Contoh Makalah tentang Digital Marketing Terbaru

Contoh makalah tentang digital marketing

Berikut adalah contoh makalah business plan tentang digital marketing yang bisa kamu jadikan referensi lengkap mengerjakan tugas laporan.

Bab I – Pendahuluan

A. Latar Belakang

Pesatnya perkembangan zaman mempermudah kita memulai bisnis secara online. Cukup daftar ke salah satu layanan, maka kita bisa menjajakan apa yang kita punya pada masyarakat umum.

Masalahnya adalah semua orang berpikir bahwa sekali mulai bisnis online pasti akan langsung berhasil. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis online juga perlu strategi.

Banyak strategi yang bisa diterapkan ketika berbisnis online diadaptasi dari bisnis konvensional, salah satunya adalah digital marketing. Akan tetapi, tidak semua orang mampu mempelajari ini dengan cepat.

Dari uraian di atas maka bisnis agensi digital marketing karena sebagian besar pengusaha online membutuhkan marketing yang andal untuk memasarkan produk dan jasa mereka di internet. Hulunya memang satu yaitu closing, namun banyak proses yang mesti dilakukan agar mendapatkan untung, mulai dari manajemen media sosial hingga manajemen website. Pengelolaan aset digital yang tepat akan menjadi investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Dengan alasan itulah, kami berniat untuk merintis usaha digital marketing, dan usaha tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama yaitu Digital Asetindo.

B. Rumusan Masalah

  • Bagaimana caranya untuk membuka usaha digital marketing yang baik agar bisa meminimalisir kerugian?
  • Bagaimana caranya mengantisipasi persaingan usaha yang semakin ketat sekarang ini?
  • Apa langkah yang harus dilakukan agar bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis digital marketing?

C. Profil Organisasi

Nama usahaDigital Asetindo
Jenis usahaDigital Marketing
AlamatJalan Mawar Putih, Madiun
PemilikTatang Hidayah

D. Visi, Misi, dan Tujuan

1. Visi

Menciptakan sebuah bisnis yang mampu membantu perekonomian masyarakat.

2. Misi

  • Memberikan hasil terbaik bagi client yang percaya pada kami.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik di bidang digital marketing.

3. Tujuan Usaha

  • Memperoleh keuntungan yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Menambah pengalaman dan pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
  • Mewujudkan kemantapan dan kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu diandalkan.

E. Manfaat Berbisnis

1. Manfaat Finansial

Usaha digital marketing ini cukup menjanjikan karena meski menantang hasil keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan hasil terbaik bagi konsumen sesuai kontrak kerja. Kualitas pelayanan kami selalu dijaga dan berkelanjutan.

2. Bagi Pemilik

Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang. Usaha digital marketing ini cukup menjanjikan bagi kami karena masih belum banyak jasa digital marketing yang terpercaya di Indonesia, sehingga kami dapat masuk ke pasar.

3. Bagi Masyarakat

Dengan adanya jasa digital marketing ini, dapat menjadi alternatif bagi pengusaha untuk memenuhi kebutuhan pemasaran online mereka. Selain itu, kami akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena jika usaha ini bisa berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.

Bab II – Strategi Bisnis

A. Jasa

Jasa yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada masyarakat adalah digital marketing dengan perincian sebagai berikut namun tidak terbatas pada:

  • Manajemen media sosial
    • Tiktok
    • Instagram
    • Facebook
    • Twitter
    • Pinterest
    • YouTube
  • Manajemen website
    • Manajemen konten
    • SEO
  • Copywriting
  • Desain grafis
  • Videografi

Dengan berbagai macam layanan tersebut maka kami memberikan pilihan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Jasa yang kami berikan menggunakan cara-cara yang sah secara hukum dan tidak menciderai brand. Sehingga dapat berkelanjutan dan ditingkatkan seiring waktu.

B. Rencana Usaha

Perencanaan usaha yang akan kami jalankan kurang lebihnya dijabarkan di bawah ini.

1. Rencana Jangka Pendek

Usaha bisnis digital marketing yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja pada sektor usaha bisnis di kalangan sesama mahasiswa maupun umum. Selain dapat meningkatkan kreativitas, bisnis ini juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan untuk mencukupi biaya kebutuhan sehari-hari.

2. Rencana Jangka Menengah

Usaha yang kami rintis ini akan kami kembangkan dengan sepenuh hati demi mewujudkan impian kami bersama yaitu menjadi pengusaha muda yang sukses. Strategi memahami kebutuhan pasar dan client menjadi kunci awal untuk keberlangsungan usaha kami. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi terutama dan pertama, karena tanpa pelanggan tentu usaha ini tidak berkelanjutan. Tidak lupa pula kami rajin mempromosikan usaha kami dari mulut ke mulut dan iklan online.

3. Rencana Jangka Panjang

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan terus mempertahankan dan meningkatkan standar usaha kami ini agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan mitra kami. Tidak lupa pula kami mulai menguatkan jaringan dengan merekrut talenta-talenta muda terbaik agar terus selaras dengan perkembangan media online.

C. Analisis Pasar

Analisis pasar dan pemasaran usaha digital marketing kami yaitu:

1. Target Penjualan

Karena usaha ini berupa usaha online, kami tidak terlalu perlu untuk menyewa tempat di awal untuk menghemat anggaran sehingga kami memutuskan tempat usaha kami berkantor di rumah saja. Tempat tersebut cukup untuk keperluan dasar kami yang baru membutuhkan listrik dan meja untuk beroperasi.

