Seleksi Paskibraka 2020 Tidak Ada, 2019 Tugas Lagi

Seleksi Paskibraka 2020 Tidak Ada, 2019 Tugas Lagi

Setelah beberapa bulan berlalu menanti kepastian akhirnya diputuskan bahwa Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Istana Negara hanya akan menugaskan 4 paskibraka.

Ketiga paskibraka itu bertugas sebagai pengerek, pembentang, dan pembawa baki. 1 tambahan paskibraka disiagakan sebagai cadangan.

Seleksi Paskibraka tahun 2020-pun ditiadakan dan keempat orang yang bertugas adalah Paskibraka 2019.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan bahwa karena masih terjadinya pandemi Covid-19 membuat Istana Kepresidenan memutuskan untuk tidak melakukan seleksi.

“Pengibar bendera diputuskan tahun ini tidak ada Paskibraka. Jadi dipilih dari Paskibraka 2019. Jadi sudah ada datanya di Gartap (Garnisun Tetap) seperti yang disampaikan Mensesneg dan Kasetpres,” kata Bey, Minggu kemarin (12/7/2020).

Ketiadaan seleksi Paskibraka 2020 disebabkan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 akan dilakukan dengan jumlah seminimal mungkin dan menerapkan protokol kesehatan.

“Tahun ini hanya ada delapan pengibar, yaitu setiap penaikan dan penurunan, tiga orang. Dua laki-laki, satu perempuan. Jadi total yang disiapkan total lima laki-laki, tiga perempuan,” papar Bey.

Bukan hanya pasukan pengibar bendera, minimalisasi juga terjadi pada peserta upacara.

Menurut Bey, peserta upacara hanya terdiri dari unsur TNI dan Polri berjumlah 20 orang. Masing-masing angkatan mengirimkan lima orang wakil.

  • 1
    Share