Teks Iklan: Pengertian dan Fungsi sebagai Sebuah Media

Pengertian teks iklan

Teks iklan merupakan media komunikasi yang biasanya dapat dilihat di berbagai tempat misalnya koran, situs berita, televisi, hingga tayangan streaming video kesayanganmu.

Pengertian iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi seperti barang, jasa, produk jadi, bahkan ide yang disampaikan melalui suatu media dengan biaya sponsor dan ditunjukan supaya dilihat masyarakat.

Ada beragam bentuk iklan yang hadir di sekitar kita, mulai dari iklan teks yang dimuat di surat kabar, iklan visual berisi gambar menarik yang dimuat di reklame, iklan audio yang ada di radio, hingga iklan audio visual yang ditayangkan oleh televisi.

Dengan berkembangnya zaman juga muncul media iklan baru seperti iklan video di layanan streaming dan website, iklan melalui jejaring sosial dan perpesanan (termasuk email, sms, dan direct message), serta melalui push notification.

Iklan-iklan tersebut dapat dipakai untuk mengiklankan layanan masyarakat, iklan niaga, maupun iklan pendidikan. Biaya yang dikeluarkan tentu bervariasi sebab tergantung dengan jangkauan, dimensi iklan, dan durasi iklan berjalan.

Struktur Teks Iklan

Sudah diketahui banyak orang bahwa sebuah teks iklan dibuat semenarik mungkin agar orang yang melihatnya menjadi tertarik. Hal itu dilakukan agar terjadi sebuah interaksi lalu penjualan produk yang ditawarkan. Selain itu, iklan terkadang dibuat untuk mengenalkan produk baru atau agar brand tetap dikenal masyarakat.

Agar lebih mudah menyusun kalimat untuk sebuah iklan, ketahui tiga struktur dalam teks iklan yaitu:

  • Orientasi
    Bagian ini berisi judul (biasanya nama produk) yang biasanya terletak di atas atau awal teks
  • Tubuh Iklan
    Tubuh iklan adalah inti dari teks iklan. Bagian inti iklan dibuat dengan kalimat dan gambar yang menarik agar mendapat perhatian lebih saat iklan ditayangkan
  • Justifikasi
    Justifikasi iklan adalah penjelasan cara mendapatkan produk dan lokasi penjualan. Biasanya dicantumkan nomor telepon, akun media sosial, website, alamat e-mail, maupun alamat toko fisik

Ciri-Ciri Teks Iklan

Keberhasilan sebuah kampanye iklan dapat dilihat dari beberapa metrik yang ada. Iklan sendiri memiliki beberapa ciri-ciri dalam penyampaiannya ke publik. Ciri tersebut antara lain:

  • Menggunakan kalimat persuasif
  • Memakai kalimat slogan
  • Memakai subjek orang pertama
  • Terdapat media yang menarik

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Teks iklan juga memiliki kaidah kebahasaan khusus yang membedakannya dari jenis teks yang lain. Di antaranya:

  • Ada kalimat persuasif yang berfungsi untuk membujuk dan meyakinkan pembaca agar menerima suatu gagasan. Tujuannya untuk mempengaruhi calon pembeli sehingga melakukan aksi yang diinginkan pengiklan.
  • Ada kalimat imperatif berupa perintah, saran, atau instruksi. Tujuannya mengarahkan calon konsumen untuk melakukan aksi.
  • Memakai subjek orang pertama. Kata ganti ini mengacu kepada pembaca atau pengguna, misalnya “kami, saya, atau aku”.
  • Memiliki daya tarik sebab teks iklan memakai teks sederhana, mudah diingat, dan dipahami. Misalnya memakai slogan yang terdiri dari 4-5 kata simpel dan kreatif.
  • Ada kalimat informasi yang menyampaikan keunggulan suatu produk dibandingkan produk yang lain.
  • Ada sajian non verbal, berupa gambar maupun audio yang unik dan menarik agar calon konsumen mengingatnya. Semakin unik, tentu semakin membekas di ingatan calon pembeli.
  • Memuat fakta dan opini terkait produk, misalnya identitas produk, komposisi, hingga kegunaan. Sedangkan opini adalah pernyataan subjektif untuk menarik minat calon konsumen yang didukung dengan fakta pada produk yang ditawarkan.
Tutup
Tutup