Profil & Informasi tentang Negara Guatemala [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Guatemala [Lengkap]

Informasi mengenai Guatemala.

NamaGuatemala
Nama resmiRepublik Guatemala
República de Guatemala (Spanyol)
Ibu kotaKota Guatemala
SemboyanLibre Crezca Fecundo
(Spanyol: "Tumbuh Bebas dan Subur")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de Guatemala
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan1 Juli 1823
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifCongreso de la República
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKristen
Katolik
Islam
Yahudi
Buddha
Agama Maya
Mata UangQuetzal (Q) (GTQ)
Zona WaktuWaktu Standar Tengah (CST) (UTC-6)
Kode Telepon+502
Domain.gt
Situs Resmihttps://www.presidencia.gob.gt/
Jumlah Penduduk17.153.288 (estimasi Juli 2020)

Republik Guatemala adalah sebuah negara berdaulat di Amerika Tengah. Dengan perkiraan populasi sekitar 17,2 juta jiwa, Guatemala adalah negara terpadat di Amerika Tengah. Ibu kota dan kota terbesar Guatemala adalah Nueva Guatemala de la Asunción, juga dikenal sebagai Kota Guatemala.

Wilayah Guatemala modern pernah terbentuk dari wilayah inti peradaban Maya yang meluas ke seluruh Mesoamerika. Sebagian besar negara itu ditaklukkan oleh Spanyol pada abad ke-16, menjadi bagian dari Viceroyalty Spanyol Baru.

Guatemala mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1821 sebagai bagian dari Republik Federal Amerika Tengah yang dibubarkan pada tahun 1841.

Batas-batas wilayah Guatemala:

Letak negara Guatemala
Letak Guatemala

Guatemala memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Guatemala
Bendera Guatemala

Pembagian Administratif

Berikut daftar 22 departemen di Guatemala.

  1. Alta Verapaz,
  2. Baja Verapaz,
  3. Chimaltenango,
  4. Chiquimula,
  5. El Progreso
  6. Escuintla,
  7. Guatemala,
  8. Huehuetenango,
  9. Izabal,
  10. Jalapa,
  11. Jutiapa,
  1. Petén,
  2. Quetzaltenango,
  3. Quiché
  4. Retalhuleu,
  5. Sacatepéquez,
  6. San Marcos,
  7. Santa Rosa,
  8. Sololá,
  9. Suchitepéquez,
  10. Totonicapán,
  11. Zacapa.
Pembagian wilayah administratif Guatemala
Departemen di Guatemala

Guatemala dipecah menjadi 22 departemen yang kemudian dipecah menjadi 340 kotamadya.

Selain itu, Guatemala sebelumnya mengklaim bahwa semua atau sebagian Belize adalah departemen Guatemala (sebagai bagian dari Provinsi Verapaz) dan klaim ini terkadang tercermin dalam peta negara tersebut.

Guatemala secara resmi mengakui kedaulatan Belize pada tahun 1991, tetapi sengketa perbatasan antara kedua negara belum diselesaikan.

Lambang negara Guatemala
Lambang negara Guatemala

Geografi

Guatemala bergunung-gunung dengan sepetak gurun dan bukit pasir, lembah berbukit, kecuali di pantai selatan dan dataran rendah utara yang luas di Departemen Petén.

Dua pegunungan membelah Guatemala dari barat ke timur, membagi Guatemala menjadi tiga wilayah utama yakni dataran tinggi, pesisir Pasifik di selatan pegunungan, dan wilayah Petén di utara pegunungan.

Semua kota besar terletak di dataran tinggi dan kawasan pantai Pasifik. Ketiga wilayah ini bervariasi dalam iklim, ketinggian, dan lanskap. Volcan Tajumulco (4.220 meter) adalah titik tertinggi Guatemala dan negara-negara Amerika Tengah.

Sungai-sungai di Guatemala adalah Sungai Polochic dan Dulce yang mengalir ke Danau Izabal, Sungai Motagua dan Sarstún yang membentuk perbatasan Belize, dan Sungai Usumacinta yang membentuk batas antara Petén dan Meksiko.

Kota Guatemala
Kota Guatemala

Demografi

Guatemala memiliki populasi 17.247.849 jiwa (2018). Data dari sensus yang tersisa ada di tabel Populasi Historis di bawah ini.

Menurut Sensus 2018 yang dilakukan oleh Institut Statistik Nasional, 56% populasi adalah Ladino. Penduduk asli Guatemala sebanyak 43,6% populasi.

Sebagian besar penduduk asli Guatemala (41,7% populasi) adalah orang Maya yaitu K’iche’ (11% populasi), Q’eqchi (8,3%), Kaqchikel (7,8%), Mam (5,2%), dan etnis “Maya lain” (7,6%). 2% populasi adalah penduduk asli non-Maya. 1,8% populasi adalah Xinca, dan 0,1% populasi adalah Garifuna (campuran Afrika/Karibia).

Orang kulit putih Guatemala keturunan Eropa juga disebut Criollo.

Terdapat pula 110.000 orang Salvador. Garífuna adalah orang kulit hitam Afrika dari St. Vincent tinggal di Livingston dan Puerto Barrios.

Afro-Guatemala dan mulatto adalah keturunan pekerja perkebunan pisang. Ada juga orang Asia, kebanyakan keturunan Cina meski terdapat juga orang Arab Lebanon dan keturunan Suriah. Komunitas Korea yang berkembang di Kota Guatemala dan Mixco jumlahnya sekitar 50.000.

Dataran tinggi Quetzaltenango.
Dataran tinggi Quetzaltenango.

Bahasa

Bahasa resmi Guatemala adalah bahasa Spanyol yang dituturkan oleh 93% populasi sebagai bahasa pertama atau kedua.

21 bahasa Maya digunakan terutama di daerah pedesaan bersama dengan dua bahasa Amerindian non-Mayan yakni bahasa Xinca dan bahasa Garifuna yang digunakan di pantai Karibia.

Ada juga sejumlah besar penutur bahasa Jerman, Cina, Prancis dan Inggris.

Katedral Metropolitana, Kota Guatemala.
Katedral Metropolitana, Kota Guatemala.

Agama

Kristen masih kuat dan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat Guatemala.

Katolik Roma tetap menjadi agama dominan (48,4% pada 2007). Protestan, sebagian besar Evangelis, terdiri dari 33,7% populasi, 1,6% populasi beragama lain (seperti Yudaisme, Islam, dan Buddha), dan 16,1% ateis.

Survei 2012 yang lebih baru mengungkapkan jemaat Katolik sebanyak 47,6%, Protestan 38,2%, agama lain 2,6%, dan ateis 11,6%.

Agama Maya tradisional bertahan melalui proses inkulturasi. Pemerintah telah menerapkan kebijakan tentang penyediaan altar di setiap reruntuhan Maya untuk memfasilitasi upacara-upacara tradisional.

  • 1
    Share