SemutAspal

Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Pengertian mikroskop
Pengertian mikroskop

Istilah “mikroskop” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “micron” yang berarti kecil, dan “scopos” yang berarti tujuan. Dengan demikian, mikroskop adalah perangkat untuk memperhatikan benda-benda yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata biasa.

Bagian-Bagian Mikroskop

Berikut adalah penamaan dan lokasi bagian-bagian pada mikroskop:

Bagian bagian mikroskop dan fungsinya
Bagian bagian mikroskop dan fungsinya

Fungsi Bagian-Bagian

Secara umum, alat ini terdiri dari tiga bagian utama: optik, penerangan, dan menanis. Selanjutnya, akan dijelaskan fungsi detail setiap bagian tersebut.

1. Lensa Okuler

Lensa okuler digunakan untuk memperbesar gambar yang terbentuk oleh lensa obyektif. Dengan menggunakan lensa ini, kamu dapat melihat objek dengan detail lebih jelas dan akurat.

2. Tabung

Kamu bisa menyesuaikan fokus dengan menaikkan dan menurunkan tabung yang ada pada alat ini.

Promo garansi Shopee

3. Tombol Pengatur Fokus Kasar

Tombol pengatur fokus kasar berfungsi untuk menyesuaikan fokus bayangan objek dengan cepat, memungkinkan kamu menurunkan atau menaikkan tabung alat ini dengan cepat.

4. Tombol Pengatur Fokus Halus

Tombol pengatur fokus halus berfungsi untuk mengatur fokus bayangan objek secara perlahan, memungkinkanmu menyesuaikan tabung alat ini dengan gerakan turun atau naik yang lambat.

5. Revolver

Kamu bisa menggunakan revolver untuk memilih lensa obyektif yang ingin dipakai.

6. Lensa Obyektif

Kamu menggunakan lensa obyektif untuk menentukan bayangan obyektif dan memperbesar benda yang diamati. Biasanya, terdapat tiga lensa obyektif dengan pembesaran 4x, 10x, dan 40x.

7. Lengan Mikroskop

Penggunaan lengan yang ada pada alat ini sebagai pegangan saat mengangkat dan memindahkan.

8. Meja Preparat

Meja preparasi digunakan untuk menempatkan obyek yang akan diamati atau dianalisis secara lebih lanjut.

9. Penjepit Preparat

Gunanya penjepit preparat adalah untuk menahan preparat di tempatnya di atas meja preparat, sehingga tidak bergeser ketika sedang diamati.

10. Reflektor

Fungsi reflektor pada mikroskop adalah memantulkan dan mengarahkan cahaya ke dalam alat ini. Terdapat dua jenis cermin, yakni cermin datar dan cekung.

Jika cahaya yang digunakan berasal dari sumber yang lemah, seperti lampu, cermin cekung akan digunakan. Namun, jika cahaya yang digunakan berasal dari sumber yang kuat, seperti sinar matahari, cermin datar lebih disarankan.

Itulah penjelasan tentang gambaran umum mengenai mikroskop, komponen-komponen utamanya, serta peran penting setiap komponen dalam fungsi keseluruhan alat ini.

Baca juga artikel terkait di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.