SemutAspal

Pengertian Overload dari Segala Bidang

Pengertian overload artinya
Apa itu overload?

Istilah overload kerap kita temukan dalam beberapa percakapan di berbagai kondisi akhir-akhir ini. Istilah ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu di bidang IT maupun jasa pengiriman.

Namun, sudahkah kamu tahu jika pengertian overload tidak hanya di bidang itu? Istilah ini dapat digunakan pada berbagai bidang kehidupan.

Banyak sekali kaum milenial yang menggunakan istilah ini sebagai bahas gaulnya di era digital seperti saat ini. Mereka kerap kali menyambung-nyambungkan istilah ini dalam segala sesuatu.

Overload dalam Berbagai Bidang

Penggunaan istilah ini semakin hari semakin popular. Terbukti semakin banyak orang yang menggunakan istilah satu ini untuk menggambarkan sesuatu yang berlebihan. Namun tahukah kamu asal muasal penggunaan istilah ini?

Istilah ini tersusun dari kata over dan load. Istilah ini diserap dari bahasa inggris. Over diartikan sebagai segala sesuatu secara berlebihan, sedangkan load diartikan sebagai suatu muatan.

Jadi, pengertian overload adalah segala sesuatu yang berlebihan. Dalam keseharian, istilah ini artinya dapat berbeda antara bidang satu dengan yang lain sehingga definisi tersebut akan mengikuti bidang yang dimaksud.

Berikut merupakan pengertiannya dari berbagai macam bidang.

1. Bidang Kelistrikan

Overload, dalam konteks listrik, merujuk pada kondisi di mana alat-alat listrik menanggung beban melebihi kapasitas normalnya.

Fenomena ini melibatkan kelebihan beban kelistrikan, yang pada gilirannya dapat menimbulkan konsekuensi serius dalam sistem kelistrikan yang vital bagi kehidupan sehari-hari.

Kelebihan beban ini tidak hanya memengaruhi performa alat listrik, tetapi juga dapat menciptakan gangguan serius dalam pasokan energi.

Kejadian ini dapat merugikan berbagai aspek, menciptakan dampak negatif seperti gangguan listrik, potensi kerusakan perangkat, dan bahkan risiko kecelakaan yang melibatkan aliran listrik berlebih.

Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang istilah ini dan tindakan pencegahannya menjadi esensial dalam menjaga stabilitas dan keamanan sistem kelistrikan.

2. Belanja Online

Era digital seperti saat ini membuat semua orang lebih menyukai berbelanja online dibanding belanja konvensional. Hal ini membuat trafik belanja dan pengiriman meningkat drastis.

Belum lagi ditambah dengan adanya event-event pada bulan tertentu yang menawarkan diskon dan gratis ongkir gila-gilaan. Hal tersebut akan membuat peningkatan permintaan berbelanja dan pengiriman barang.

Lonjakan tersebut membuat pengiriman kewalahan karena telah melebihi kemampuan yang mereka miliki sehingga dapat berdampak buruk pada tertundanya suatu pengiriman barang. Situasi itulah yang disebut overload dalam olshop.

3. Kehidupan Sehari-Hari

Overload menjadi sebuah konsep yang tak hanya merujuk pada aspek teknis atau beban kerja, tetapi juga secara luas meresap ke dalam keseharian.

Fenomena ini tak terelakkan menjadi bagian dari percakapan sehari-hari, khususnya di kalangan milenial yang cenderung memanfaatkannya sebagai sarana ekspresi dalam interaksi sosial mereka.

Penggunaan istilah ini bukan lagi sekadar terpaku pada pengertian teknis, melainkan telah meluas menjadi semacam kode budaya yang meresapi kehidupan sehari-hari.

Generasi milenial dengan kreativitasnya mengaplikasikan istilah ini untuk merujuk pada segala sesuatu yang dianggap berlebihan atau berkesan berlebih-lebihan dalam konteks pengalaman pribadi mereka.

Dengan demikian, overload artinya lebih dari sekadar frasa biasa, melainkan merangkum kompleksitas dan keberagaman makna yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari.

Fenomena ini mencerminkan dinamika perkembangan bahasa dan budaya, memperkaya keseharian dengan lapisan makna yang melibatkan aspek teknologi, sosial, dan personal dalam satu kesatuan konseptual yang sangat kaya dan informatif.

4. Bidang IT

Apa arti overload
Apa arti overload

Sebagaimana telah dikenal sebelumnya, istilah overload berasal dari ranah teknologi informasi (TI). Overload dapat didefinisikan sebagai kondisi di mana suatu perangkat elektronik, seperti ponsel pintar atau laptop, mengalami kelebihan muatan listrik.

Ketika terjadi beban berlebih, perangkat seperti HP atau laptop tidak dapat beroperasi secara optimal, dapat menyebabkan kinerja yang terhambat, dan bahkan mungkin mengalami kegagalan seperti ngehang dan munculnya pesan error.

Dengan kata lain, beban yang melebihi kapasitas dapat berdampak negatif pada fungsionalitas dan kestabilan perangkat elektronik tersebut.

5. Dunia Ekspedisi

Istilah ini dalam dunia ekspedisi diartikan sebagai suatu hal yang melebihi kapasitas. Kondisi ini terjadi ketika barang yang akan dikirimkan jumlahnya terlalu banyak melebihi kemampuan ekspedisi sehingga pihak ekspedisi akan mengalami kewalahan.

Kewalahan tersebut akan membuat pihak ekspedisi terlambat mengirim barang pada event-event tertentu. Mereka mengalami kelebihan beban karena jumlah tenaga kerja tidak dapat menanggung volume pengiriman yang berlebih.

Pengertian overload dalam berbagai bidang memiliki satu buah kesamaan yang artinya adalah suatu hal yang berlebihan. Apapun bidangnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak selalu menghasilkan efek positif.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal