Profil & Informasi tentang Negara Bahama [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Bahama [Lengkap]

Informasi mengenai Bahama.

NamaBahama
Nama resmiPersemakmuran Bahama
Commonwealth of The Bahamas (Inggris)
Ibu kotaNassau
SemboyanForward Upward Onward Together
(Inggris: "Maju Bersama ke Depan dan Atas")
Lagu kebangsaanMarch On, Bahamaland
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
Kemerdekaan10 Juli 1973
Kepala NegaraRatu
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (Senate + House of Assembly)
Bahasa NasionalInggris
AgamaKristen
Katolik Roma
Yahudi
Islam
Baha'i
Hindu
Praktisi Obeah
Mata UangDolar Bahama (B$) (BSD)
Zona WaktuWaktu Standar Timur (EST) (UTC-5)
Waktu Musim Panas Timur (EDT) (UTC-4)
Kode Telepon‎+1-242
Domain.bs
Situs Resmihttp://www.bahamas.gov.bs/
Jumlah Penduduk337.721 (estimasi Juli 2020)

Commonwealth of The Bahamas adalah sebuah negara yang berada di Kepulauan Lucayan. Negara kepulauan ini memiliki lebih dari 700 pulau di Samudra Atlantik. Ibu kota Bahama adalah Nassau di Pulau New Providence.

Bahama adalah tempat pendaratan pertama Columbus di Dunia Baru pada tahun 1492. Pada saat itu, pulau tersebut dihuni oleh Lucayan yang berbicara bahasa Arawakan.

Bahama menjadi wilayah persemakmuran independen pada tahun 1973, mempertahankan kepala monarki Inggris sebagai kepala negara. Dalam hal produk domestik bruto per kapita, Bahama adalah salah satu negara terkaya di Amerika yang ekonominya tergantung dari industri pariwisata dan finansial.

Batas-batas wilayah Bahama:

Letak negara Bahama
Letak Bahama

Bendera

Bendera Bahama diadopsi pada tahun 1973. Warnanya melambangkan kekuatan rakyat Bahama. Desainnya mencerminkan aspek lingkungan alami dan pembangunan ekonomi dan sosial.

Bahama memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan berupa segitiga sama sisi hitam di dekat tiang, ditumpangkan pada latar belakang yang tersusun dari garis horizontal berwarna aquamarine, emas, dan aquamarine.

Bendera negara Bahama
Bendera Bahama

Pembagian Administratif

Bahama menyediakan sistem pemerintahan lokal bagi distrik lokalnya kecuali New Providence yang urusannya ditangani langsung oleh pemerintah pusat. Secara total, ada 32 distrik di Bahama.

Pembagian wilayah administratif Bahama
Distrik di Bahama

Distrik selain New Providence di Bahama:

  1. Acklins,
  2. Berry Islands,
  3. Bimini,
  4. Black Point, Exuma,
  5. Cat Island,
  6. Central Abaco,
  7. Central Andros,
  8. Central Eleuthera,
  9. City of Freeport, Grand Bahama,
  10. Crooked Island,
  11. East Grand Bahama,
  12. Exuma,
  13. Grand Cay, Abaco,
  14. Harbour Island, Eleuthera,
  15. Hope Town, Abaco,
  16. Inagua,
  1. Long Island,
  2. Mangrove Cay, Andros,
  3. Mayaguana,
  4. Moore’s Island, Abaco,
  5. North Abaco,
  6. North Andros,
  7. North Eleuthera,
  8. Ragged Island,
  9. Rum Cay,
  10. San Salvador,
  11. South Abaco,
  12. South Andros,
  13. South Eleuthera,
  14. Spanish Wells, Eleuthera,
  15. West Grand Bahama.

Lambang Negara

Lambang negara Bahama berupa perisai dengan simbol nasional sebagai titik fokusnya. Perisai ini disokong oleh marlin dan flamingo yang merupakan hewan nasional Bahama. Flamingo terletak di darat dan marlin di laut menunjukkan geografi kepulauan Bahama.

Di atas perisai terdapat cangkang keong yang mewakili kehidupan laut yang bervariasi dari kepulauan itu. Cangkang keong bersandar pada helm. Di bawahnya terdapat perisai yang berisi simbol utama berupa kapal Santa María Christopher Columbus sedang berlayar di bawah matahari. Di bawah perisai terdapat pita yang merupakan moto nasional Bahama yakni “Maju, Maju, Maju Bersama.”

Lambang negara Bahama
Lambang negara Bahama

Geografi

Bahama secara astronomis terletak di antara 20°LU hingga 28°LU dan 72°BB hingga 80°BB.

Pulau terdekat ke Amerika Serikat adalah Bimini. Abaco berada di sebelah timur Grand Bahama. Pulau paling tenggara adalah Pulau Inagua. Pulau terbesar di Bahama adalah Pulau Andros. Pulau berpenghuni lainnya adalah Pulau Eleuthera, Pulau Kucing, Rum Cay, Pulau Long, Pulau San Salvador, Pulau Ragged, Acklins, Pulau Crooked, Exuma, Kepulauan Berry, dan Mayaguana. Nassau, ibu kota Bahama, terletak di Pulau New Providence.

Semua pulau itu rendah dan datar dengan punggung bukit yang biasanya setinggi 15 hingga 20 meter. Titik tertinggi di negara ini adalah Gunung Alvernia (sebelumnya Como Hill) di Pulau Kucing dengan ketinggian 63 meter.

Lubang Biru Dean di Kota Clarence di Long Island, Bahama.
Lubang Biru Dean di Kota Clarence di Pula Long, Bahama.

Bahasa

Bahasa resmi yang ditetapkan adalah bahasa Inggris. Banyak orang berbicara kreol bahasa Inggris yang disebut dialek Bahamian atau “Bahamianese”.

Kreol Haitian, kreol bahasa Prancis yang dituturkan oleh orang Haiti dan keturunan mereka di Bahama sebanyak 25% populasi. Bahasa tersebut dikenal hanya sebatas kreol untuk membedakannya dari bahasa Inggris Bahama.

Pulau Blue Lagoon, Bahama.
Pulau Blue Lagoon, Bahama.

Agama

Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2008 yang disiapkan oleh Biro Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Perburuhan Amerika Serikat, populasi kepulauan itu didominasi oleh orang Kristen.

Denominasi Protestan tersebar luas dan secara kolektif mencakup lebih dari 70% populasi Bahama dengan Baptis mewakili 35% populasi, Anglikan 15%, Pentakosta 8%, Gereja Tuhan 5%, Advent Hari Ketujuh 5%, dan Methodis 4% populasi. Ada juga komunitas Katolik Roma yang signifikan dengan sekitar 14% populasi. Ada juga komunitas kecil Yahudi, Islam, Baha’i, Hindu, Rastafarian, dan praktisi Obeah.

  • 1
    Share