Profil & Informasi tentang Negara Kolombia [Lengkap]

Profil negara Kolombia

Informasi mengenai Kolombia.

NamaKolombia
Nama resmiRepublik Kolombia
República de Colombia (Spanyol)
Ibu kotaBogotá
SemboyanLibertad y Orden
(Spanyol: "Kebebasan dan Ketertiban")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de la República de Colombia
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan20 Juli 1810
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifKongres (Senado + Cámara de Representantes)
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKristen
Katolik
Islam
Yahudi
Buddha
Hindu
Mata UangPeso Kolombia (COL$) (COP)
Zona WaktuWaktu Kolombia (COT) (UTC-5)
Kode Telepon+57
Domain.co

Republik Kolombia adalah negara berdaulat yang sebagian besar wilayahnya berada di daratan Amerika Selatan. Kolombia memiliki beberapa pulau di lepas pantainya.

Kolombia adalah negara yang memiliki banyak etnis dan bahasa. Warisan budayanya kaya akan pengaruh Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan pribumi. Sebagian besar kota di Kolombia berada di Pegunungan Andes dan pesisir Karibia.

Batas-batas wilayah Kolombia:

Letak negara Kolombia
Letak Kolombia

Kolombia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Kolombia
Bendera Kolombia

Pembagian Administratif

Kolombia dibagi menjadi 32 departemen dan satu distrik ibu kota dengan status departemen (Bogotá juga adalah ibu kota Departemen Cundinamarca). Departemen dibagi lagi menjadi kota, kota pada gilirannya dibagi lagi menjadi corregimientos di pedesaan dan menjadi komune di perkotaan.

Setiap departemen memiliki pemerintah daerah dengan gubernur dan majelis terpilih untuk masa jabatan empat tahun, dan setiap kota dipimpin oleh seorang walikota bersama dengan dewan.

Selain ibu kota, empat kota lainnya ditetapkan sebagai distrik (pada dasarnya kota khusus) berdasarkan fitur khusus yang membedakan. Empat kota tersebut ialah Barranquilla, Cartagena, Santa Marta, dan Buenaventura.

Beberapa departemen memiliki subdivisi administrasi lokal pada daerah dengan populasi yang besar dan kota yang berdekatan satu sama lain (misalnya di Antioquia dan Cundinamarca). Departemen dengan populasi rendah (misalnya Amazonas, Vaupés, dan Vichada) memiliki “departemen corregimiento“.

Pembagian wilayah administratif Kolombia
Departemen di Kolombia

Berikut daftar 32 departemen dan 1 distrik ibu kota.

  1. Amazonas,
  2. Antioquia,
  3. Arauca,
  4. Atlántico,
  5. Bolívar,
  6. Boyacá,
  7. Caldas,
  8. Caquetá,
  9. Casanare,
  10. Cauca,
  11. Cesar,
  12. Chocó,
  1. Córdoba,
  2. Cundinamarca,
  3. Guainía,
  4. Guaviare,
  5. Huila,
  6. La Guajira,
  7. Magdalena,
  8. Meta,
  9. Nariño,
  10. Norte de Santander,
  11. Putumayo,
  1. Quindío,
  2. Risaralda,
  3. San Andrés, Providencia, dan Santa Catalina
  4. Santander
  5. Sucre,
  6. Tolima,
  7. Valle del Cauca,
  8. Vaupés,
  9. Vichada,
  10. Bogotá.
Lambang negara Kolombia
Lambang negara Kolombia

Geografi

Geografi Kolombia dibagi menjadi enam wilayah dengan karakteristik unik, dari kawasan Pegunungan Andes, wilayah pesisir Pasifik, wilayah pesisir Karibia, Llanos, wilayah hutan hujan Amazon, hingga daerah insular yang terdiri dari pulau-pulau di Samudra Atlantik dan Pasifik.

Kolombia di barat laut berbatasan dengan Panama, di timur dengan Venezuela dan Brasil, di selatan dengan Ekuador dan Peru. Kolombia telah menetapkan batas maritim dengan negara-negara tetangga melalui tujuh perjanjian Laut Karibia dan tiga perjanjian Samudra Pasifik. Kolombia secara astronomis terletak di antara 12°LU hingga 4°LS dan 67°BB hingga 79°BB.

Iklim gunung adalah salah satu fitur unik dari Andes dan relief ketinggian lainnya.
Iklim gunung adalah salah satu fitur unik dari Andes dan relief ketinggian lainnya.

Bahasa

Setidaknya 99,2% populasi Kolombia menuturkan bahasa Spanyol yang juga disebut Kastilia. 65 bahasa Amerindian, dua kreol, bahasa Romani, dan Bahasa Isyarat Kolombia dituturkan di Kolombia. Bahasa Inggris memiliki status sebagai bahasa resmi di Kepulauan San Andres, Providencia, dan Santa Catalina.

Termasuk bahasa Spanyol, setidaknya ada 101 bahasa terdaftar dalam basis data Etnolog. Perkiraan terbaik mencatat setidaknya 71 bahasa dituturkan di Kolombia saat ini. Saat ini ada sekitar 850.000 penutur bahasa lokal di Kolombia.

Suaka Las Lajas di Departemen Nariño Kolombia selatan
Suaka Las Lajas di Departemen Nariño Kolombia selatan

Agama

Departemen Administrasi Statistik Nasional tidak mengumpulkan statistik agama sehingga data akurat sulit diperoleh. Namun, berdasarkan berbagai penelitian dan survei, sekitar 90% populasi beragama Kristen, mayoritas di antaranya adalah Katolik Roma, sementara minoritas yang signifikan adalah Protestan (terutama Evangelikalisme).

Sekitar 4,7% populasi ateis atau agnostik, sementara 3,5% mengaku percaya Tuhan namun tidak beragama. 1,8% populasi adalah Saksi-Saksi Yehuwa dan Adventisme, dan kurang dari 1% populasi beragama lain, seperti Islam, Yahudi, Buddha, Mormon, Hindu, agama Pribumi, Hare Krishna, Rastafari, Gereja Katolik Ortodoks, dan studi spiritual. Sisanya tidak menanggapi atau menjawab tidak tahu.

Selain statistik di atas, 35,9% populasi berkata bahwa mereka tidak beribadah secara aktif.

  • 1
    Share