SemutAspal

Profil Negara Argentina [Lengkap]

NamaArgentina
Nama resmiRepublik Argentina
República Argentina (Spanyol)
Ibu kotaBuenos Aires
SemboyanEn Unión y Libertad
(Spanyol: "Dalam Persatuan dan Kemerdekaan")
Lagu kebangsaanHimno Nacional Argentino
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan9 Juli 1816
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifKongres (Senado de la Nación + Cámara de Diputados de la Nación)
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKatholik Roma
Kristen
Islam
Yahudi
Mata UangPeso Argentina ($) (ARS)
Zona WaktuWaktu Argentina (ART) (UTC-3)
Kode Telepon+54
Domain.ar
Situs ResmiSitus Pemerintah
Jumlah Penduduk45.479.118 (estimasi Juli 2020)

Profil Negara Argentina

Republik Argentina adalah negara berkembang Amerika Latin yang terletak di bagian selatan Amerika Selatan.

Posisinya dihimpit Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Lokasi ini membuat Argentina dikenal sebagai “Negara Paling Selatan di Selatan” atau dalam bahasa Spanyol disebut “Sur del Sur“.

Negara ini merupakan negara terluas kedelapan di dunia dan Buenos Aires adalah salah satu metropolitan terpadat di dunia. Nama resmi Argentina untuk kepentingan legislatif adalah “Negara Argentina” (Nacion Argentina). Ibu kota Argentina adalah Buenos Aires.

Batas-batas wilayah negara Argentina:

Argentina memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Argentina
Bendera Argentina

Pembagian Administratif

Negara ini adalah federasi dua puluh tiga provinsi dan satu kota otonom. Di bawah provinsi terdapat departemen dan kotamadya, kecuali Provinsi Buenos Aires yang dibagi menjadi partidos. Kota Buenos Aires dibagi lagi menjadi komune.

Provinsi dapat memberlakukan konstitusinya sendiri dengan bebas demi mengatur pemerintah lokal mereka. Mereka juga diberi kewenangan untuk memanfaatkan sumber daya alam.

Geografi

Luas wilayah Argentina adalah 2.780.400 km². Negara ini setidaknya membentang sejauh 3.694 km dari utara ke selatan dan 1.423 km dari barat ke timur.

Letak astronomis negara Argentina adalah di antara 26°LU hingga 48°LU dan 67°BB hingga 125°BB. Letak geografis Argentina berada di Benua Amerika Selatan bagian selatan.

Negara ini berbagi perbatasan dengan Chili melalui Andes di barat, Bolivia dan Paraguay di utara, Brasil ke timur laut, Uruguay dan Samudera Atlantik Selatan di timur, dan Selat Drake di selatan.

Keseluruhan panjang perbatasan darat negara ini mencapai 9.376 km. Perbatasan pesisirnya di atas Río de la Plata adalah sepanjang 5.117 km menghadap ke Samudra Atlantik.

Titik tertinggi negara ini berada di Gunung Akonkagua (6.959 m di atas permukaan laut). Gunung tersebut juga merupakan titik tertinggi di Belahan Bumi Selatan.

Titik terendah negara ini berada di Laguna del Carbón (105 m di bawah permukaan laut). Tempat tersebut juga merupakan titik terendah di Belahan Selatan dan Barat dan titik terendah ketujuh di Bumi.

Lambang negara Argentina
Lambang negara Argentina

Seperti area pemukiman baru lainnya misal di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Brasil, dan Uruguay, negara ini dianggap sebagai negaranya para imigran.

Orang Argentina biasanya menyebut negara itu sebagai crisol de razas (wadah dari ras).

Secara umum, negara ini memiliki empat tipe iklim utama: hangat, sedang, gersang, dan dingin. Mengapa iklim di Argentina bervariasi? Semuanya itu sebabkan oleh bentangan garis lintang, kisaran ketinggian, dan fitur relief wilayah negara ini.

Meskipun wilayah terpadat umumnya beriklim sedang, negara ini memiliki keragaman iklim yang luar biasa.

Akibatnya, ada berbagai macam bioma di negara ini, termasuk hutan hujan subtropis, daerah semi-kering dan gersang, dataran beriklim sedang di Pampas, dan subantartika dingin di selatan.

Sol de Mayo
Sol de Mayo

Demografi

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 218 individu pada tahun 2010 oleh ahli genetika Argentina Daniel Corach, telah menetapkan peta genetik negara ini.

Penduduk negeri itu disusun oleh 79% dari berbagai etnis Eropa (terutama etnis Spanyol dan Italia), 18% dari etnis pribumi yang berbeda, dan 4,3% dari kelompok etnis Afrika, di mana 63,6% dari kelompok memiliki setidaknya satu leluhur pribumi.

Dari tahun 1970-an, imigrasi di negara ini didominasi oleh orang Bolivia, Paraguay, dan Peru. Selain itu, dengan jumlah yang lebih kecil ada orang-orang yang berasal dari Republik Dominika, Ekuador, dan Rumania.

Bahasa

Bahasa resmi Argentina (de facto) adalah bahasa Spanyol yang diucapkan oleh hampir semua orang yang tinggal di negara ini. Ada beberapa bahasa kedua yang juga digunakan oleh masyarakat.

  • Bahasa Inggris, diajarkan sejak sekolah dasar. 42,3% populasi mengklaim dapat berbicara bahasa Inggris dan 15,4% dari mereka mengklaim memiliki tingkat pemahaman bahasa yang tinggi.
  • Bahasa Italia dituturkan oleh setidaknya 1,5 juta orang.
  • Bahasa Arab, khususnya dialek Levantine Utara, dituturkan oleh satu juta orang.
  • Bahasa Jerman Standar dipakai oleh 400.000 orang.
  • Yiddish dituturkan oleh 200.000 orang.
  • Guarani dituturkan oleh 200.000 orang yang kebanyakan menetap di Corrientes (de jure) dan Misiones.
  • Catalan dipakai oleh 174.000 orang.
  • Bahasa Prancis, termasuk bahasa Occitan yang langka.
  • Quechua dipakai oleh 65.000 orang yang kebanyakan tinggal di barat laut.
  • Ya dituturkan oleh 53.700 orang.
  • Vlax Romani dituturkan oleh 52.000 orang.
  • Albania dituturkan oleh 40.000 orang.
  • Bahasa Jepang dituturkan oleh 32.000 orang.
  • Aymara dituturkan oleh 30.000 orang yang kebanyakan di barat laut.
  • Bahasa Ukraina dituturkan oleh 27.000 orang.
  • Welsh, termasuk dialek Patagoniannya dengan 25.000 orang penutur.

Agama

Konstitusi menjamin kebebasan beragama. Meskipun tidak diakui sebagai agama resmi, Gereja Katolik Roma mendapat status istimewa.

Menurut jajak pendapat CONICET pada tahun 2008, populasi terdiri dari 76,5% Katolik, 11,3% Agnostik dan Ateis, 9% Protestan Evangelis, 1,2% Saksi-Saksi Yehuwa, 0,9% Mormon, dan 1,2% beragama lain misalnya Islam, Yudaisme, dan Buddha.

Negara ini adalah rumah terbesar bagi Muslim dan Yahudi di Amerika Latin. Negara ini adalah negara anggota International Holocaust Remembrance Alliance.

23,8% populasi mengaku bahwa mereka selalu menghadiri acara keagamaan, 49,1% jarang datang, dan 26,8% tidak pernah datang.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal