Manfaat Google Form untuk Kebutuhan Survey Online

Manfaat Google Form

Survey adalah salah satu kegiatan yang tidak bisa lepas dari jalannya sebuah usaha. Beruntungnya sekarang, survey bisa dilakukan secara online menggunakan layanan Google Form. Manfaat Google Form benar-benar terasa jika digunakan dengan maksimal.

Google Form tersedia gratis untuk membuat kuisioner maupun formulir secara online. Seperti yang disebutkan di awal, ini akan sangat berguna untuk mengetahui keinginan pelanggan.

Jika ingin tau lebih jauh, artikel ini akan menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa itu Google Form?
  • Apa saja keguanaan dan manfaatnnya?
  • Bagaimana cara membuat Google Form?

Apa itu Google Form?

Pengertian Google Form adalah salah satu produk Google yang berguna untuk mendapatkan informasi melalui survey, formulir, atau kuis sesuai kebutuhan. Jawaban akan dikirim langsung seusai data diisi oleh pengguna. Google Form tentu bisa ditautkan dengan Google Spreadsheet atau layanan Google lainnya.

Dalam membuat formulir, pembuat dapat mengajukan pertanyaan pilihan ganda, isian, maupun skala setuju tidak setuju (misal 0 sangat tidak setuju dan 10 sangat setuju).

Manfaat Google Form

Apa sih manfaat dan kegunaan Google Form? Manfaat Google Form untuk aktifitas sehari-hari:

  • Distribusi online dan real-time
  • Tabulasi online dan real-time
  • Real time collaboration: 50 orang dapat bekerja pada satu berkas secara bersamaan. Setiap perubahan disimpan secara otomatis.
  • Aman: tidak takut hilang ketika menyimpan berkas penting atau tugas sekolah entah karena rusak atau terkena virus.

Dengan Google Form, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memberikan pertanyaan satu persatu pada responden, apalagi sampai mencetak pertanyaan di kertas demi kuisioner. Kamu hanya perlu membagikan sebuah link dari Google Form yang telah dibuat, kemudian responden akan mengisi kuisioner secara online.

Dengan demikian, kamu tidak perlu membuang-buang kertas dan tinta. Dan yang tidak kalah penting ialah, data kuisioner yang diajukan terjamin keamanannya. Hal itu dapat terjadi karena Google Form menyimpan data langsung di Google Drive secara otomatis. Data tersebut bisa dipastikan tidak akan hilang dan rusak.

Contoh Penggunaan untuk Keseharian

  • Membuat kuis online, ujian online, survey performa guru, survey masukan orang tua murid, formulir registrasi online
  • Mendorong paperless culture

Cara Membuat Google Form

Google Form tentu sangat memudahkan beberapa pekerjaan. Namun, bagaimana langkah membuat Google Form? Modal yang harus kamu miliki adalah akun Google. Saya anggap kamu sudah punya akun Google jadi langsung saja kita mulai langkah-langkahnya.

Tipe Kuisioner

Membuat Google Form untuk kuisioner sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Docs dan Pilih Template

Buka Google Docs dan pilih “form” lalu akan tersedia beberapa opsi template. Pilihlah template yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak ada yang cocok, pilih template blank berlatar belakang putih yang terdapat ikon “+”.

2. Mengisi Judul dan Deskripsi Form

Lanjutkan pengisian kuisioner setelah masuk ke editor template blank. Ganti judul kuisioner dengan mengeklik kolom “Untitled Form” lalu menggantinya dengan judul kuisionermu.

Setelah itu mari lanjut mengisi deskripsi di kolom “Form Description”. Kamu bisa mengisinya dengan kalimat deskripsi yang menjelaskan maksud dan tujuan kuisioner tersebut.

3. Membuat Pertanyaan

Selesai menambahkan judul dan deskripsi, mari masuk ke tahap mengisi daftar pertanyaan untuk kuisioner. Ajukan pertanyaanmu di kolom “question”. Kamu bisa memilih jenis pertanyaan itu, misal multiple choice atau short answer.

Multiple choice untuk pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda. Gunakan short answer apabila butuh jawaban yang berupa deskripsi pendek saja. Pilih jenis jawaban “paragraph” agar responden bisa mengisi jawaban dengan lebih panjang.

4. Kirim Kuisioner

Bila pertanyaan sudah kamu ajukan semuanya, langkah terakhir adalah mengirimkannya pada responden. Kamu bisa membagikan link kuisioner tersebut melalui berbagai media yang kamu miliki.

Tipe Formulir Pendaftaran

Cara membuat Google Form tipe formulir pendaftaran mirip dengan membuat kuisioner. Berikut caranya:

1. Memilih Template

Pilih template formulir pendaftaran untuk memudahkan pembuatan formulir.

2. Mengisi Judul dan Deskripsi

Serupa dengan pembuatan kuisioner, tambahkan judul dan deskripsi yang menjelaskan formulir pendaftaran yang dibuat.

3. Menyusun Pertanyaan

Pertanyaan dalam formulir pendaftaran biasanya tidak menggunakan multiple choice melainkan short answer atau paragraph. Beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan adalah nama, tempat tanggal lahir, dan usia.

Untuk mempermudah, kamu bisa memilih “multiple choice grid” untuk membuat tabel di Google Form. Tabel nantinya bisa diisi informasi yang kamu butuhkan untuk melengkapi informasi pendaftaran.

4. Kirim dan Bagikan Formulir Pendaftaran

Bila sudah semuanya, langkah terakhir adalah membagikannya pada orang yang hendak mendaftar. Kamu bisa membagikan link pendaftaran tersebut melalui berbagai media yang kamu miliki.