Profil & Informasi tentang Negara Haiti [Lengkap]

Profil negara Haiti

Informasi mengenai Haiti.

NamaHaiti
Nama resmiRepublik Haiti
République d'Haïti (Prancis)
Repiblik Ayiti (Kreol Haiti)
Ibu kotaPort-au-Prince
SemboyanLiberté, Égalité, Fraternité
(Prancis: "Kebebasan, Keadilan, Persaudaraan")
Lagu kebangsaanLa Dessalinienne
Bentuk PemerintahanRepublik Semi Presidensial
Sistem PemerintahanSemi Presidensial
KemerdekaanDiumumkan: 1 Januari 1804
Kekaisaran Haiti Pertama: 22 September 1804
Republik Selatan: 9 Maret 1806
Negara Utara: 17 Oktober 1806
Kerajaan Haiti: 28 Maret 1811
Penyatuan Hispaniola: 1822-1844
Kekaisaran Haiti Kedua: 26 Agustus 1849
Republik: 15 Januari 1859
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (Sénat + Chambre des Députés)
Bahasa NasionalPrancis dan Kreol Haiti
AgamaKatolik
Kristen
Vodou
Islam
Baha'i
Yahudi
Buddha
Mata UangGourde (G) (HTG)
Zona WaktuWaktu Standar Timur (EST) (UTC-5)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Timur (EDT) (UTC-4)
Kode Telepon+509
Domain.ht
Situs Resmihttp://primature.gouv.ht/

Republik Haiti adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di Pulau Hispaniola, Laut Karibia. Haiti menempati tiga per delapan pulau Hispaniola yang seluas 27.750 km². Negara yang berbagi pulau dengan Republik Dominika ini setidaknya dihuni oleh 10,8 juta orang.

Haiti adalah negara terpadat di Masyarakat Karibia (CARICOM) dan negara kedua terpadat di Karibia.

Spanyol mendarat di pulau itu pada 5 Desember 1492 selama pelayaran pertama Christopher Columbus melintasi Atlantik. Ketika Columbus mendarat di Haiti, dia berpikir bahwa dia telah sampai India atau Cina.

Pada Hari Natal 1492, kapal Columbus yang bernama Santa Maria kandas di utara Limonade. Sebagai akibatnya, Columbus memerintahkan anak buahnya untuk menyelamatkan barang-barang dari kapal. Kemudian ia mendirikan pemukiman Eropa pertama di Amerika dan menamakannya La Navidad.

Batas-batas wilayah Haiti:

Letak negara Haiti
Letak Haiti

Haiti memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Haiti
Bendera Haiti

Pembagian Administratif

Secara administratif, Haiti terpecah menjadi sepuluh departemen. Departemen selanjutnya dipecah menjadi 42 arrondissement, 145 komune, dan 571 bagian komunal.

Pembagian wilayah administratif Haiti
Departemen di Haiti

Berikut daftar 10 departemen di Haiti.

  1. Nord-Ouest,
  2. Nord,
  3. Nord-Est,
  4. Artibonite,
  5. Centre,
  6. Ouest,
  7. Grand’Anse,
  8. Nippes,
  9. Sud,
  10. Sud-Est.
Lambang negara Haiti
Lambang negara Haiti

Geografi

Haiti berada di bagian barat Pulau Hispaniola yang merupakan pulau terbesar kedua di Antilles Besar. Haiti adalah negara terbesar ketiga di Karibia setelah Kuba dan Republik Dominika. Haiti dan Kuba pada titik terdekatnya sejauh 83 km. Haiti memiliki garis pantai yang sangat panjang (1.771 km).

Haiti adalah negara paling bergunung-gunung di Karibia yang diselingi dataran pantai kecil dan lembah sungai. Iklimnya tropis dengan beberapa variasi bergantung ketinggiannya. Titik tertinggi Haiti adalah Pic la Selle (2.680 meter).

Pantai di Jacmel
Pantai di Jacmel

Bahasa

Dua bahasa resmi Haiti adalah Prancis dan kreol Haiti. Bahasa Prancis dituturkan oleh 42% populasi. Haiti adalah salah satu dari dua negara merdeka di Amerika (bersama dengan Kanada) untuk menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi.

Kreol Haiti digunakan oleh hampir seluruh penduduk Haiti. Kreol Haiti adalah salah satu kreol berbasis bahasa Prancis. 90% kosa katanya berasal dari bahasa Prancis, meski tata bahasanya mirip dengan beberapa bahasa di Afrika Barat.

Kreol Haiti juga dipengaruhi bahasa Taino, Spanyol, dan Portugis. Kreol Haiti terkait dengan kreol Prancis lainnya dan dekat dengan kreol Antillean dan varian kreol Louisiana.

Air terjun Saut-d'Eau
Air terjun Saut-d’Eau

Agama

Menurut CIA Factbook pada 2017, 54,7% populasi beragama Katolik sedangkan Protestan terdiri sekitar 28,5% populasi (Baptist 15,4%, Pantekosta 7,9%, SDA 3%, Methodist 1,5%, denominasi lain 0,7%).

Sumber-sumber lain menempatkan populasi Protestan lebih tinggi dari ini dan menunjukkan bahwa mereka sebanyak sepertiga populasi pada tahun 2001.

Vodou, sebuah agama dari Afrika Barat serta mirip dengan yang ada di Kuba dan Brasil, masih dipraktikkan oleh beberapa orang Haiti hari ini.

Karena sinkretisme agama antara Katolik dan Vodou, sulit untuk memperkirakan jumlah penganut Vodou di Haiti. Agama minoritas di Haiti adalah Islam, Baha’i, Yahudi, dan Buddha.

  • 1
    Share