Profil & Informasi tentang Negara Belize [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Belize [Lengkap]

Informasi mengenai Belize.

NamaBelize
Nama resmiBelize
Ibu kotaBelmopan
SemboyanSub Umbra Floreo
(Latin: "Di Bawah Bayangan Teduh Aku Berkembang")
Lagu kebangsaanLand of the Free
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
Kemerdekaan21 September 1981
Kepala NegaraRatu
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifMajelis Nasional (Senate + House of Representatives)
Bahasa ResmiInggris
AgamaKatolik Roma
Kristen
Agama Maya
Agama Garifuna
Obeah and Myalism
Hindu
Buddha
Islam
Bahá'í
Rastafarian
Mata UangDolar Belize (BZ$) (BZD)
Zona WaktuWaktu Standar Tengah (CST) (UTC-6)
Kode Telepon+501
Domain.bz
Situs Resmihttp://www.belize.gov.bz/
Jumlah Penduduk399.598 (estimasi Juli 2020)

Belize adalah sebuah negara kecil berdaulat di pesisir timur Amerika Tengah. Dalam bahasa Spanyol, Belize disebut dengan nama Belice.

Dulu Belize disebut Honduras Britania hingga 1973 karena Belize adalah bekas jajahan Britania Raya selama lebih dari satu abad. Nama “Belize” diambil dari nama sebuah sungai di negara itu, Sungai Belize.

Batas-batas wilayah Belize:

Letak negara Belize
Letak Belize

Belize memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Belize
Bendera Belize

Pembagian Administratif

Berikut daftar enam distrik di Belize.

  1. Belize
  2. Cayo
  3. Corozal
  4. Orange Walk
  5. Stann Creek
  6. Toledo
Pembagian wilayah administratif Belize
Distrik di Belize

Di tingkat ke-2, Belize memiliki 31 daerah pemilihan. Pemerintah lokal di Belize terdiri dari empat jenis otoritas lokal yakni dewan kota, dewan kota kecil, dewan desa, dan dewan komunitas.

Dua dewan kota (Kota Belize dan Belmopan) dan tujuh dewan kota kecil mencakup populasi perkotaan negara tersebut, sementara dewan desa dan komunitas mencakup populasi pedesaan.

Lambang negara Belize
Lambang negara Belize

Geografi

Belize berada di pesisir Karibia, Amerika Tengah. Di sebelah timur, terdapat terumbu penghalang terpanjang kedua di dunia mengapit 386 kilometer garis pantai.

Belize memiliki wilayah seluas 22.960 km², sedikit lebih besar dari El Salvador dan Israel. Belize adalah satu-satunya negara Amerika Tengah yang tidak memiliki garis pantai Pasifik.

Bagian utara Belize didominasi dataran pantai yang datar dan berawa di beberapa tempat yang berhutan lebat. Bagian selatan terdapat pegunungan rendah, Pegunungan Maya. Titik tertinggi Belize adalah Doyle’s Delight (1.124 m).

Kota Belize
Kota Belize

Demografi

Populasi Belize diperkirakan sebanyak 408.487 jiwa pada 2019. Suku Maya diperkirakan berada di Belize dan wilayah Yucatán sejak milenium kedua SM.

Tiga kelompok Maya sekarang mendiami negara itu yakni Yucatec, Mopan, dan Q’eqchi. Q’eqchi tinggal di Distrik Toledo. Suku Maya berbicara bahasa asli mereka, bahasa Spanyol, bahasa Inggris, dan kreol Belize.

Etnis Garinagu (4,5% populasi) adalah campuran dari keturunan Afrika Barat/Tengah, Arawak, dan Pulau Carib.

Mestizo adalah keturunan campuran Spanyol dan Maya. Mestizos dapat ditemukan di seluruh negeri tetapi mayoritas tinggal di Corozal dan Orange Walk. Mestizos adalah kelompok etnis terbesar di Belize dan membentuk 50% populasi.

Sebagian besar Mennonit Rusia tinggal di pemukiman Mennonite seperti Spanish Lookout, Shipyard, Little Belize, dan Blue Creek.

5% populasi terdiri dari campuran orang India, Cina, Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada. Pada abad ke-20 terdapat kedatangan pemukim Asia dari Cina daratan, Korea Selatan, India, Suriah, dan Lebanon.

Imigran Amerika Tengah dari El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, Amerika, dan negara-negara Afrika.

Great Blue Hole, sebuah fenomena topografi karst
Great Blue Hole, sebuah fenomena topografi karst

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Belize. Belize adalah satu-satunya negara di Amerika Tengah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Sekitar setengah dari warga Belize menggunakan kreol berbasis bahasa Inggris yang disebut kreol Belize (biasa disebut Kriol Belize).

Meskipun bahasa Inggris digunakan secara luas, Kriol digunakan dalam semua situasi baik dialog informal, formal, sosial, atau antaretnis, bahkan dalam pertemuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Sekitar 50% populasi mengidentifikasi diri sebagai Mestizo, Latino, atau hispanik dan 30% berbahasa Spanyol sebagai bahasa asli. “Spanyol Dapur” adalah bentuk menengah bahasa Spanyol yang dicampur dengan kreol Belize, digunakan di kota-kota utara seperti Corozal dan San Pedro.

Sekitar 16.100 orang berbicara bahasa Garifuna yang berbasis di Arawakan, 6.900 orang Mennonit di Belize berbicara bahasa Plautdietsch, sementara sebagian kecil orang Mennonit berbicara bahasa Jerman Pennsylvania.

Pemandangan Caye Caulker yang indah
Pemandangan Caye Caulker yang indah

Agama

Menurut sensus 2010, 40,1% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma, 31,8% orang Protestan (8,4% Pentakosta, 5,4% Advent, 4,7% Anglikan, 3,7% Mennonite, 3,6% Baptis, 2,9% Methodis, dan 2,8% Nazarene), 1,7% adalah Saksi-Saksi Yehuwa, 10,3% beragama lain (agama Maya, Garifuna, Obeah, Myalisme, dan Mormon, Hindu, Buddha, Muslim, Bahá’í, atau Rastafarian), dan 15,5% ateis.

Gereja Ortodoks Yunani berdiri di Santa Elena.

Asosiasi Arsip Data Agama memperkirakan ada 7.776 penganut Bahá’i di Belize pada 2005 (2,5%) dan menjadi agama terbesar kedua di Belize yang diikuti oleh Yudaisme. Hindu dianut oleh sebagian besar imigran India, meski di antara mereka juga ada orang Sikh.

Muslim berjumlah 577 orang pada 2010 menurut statistik resmi. Sebuah masjid berada di Misi Islam Belize yang juga dikenal sebagai Komunitas Muslim Belize. Masjid lain, Masjid Al-Falah, secara resmi dibuka pada 2008 di Kota Belize.

  • 1
    Share