SemutAspal

Pengertian Demokrasi dan Tujuan-tujuannya

Pengertian demokrasi
Pengertian demokrasi

Pengertian Demokrasi

Pengertian demokrasi adalah suatu kebebasan bagi setiap warga negara. Demokrasi merupakan salah satu sistem pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat dan juga oleh rakyat. Kebebasan tersebut juga dipakai dalam berbagi kekuasaan.

Demokrasi juga dilakukan supaya kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi dan pengambilan kebijakan dengan sistem demokrasi tergantung dengan keinginan dan juga aspirasi masyarakat. Melalui kebebasan, setiap warga negara bisa saling berbagi pada sebuah kekuasaan di negaranya sendiri.

Berbicara soal demokrasi memiliki beberapa ciri-ciri, seperti memiliki perwakilan dari rakyat, keputusan sesuai dengan aspirasi serta kepentingan dari warga negara, memberlakukan ciri konstitusional dan yang lainnya. Demokrasi juga memiliki beberapa tujuan dan penjelasan selengkapnya ada di bawah ini.

Tujuan Demokrasi

Tujuan-tujuan demokrasi secara umum yang perlu kamu ketahui adalah:

1. Memberikan Kebebasan Berpendapat

Salah satu tujuan dari demokrasi adalah untuk memberikan kebebasan berpendapat dan juga berekspresi. Negara yang menganut sistem demokrasi di pemerintahannya, rakyatnya bisa memiliki kebebasan untuk memberi pendapat dan juga menyalurkan aspirasi serta ekspresi mereka.

Hal ini bisa jadi hal yang cukup fundamental untuk negara demokrasi. Sebagai penjamin hak dasar ini dilakukan dengan cara terbuka untuk cara mengungkapkan dan juga mengatasi adanya masalah yang sosial yang belum terjadi.

Ini juga sesuai dengan nilai-nilai dan pengertian demokrasi yang memberikan kebebasan berpendapat kepada setiap warga negaranya.

2. Menciptakan Ketertiban dan Keamanan

Demokrasi juga memiliki tujuan untuk menciptakan ketertiban, keamanan dan ketentraman di dalam lingkungan masyarakat. Sistem ini dipercaya dapat menciptakan keteraturan yang menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

Demokrasi dapat menjamin hak-hak bagi setiap warga negara dan juga mengedepankan musyawarah agar bisa memecahkan solusi secara bersama dan bisa menjalin keamanan bersama di dalam lingkungan masyarakat.

3. Masyarakat Aktif di Pemerintahan

Demokrasi dapat mendorong masyarakat aktif di pemerintahan karena mengedepankan kedaulatan rakyat. Hal ini bisa membuat keterlibatan masyarakat di setiap proses pemerintahan seperti pemilihan umum dilakukan secara langsung jadi memberikan aspirasi mengenai kebijakan publik.

Mendorong rakyat untuk aktif terlibat di dalam bidang politik berguna untuk memajukan kinerja pemerintahan negara. Adanya peran dari rakyat di pemerintahan membuat setiap warga negara bertanggung jawab terhadap upaya menjaga keutuhan negaranya.

4. Membatasi Kekuasaan Pemerintah

Kekuasaan tertinggi sebuah negara yang memberlakukan sistem demokrasi berada di tangan rakyat. Artinya adalah rakyat memiliki hak untuk memberikan aspirasi dan juga kritik kepada pemerintah. Sistem demokrasi pada pemerintahan juga memiliki tujuan untuk membatasi kekuasaan pada pemerintahan.

Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan kekuasaan yang absolut maupun diktator. Dengan adanya demokrasi, diharapkan bisa menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab. Pemerintah juga hanya memiliki fungsi sebagai perwakilan rakyat yang memiliki tugas merangkum seluruh kebutuhan rakyat.

Rakyat bisa menilai dan juga menuntut jika ada ketidaksesuaian antara kebijakan yang telah dirumuskan dengan kebutuhan. Rakyat bisa mengajukan tuntutan jika pemerintah melakukan penyelewengan kepada kebijakan yang sudah dibuat.

5. Mencegah Terjadi Perselisihan

Demokrasi memiliki tujuan untuk mencegah terjadi perselisihan di suatu negara. Setiap konflik yang terjadi bisa diselesaikan dengan cara musyawarah. Perselisihan bisa terjadi di suatu negara dan bisa menimbulkan perpecahan.

Jadi, harapannya dengan menganut sistem pemerintahan demokrasi dapat mencegah terjadinya perselisihan antar kelompok dan bisa menyelesaikan semua masalah dengan damai.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian demokrasi dan tujuan-tujuannya yang wajib kamu pahami.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal