Profil & Informasi tentang Negara Kosta Rika [Lengkap]

Profil negara Kosta Rika

Informasi mengenai Kosta Rika.

NamaKosta Rika
Nama resmiRepublik Kosta Rika
República de Costa Rica (Spanyol)
Ibu kotaSan José
SemboyanVivan siempre el trabajo y la paz
(Spanyol: "Hidup dengan selalu bekerja dan damai")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de Costa Rica
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
KemerdekaanDari Spanyol: 15 September 1821
Dari Kekaisaran Meksiko Pertama: 1 Juli 1823
Dari Republik Federal Amerika Tengah: 1838
Diakui oleh Spanyol: 10 Mei 1850
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifAsamblea Legislativa
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKristen
Katolik Roma
Buddha
Yahudi
Mata UangColón (₡) (CRC)
Zona WaktuWaktu Standar Tengah (CST) (UTC-6)
Kode Telepon+506
Domain.cr
Situs Pemerintahanhttps://www.presidencia.go.cr/
Jumlah Penduduk5.097.988 (estimasi Juli 2020)

Kosta Rika adalah negara berdaulat terkecil kedua di Amerika Tengah. Kosta Rika memiliki iklim politik paling aman di kawasan.

Dibandingkan dengan negara Amerika Latin lainnya, Kosta Rika unggul dalam pendapatan per kapita. Sumber daya alam utama negara seluas 51.100 km² ini adalah kopi.

Batas-batas wilayah Kosta Rika:

Letak negara Kosta Rika
Letak Kosta Rika

Kosta Rika memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Kosta Rika
Bendera Kosta Rika

Pembagian Administratif

Kosta Rika terdiri dari tujuh provinsi yang terbentuk oleh 81 kanton yang dipimpin oleh seorang walikota. Walikota dipilih secara demokratis setiap empat tahun di masing-masing kanton.

Tidak ada badan legislatif tingkat provinsi. Kanton tersebut selanjutnya dibagi menjadi 473 distrik. Berikut adalah 7 provinsi di Kosta Rika:

  1. Alajuela,
  2. Cartago,
  3. Guanacaste,
  4. Heredia,
  5. Limón,
  6. Puntarenas,
  7. San José.
Pembagian wilayah administratif Kosta Rika
Provinsi di Kosta Rika

Geografi

Kosta Rika terletak di tanah genting Amerika Tengah. Letak astronomis negara Kosta Rika adalah di antara 8°LU hingga 12°LU dan 82°BB hingga 86°BB.

Luas wilayah negara Kosta Rika adalah 51.100 km². Kosta Rika memiliki 1.290 kilometer dari garis pantai, 212 km Pantai Karibia di timur dan 1.016 km Pantai Pasifik di barat.

Titik tertinggi di Kosta Rika adalah Cerro Chirripó (3,819 meter) yang juga merupakan puncak tertinggi kelima Amerika Tengah.

Gunung berapi tertinggi di Kosta Rika adalah Gunung Irazú (3.431 meter) dan danau terbesar di Kosta Rika adalah Danau Arenal.

Kosta Rika juga memiliki beberapa pulau. Pulau Cocos (24 km²) terkenal karena jaraknya dari daratan utama (sekitar 480 kilometer dari Puntarenas). Isla Calero adalah pulau terbesar yang dimiliki Kosta Rika (151,6 km²)

Lambang negara Kosta Rika
Lambang negara Kosta Rika

Bahasa

Bahasa utama yang dituturkan oleh populasi adalah bahasa Spanyol. Kosta Rika adalah negara yang beragam secara linguistik dan rumah bagi setidaknya lima bahasa lokal yang dituturkan yakni Maléku, Cabécar, Bribri, Guaymí, dan Buglere.

Bahasa kreol Inggris logat Jamaika (Mekatelyu), adalah bahasa kreol yang diucapkan oleh imigran Afro-Carib yang telah menetap di Provinsi Limón.

Sekitar 10,7% populasi dewasa Kosta Rika berbicara bahasa Inggris, 0,7% berbahasa Prancis, dan 0,3% berbicara bahasa Portugis atau Jerman sebagai bahasa kedua.

Perkebunan kopi di Lembah Orosí
Perkebunan kopi di Lembah Orosí

Agama

Katolik Roma adalah agama resmi Kosta Rika menurut Konstitusi 1949. Kosta Rika adalah satu-satunya negara di Amerika yang menetapkan Gereja Katolik Roma sebagai agama negara.

Menurut sebuah survei tahun 2007 oleh Universitas Kosta Rika, 70,5% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma, 13,8% adalah Protestan Evangelis, 11,3% ateis, dan 4,3% beragama lain.

Agama Buddha juga berkembang di Kosta Rika dengan sekitar 100.000 orang pemeluk. Kebanyakan umat Buddha adalah etnis Han sekitar 40.000 orang. Terdapat pula komunitas orang Islam yang sekitar 500 keluarga atau 0,001% populasi.

Sinagoga Shaarei Zion berdiri dekat Taman Metropolitan La Sabana di San José. Beberapa rumah di lingkungan timur taman terdapat simbol Bintang Daud.

Mormon mengklaim lebih dari 35.000 jemaat. Mormon juga memiliki bait suci di San José sebagai pusat peribadatan regional Kosta Rika.