Profil & Informasi tentang Negara Honduras [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Honduras [Lengkap]

Informasi mengenai Honduras.

NamaHonduras
Nama resmiRepublik Honduras
República de Honduras (Spanyol)
Ibu kotaTegucigalpa
SemboyanLibre, Soberana e Independiente
(Spanyol: "Bebas, Berdaulat, Independen")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de Honduras
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan5 November 1838
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifCongreso Nacional
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKatolik Roma
Kristen
Islam
Yahudi
Buddha
Baha'i
Rastafarian
Mata UangLempira (L) (HNL)
Zona WaktuWaktu Standar Tengah (CST) (UTC-6)
Kode Telepon+504
Domain.hn
Situs Pemerintahanhttps://presidencia.gob.hn/
Jumlah Penduduk9.235.340 (estimasi Juli 2020)

Republik Honduras adalah negara penghasil pisang terbesar di dunia yang terletak di Amerika Tengah. Besarnya produksi pisang Honduras membuat negara tersebut dijuluki sebagai “Republik Pisang”.

Batas-batas wilayah Honduras:

Letak negara Honduras
Letak Honduras

Honduras memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Honduras
Bendera Honduras

Pembagian Administratif

Honduras dibagi menjadi 18 departemen. Ibu kotanya adalah Tegucigalpa, Distrik Tengah yang dikelilingi oleh Departemen Francisco Morazán.

Sebuah divisi administratif baru yang disebut ZEDE (Zonas de empleo y desarrollo económico) dibuat pada tahun 2013. ZEDE memiliki tingkat otonomi yang tinggi dengan sistem politik mandiri pada tingkat peradilan, ekonomi, dan administratif. ZEDE didasarkan pada kapitalisme pasar bebas.

18 Departemen di Honduras:

  1. Atlántida,
  2. Choluteca,
  3. Colón,
  4. Comayagua,
  5. Copán,
  6. Cortés,
  7. El Paraíso,
  8. Francisco Morazán,
  9. Gracias a Dios,
  10. Intibucá,
  11. Islas de la Bahía,
  12. La Paz,
  13. Lempira,
  14. Ocotepeque,
  15. Olancho,
  16. Santa Bárbara,
  17. Valle,
  18. Yoro.
Pembagian wilayah administratif Honduras
Departemen di Honduras

Geografi

Pantai utara Honduras berbatasan dengan Laut Karibia. Samudra Pasifik berada di selatan melalui Teluk Fonseca. Wilayah Honduras didominasi oleh pegunungan dengan dataran yang sempit di sepanjang pantai.

Sebuah hutan dataran rendah, La Mosquitia, terletak di timur laut dan dataran rendah Sula yang berpenduduk padat berada di barat laut. Di La Mosquitia terletak situs warisan dunia UNESCO, Río Plátano Biosphere Reserve, dengan Sungai Coco yang menjadi perbatasan alami Honduras dengan Nikaragua.

Islas de la Bahía dan Kepulauan Swan berada di lepas pantai sebelah utara. Misteriosa Bank dan Rosario Bank, 130-150 kilometer di utara Kepulauan Swan, termasuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Honduras.

Sumber daya alam Honduras antara lain kayu, emas, perak, tembaga, timbal, seng, bijih besi, antimon, batubara, ikan, dan udang.

Lambang negara Honduras
Lambang negara Honduras

Bahasa

Selain bahasa Spanyol, sejumlah bahasa lokal digunakan di Honduras. Bahasa isyarat Honduras umum dipakai di komunitas tuna rungu dan bahasa Inggris kreol di Kepulauan Bay.

Bahasa pribumi utama Honduras:

  • Garifuna (Arawakan) (hampir 100.000 penutur termasuk monolingual),
  • Mískito (Misumalpan) (29.000 penutur),
  • Mayangna (Misumalpan) (kurang dari 1000 penutur di Honduras, lebih banyak di Nikaragua),
  • Pech/Paya, (Chibchan) (kurang dari 1000 penutur).
  • Tol (isolate) (kurang dari 500 penutur),
  • Ch’orti’ (Mayan) (kurang dari 50 penutur).

Isolat Lenca nyaris punyah pada abad ke-20 namun kini sedang diupaya pembangkitan bahasa. Bahasa imigran terbesar adalah bahasa Arab (42.000 penutur), Armenia (1.300 penutur), Turki (900 penutur), dan Yue Cina (1.000 penutur).

Hutan hujan Honduras.
Hutan hujan Honduras.

Agama

Meskipun mayoritas populasi Honduras adalah Katolik Roma (dianggap sebagai agama utama), jemaat Gereja Katolik Roma menurun sementara jemaat gereja-gereja Protestan meningkat.

International Religious Freedom Report pada tahun 2008 mencatat bahwa jajak pendapat CID Gallup melaporkan bahwa 51,4% populasi mengidentifikasi diri sebagai Katolik Roma, 36,2% sebagai Protestan evangelis, 1,3% beragama lain termasuk Muslim, Buddha, Yahudi, atau Rastafarian. 11,1% tidak menjawab dan 8% dilaporkan sebagai ateis atau agnostik.

Katedral Comayagua
Katedral Comayagua

CIA Factbook mendata Honduras memiliki populasi Katolik sebanyak 97% dan Protestan 3%. Seringkali orang mengikuti ibadah di satu gereja tanpa meninggalkan gereja “rumah” mereka.

Di Honduras terdapat Gereja Anglikan, Presbiterian, Metodis, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Lutheran, Mormon, dan Pentakosta. Ada pula seminari Protestan di Honduras.

San Pedro Sula adalah pusat utama bisnis dan perdagangan di Honduras, dan merupakan rumah bagi banyak produsen dan perusahaan besar. Ini sering disebut sebagai "La Capital Industrial".
San Pedro Sula adalah pusat utama bisnis dan perdagangan di Honduras, dan merupakan rumah bagi banyak produsen dan perusahaan besar. Ini sering disebut sebagai “La Capital Industrial”.

Gereja Katolik, masih satu-satunya gereja yang diakui oleh negara. Gereja tersebut membuat dan mengelola sejumlah sekolah, rumah sakit, dan lembaga pastoral. Uskup agungnya, Óscar Andrés Rodriguez Maradiaga, juga sangat populer dalam pemerintahan, gereja lain, dan di gerejanya sendiri. Praktisi Buddha, Yahudi, Islam, Bahá’í, Rastafari, dan agama pribumi masih eksis di Honduras.

Fortaleza de San Fernando de Omoa dibangun oleh Spanyol untuk melindungi pantai Honduras dari bajak laut Inggris.
Fortaleza de San Fernando de Omoa dibangun oleh Spanyol untuk melindungi pantai Honduras dari bajak laut Inggris.