SemutAspal

Profil Negara Qatar [Lengkap]

NamaQatar
Nama resmiNegara Qatar
دولة قطر
Dawlat Qaṭar (Arab)
Ibu kotaDoha
Semboyan-
Lagu kebangsaanالسلام الأميري
As-Salām al-Amīrī
Bentuk PemerintahanMonarki absolut
Sistem PemerintahanMonarki absolut
KemerdekaanHari nasional: 18 Desember 1878
Proklamasi: 1 September 1971
Diakui: 3 September 1971
Kepala NegaraEmir
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifمجلس الشورى
Majlis asy-Syura
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Kristen
Hindu
Buddha
Mata UangRiyal Qatar (ر.ق) (QAR)
Zona WaktuWaktu Standar Arab (AST) (UTC+3)
Kode Telepon+974
Domain.qa dan قطر.
Situs Resmi KepresidenanSitus Resmi Pemerintah
Jumlah Penduduk2.444.174 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Qatar

Daulah Qatar adalah sebuah negara emirat berdaulat di semenanjung kecil Jazirah Arab, Timur Tengah. Satu-satunya perbatasan darat yang dimiliki negara ini berada di selatan dengan negara Arab Saudi.

Perbatasan lain berupa perairan yakni di Teluk Persia. Teluk Persia jugalah yang memisahkan negara ini dengan negara pulau Bahrain.

Negara ini menduduki peringkat pertama negara terkaya di dunia dengan PDB atas dasar paritas daya beli (PPP) yang mencapai US$132.886.

Batas-batas wilayah Qatar:

  • Utara: Teluk Persia
  • Selatan: Arab Saudi
  • Barat: Teluk Persia
  • Timur: Teluk Persia

Qatar memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Qatar
Bendera Qatar

Pembagian Administratif

Sejak 2014, negara ini telah dibagi menjadi delapan baladiyah. Untuk tujuan statistik, baladiyah dibagi lagi menjadi 98 zona (data 2015), yang pada gilirannya dibagi lagi menjadi blok.

Negara ini terbagi menjadi 8 baladiyah sejak 2014:

  1. Al Shamal
  2. Al Khor
  3. Al-Shahaniya
  4. Umm Salal
  5. Al Daayen
  6. Doha
  7. Al Rayyan
  8. Al Wakrah
Gambar lambang negara Qatar
Lambang negara Qatar

Geografi

Semenanjung Qatar menjorok 160 kilometer ke Teluk Persia di sebelah utara Arab Saudi. Letak astronomis negara Qatar adalah di antara 24°LU hingga 27°LU dan 50°BT hingga 52°BT.

Luas wilayah Qatar adalah 11.571 km². Sebagian besar negara terdiri dari dataran rendah yang tandus dan tertutup pasir.

Di bagian tenggara terdapat Khor al Adaid yaitu sebuah area perbukitan pasir di negara ini yang mengelilingi Teluk Persia. Meski begitu, negara ini memiliki cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang sangat besar.

Titik tertinggi di negara ini adalah Qurayn Abu al Bawl dengan ketinggian 103 meter di Jebel Dukhan. Daerah Jebel Dukhan juga mengandung deposit minyak darat utama negara ini, sementara ladang gas alam terletak di lepas pantai barat laut negara ini.

Demografi

Populasi negara ini sangat berfluktuasi tergantung pada musim karena negara tersebut sangat bergantung pada buruh imigran.

Pada awal 2017, populasi negara ini berjumlah 2,6 juta dengan orang asing non-Arab merupakan mayoritasnya. Hanya 313.000 orang (12% populasi) yang merupakan warga negara Qatar, sementara sisanya 2,3 juta (88% populasi) adalah ekspatriat.

Agama

Mayoritas agama di negara ini adalah Islam. Sebagian besar warga negara ini berakar dari gerakan Wahhabisme Muslim Salafi, dan antara 5 – 15% Muslim di negara ini adalah Islam Syiah dan sekte-sekte lainnya yang jumlahnya sangat kecil.

Pada tahun 2010, 67,7% populasi beragama Islam, 13,8% Kristen, 13,8% Hindu, dan 3,1% Buddha, agama-agama lain dan ateis menyumbang 1,6% sisanya. Hukum Syariah adalah sumber utama perundang-undangan menurut konstitusi negara tersebut.

Populasi Kristen hampir seluruhnya adalah orang asing. Sejak 2008, orang Kristen diizinkan membangun gereja di tanah yang disumbangkan oleh pemerintah, meskipun kegiatan misionaris asing secara masih resmi dilarang.

Bahasa

Bahasa Arab adalah bahasa resmi yang diakui oleh pemerintah. Bahasa Arab tersebut biasanya diucapkan dengan dialek lokal. Bahasa Isyarat Qatar adalah bahasa komunitas tuna rungu di negara ini.

Bahasa Inggris umumnya dipakai sebagai bahasa kedua terutama dalam perdagangan.

Selain bahasa Inggris, terdapat bahasa lain yaitu bahasa Persia, Baluchi, Brahui, Hindi, Malayalam, Urdu, Pashto, Kannada, Tamil, Telugu, Nepali, Sinhala, Bengali, Tagalog, dan bahasa Indonesia.

Pada tahun 2012, negara ini bergabung dengan organisasi La Francophonie.

Namun pada bulan Desember 2013, surat kabar Le Monde mengungkapkan bahwa negara ini yang memiliki sangat sedikit penutur asli bahasa Prancis belum memberikan kontribusi apapun kepada OIF.

Administrator OIF mengeluh pada tahun 2015 bahwa negara ini belum menepati semua janji yang dibuatnya ketika bergabung dan tidak pernah membayar biaya keanggotaan tahunannya.

Fakta

  1. Negara teraman dari risiko gempa bumi di dunia
  2. Bahan bakar murah
  3. Penduduk asli negara ini mudah cari kerja
  4. Bebas pajak penghasilan
  5. Gaji pegawai relatif besar
  6. Cuti relatif banyak

Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal