Profil & Informasi tentang Negara Nikaragua [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Nikaragua [Lengkap]

Informasi mengenai Nikaragua.

NamaNikaragua
Nama resmiRepublik Nikaragua
República de Nicaragua (Spanyol)
Ibu kotaManagua
SemboyanEn Dios Confiamos
(Spanyol: "Pada Tuhan Kami Percaya")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de Nicaragua
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan31 Mei 1838
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifAsamblea Nacional
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKatolik Roma
Kristen
Buddha
Mata UangCórdoba (C$) (NIO)
Zona WaktuWaktu Standar Tengah (CST) (UTC-6)
Kode Telepon+505
Domain.ni
Situs Resmihttp://www.presidencia.gob.ni/
Jumlah Penduduk6.203.441 (estimasi Juli 2020)

Republik Nikaragua adalah sebuah negara republik yang berdaulat di Amerika Tengah. Nikaragua adalah negara terluas di kawasan tersebut dan paling rendah kepadatan penduduknya.

Nama Nikaragua diambil dari kata “nicarao”, sebuah nama suku di pesisir Danau Nikaragua dan kata “agua” berarti air dalam bahasa Spanyol. Etnis Nicarao datang dari utara setelah keruntuhan Teotihuacán atas anjuran dari pemuka agama mereka.

Batas-batas wilayah Nikaragua:

Letak negara Nikaragua
Letak Nikaragua

Nikaragua memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Nikaragua
Bendera Nikaragua

Pembagian Administratif

Nikaragua adalah sebuah republik kesatuan yang dibagi menjadi 15 departemen dan dua daerah otonom menurut model Spanyol. Di bawah departemen tersebut terdapat 153 municipos. Dua daerah otonom adalah Daerah Otonomi Pantai Karibia Utara (RACCN) dan Daerah Otonom Pantai Karibia Selatan (RACCS). Berikut adalah departemen di Nikaragua:

  1. Boaco,
  2. Carazo,
  3. Chinandega,
  4. Chontales,
  5. Estelí,
  6. Granada,
  7. Jinotega,
  8. León,
  9. Madriz,
  10. Managua,
  11. Masaya,
  12. Matagalpa,
  13. Nueva Segovia,
  14. Rivas,
  15. Río San Juan,
  16. RACCN,
  17. RACCS.
Pembagian wilayah administratif Nikaragua
Peta Nikaragua

Geografi

Nikaragua menempati daratan seluas 130.967 km² dengan tiga wilayah geografis yang berbeda yakni dataran rendah Pasifik, Pegunungan Amerrisque, dan Pantai Mosquito. Di sisi Pasifik Nikaragua terdapat dua danau air tawar terbesar di Amerika Tengah yakni Danau Managua dan Danau Nikaragua.

Hampir seperlima wilayah Nikaragua ditetapkan sebagai kawasan lindung seperti taman nasional, cagar alam, dan cadangan biologis.

Nikaragua telah berupaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan berharap memperoleh 90% energi dari sumber daya terbarukan pada tahun 2020.

Lambang negara Nikaragua
Lambang negara Nikaragua

Demografi

Mayoritas populasi Nikaragua adalah Mestizo yang sebanyak 69% populasi. 17% populasi Nikaragua adalah orang Eropa terutama keturunan Spanyol. Selain Spanyol, terdapat keturunan Jerman, Italia, Inggris, Turki, Denmark, dan Prancis di Nikaragua.

Sekitar 9% populasi Nikaragua adalah orang kulit hitam yang kebanyakan tinggal di kawasan pesisir Karibia. Pada pertengahan 1980-an, pemerintah membagi Departemen Zelaya menjadi dua daerah otonom.

5% populasi Nikaragua adalah keturunan penduduk asli daerah tersebut. Di wilayah barat, orang Nahua (Pipil-Nicarao) hidup bersama dengan kelompok lain seperti etnis Chorotega dan Subtiaba (Maribios atau Hokan Xiu). Wilayah tengah dan pantai Karibia Nikaragua dihuni oleh masyarakat adat berbahasa Macro-Chibchan. Kelompok etnis ini termasuk Matagalpa saat ini, Miskitos, Ramas, serta Mayangnas dan Ulwas yang juga dikenal sebagai Sumos.

Kepulauan Solentiname adalah pulau tropis yang terletak di Danau Nikaragua yang merupakan rumah bagi 76 spesies burung dan merupakan tujuan ekowisata yang sedang berkembang.
Kepulauan Solentiname adalah pulau tropis yang terletak di Danau Nikaragua yang merupakan rumah bagi 76 spesies burung dan merupakan tujuan ekowisata yang sedang berkembang.

Bahasa

Bahasa Spanyol Nikaragua banyak dipengaruhi oleh pribumi yang menciptakan beberapa karakteristik pembeda. Sebagai contoh, orang Nikaragua memiliki kecenderungan untuk mengganti /s/ dengan /h/ ketika berbicara. Meskipun bahasa Spanyol digunakan di seluruh negara, negara ini memiliki banyak variasi dalam kosakata dan aksen.

Di pantai Karibia, bahasa pribumi yang berupa kreol berbasis bahasa Inggris dan Spanyol diucapkan. Bahasa Miskito, yang diucapkan oleh orang Miskito sebagai bahasa pertama.

Bahasa asli bahasa Misumalpan dari Mayangna dan Ulwa diucapkan oleh masing-masing suku dengan nama yang sama. Kurang dari tiga lusin dari hampir 2.000 orang Rama berbicara bahasa Chibchan dengan lancar.

Jejak manusia berusia 2.100 tahun yang disebut "Huellas de Acahualinca" terawetkan dalam lumpur vulkanik dekat Danau Managua.
Jejak manusia berusia 2.100 tahun yang disebut “Huellas de Acahualinca” terawetkan dalam lumpur vulkanik dekat Danau Managua.

Agama

Agama memiliki peranan penting dalam kebudayaan Nikaragua dan diberikan perlindungan khusus dalam konstitusi.

Nikaragua tidak menetapkan agama resmi. Denominasi terbesar dan agama mayoritas Nikaragua adalah Gereja Katolik Roma. Agama tersebut datang ke Nikaragua pada abad ke-16 bersamaan dengan penaklukan Spanyol.

Jumlah jemaat Katolik Roma di Nikaragua telah menurun, sementara jemaat Gereja Evangelis dan Mormon berkembang pesat sejak tahun 1990-an.

Hubungan politik yang erat di Nikaragua telah mendorong ikatan agama. Ajaran Buddha meningkat berbarengan dengan imigrasi secara terus menerus dari negara lain.

  • 1
    Share