota Vatikan dan bukan oleh polisi Italia. Menurut Perjanjian Lateran (Art. 3) Lapangan Santo Petrus hingga jalan menuju ke basilika utama biasanya dipatroli oleh polisi Italia.

Tidak ada kontrol paspor untuk pengunjung yang memasuki Kota Vatikan dari wilayah Italia di sekitarnya. Ada akses publik gratis ke Lapangan Santo Petrus dan Basilika. Museum Vatikan yang termasuk juga Kapel Sistina biasanya dikenakan bea masuk.

Tidak ada akses publik ke kebun tetapi tur berpemandu untuk kelompok kecil dapat diatur ke taman dan penggalian di bawah basilika. Tempat-tempat lain terbuka hanya bagi orang-orang yang memiliki bisnis agar bisa melakukan transaksi di sana.

Pemandangan 360 derajat dari kubah Basilika Santo Petrus, melihat ke Lapangan Santo Petrus di Vatikan (tengah) dan Roma.
Pemandangan 360 derajat dari kubah Basilika Santo Petrus, melihat ke Lapangan Santo Petrus di Vatikan (tengah) dan Roma.

Demografi

Populasi Vatikan terdiri dari dua kelompok yakni pendeta yang sebagian besar bekerja dalam dinas Takhta Suci dan Garda Swiss. Sebagian besar tenaga kerja Vatikan tinggal di luar Vatikan. Kebanyakan dari mereka adalah warga negara Italia, meskipun banyak juga yang dari negara lain. Akibatnya, semua populasi yang tinggal beragama Katolik karena semua wilayah adalah tempat ibadah.

Lapangan Santo Petrus, basilika dan obelisk, dari Piazza Pio XII
Lapangan Santo Petrus, basilika dan obelisk, dari Piazza Pio XII

Bahasa

Vatikan tidak menetapkan bahasa resmi yang dipakai oleh negara, berbeda dengan Tahta Suci yang sering menggunakan bahasa Latin untuk versi otoritatif dokumen resminya, Vatikan menggunakan bahasa Italia dalam undang-undang dan komunikasi resmi.

Bahasa Italia juga merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh sebagian besar populasi yang bekerja. Dalam Swiss Guard, bahasa Jerman Swiss adalah bahasa yang digunakan untuk memberi perintah tetapi masing-masing prajurit mengambil sumpah setia dalam bahasa ibunya yakni bahasa Jerman, Prancis, Roman, atau Italia.

  • 1
    Share