2. Sasaran Konsumen

Dalam menjalankan usaha ini, kami menyasar kalangan pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan jasa digital marketing. Kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk menyewa jasa kami, karena harga yang kami tawarkan tidak mahal bagi mereka. Harga jasa yang kami tawarkan mulai dari Rp500.000,00/kampanye.

D. Strategi Pemasaran

Karena kami akan membuka sebuah jasa digital marketing, maka media pemasaran utama yang kami pilih adalah promosi secara online. Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan antara lain ialah:

1. Website

Website merupakan sebuah aset digital yang sangat powerful. Kami dapat menggunakan website hampir semua aktivitas online kami di internet. Dengan website kami yang baik, client dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Melihat daftar penawaran beserta harganya
  • Menyewa jasa yang kami tawarkan
  • Melihat perkembangan kampanye mereka secara berkelanjutan

Selain itu, website dapat kami gunakan untuk mempromosikan layanan-layanan kami di internet entah menggunakan SEO, SEM, SMO, maupun SMM (akan kami jelaskan pada poin selanjutnya).

2. Daftar Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku adalah sebuah layanan berbasis internet yang ditawarkan Google untuk para pemilik usaha. Layanan ini dibuat untuk membantu pengusaha mengendalikan apa yang ditemukan pengguna ketika mencari nama perusahaan di penelusuran Google.

Google Bisnisku memungkinkan pengusaha untuk mengedit informasi seperti jam buka, alamat usaha yang ditampilkan dalam Google Maps, nomor telepon, alamat website, foto yang berkaitan dengan perusahaan, serta sebuah tombol call-to-action sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu, ada fitur ulasan yang dapat diisi oleh pengguna.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah sebuah cara promosi secara organik dengan mengoptimasi website agar bisa tampil di halaman pencarian pada kata kunci tertentu. Harapan akhirnya adalah mendatangkan traffic menuju website yang telah kami buat lalu menyewa jasa kami.

4. SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah istilah yang merujuk pada SEO yang tidak organik, biasanya dengan cara memasang iklan agar dapat muncul di halaman pencarian sesuai kata kunci yang diinginkan dalam waktu relatif lebih cepat daripada SEO.

5. SMO (Social Media Optimization)

SMO adalah cara promosi di media sosial secara organik. Tujuan akhirnya tetap sama yaitu mencapai konversi melalui website yang telah kami siapkan. SMO berkutat pada produksi konten menarik dan memperbesar follower agar menambah pembeli potensial di media sosial.

Media sosial yang akan kami gunakan adalah sebagai berikut:

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram
  • TikTok

6. SMM (Social Media Marketing)

Ini adalah SMO versi berbayar yang bisa dipakai untuk memasarkan sebuah konten. Dengan SMM, kami dapat memperluas jangkauan konten kami di media sosial tempat kami beriklan untuk memperbanyak pembeli potensial kami.

Bab III – Analisa Operasional

A. Rencana Pelayanan

Adapun rencana pelayanan yang dijalankan adalah menjaga kualitas pelayanan dan hasil terbaik. Kualitas yang akan kami berikan adalah kualitas terbaik, dengan terus menjaga dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan mesin pencari dan media sosial tempat kami mencari traffic.

B. Analisa Pendukung Bisnis

Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen-elemen yang terkait di dalamnya. Adapun elemen-elemen yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:

1. Perusahaan Hosting dan Domain

Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, kami memilih untuk berkerja sama dengan perusahaan hosting dan domain terbaik. Perusahaan yang baik tentu memiliki kualitas pelayanan yang sejalan dengan visi dan misi kami.

2. Pelaku Bisnis

Kami memerlukan sekelompok orang dengan keahlian khusus sesuai bidang yang dibutuhkan. Kami tidak terlalu memandang latar belakang pendidikan agar perusahaan dapat berkembang. Kami lebih memerlukan orang yang sopan, sabar, tekun, dan mau belajar terus menerus.

3. Pemilik Bisnis Lainnya

Kami memiliki hubungan baik dengan pemilik bisnis lainnya, karena apabila kami tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kami tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, dengan mempunyai hubungan baik dengan pemilik bisnis lain, tentu memudahkan kami bertukar informasi tentang perkembangan mesin pencari dan media sosial.

Bab IV – Analisa Keuangan

A. Harga

Produk yang kami tawarkan memiliki harga yang relatif murah. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:

LayananHarga
Manajemen media sosial
TwitterRp1750.000/akun/bulan
YouTubeRp2500.000/akun/bulan
PinterestRp1500.000/akun/bulan
FacebookRp2000.000/akun/bulan
InstagramRp2000.000/akun/bulan
TikTokRp2500.000/akun/bulan
Manajemen website
Manajemen kontenRp2000.000/40 konten/bulan
SEORp3000.000/website/bulan
CopywritingRp500.000/10 copy
Desain grafisRp500.000/10 desain
VideografiRp2000.000/project

B. Modal Awal

Bagi pelaku usaha, penting untuk memperhitungkan modal awal yang akan digunakan untuk memulai kegiatan bisnis karena modal adalah salah satu aspek penting dalam memulai bisnis. Adapun modal awal bisnis digital marketing sebagai berikut:

Instalasi listrik: Rp300.000
Meja 5 buah: Rp200.000/buah
Kursi 5 buah: Rp100.000/buah
Laptop 5 unit: Rp3000.000/unit

Jadi total untuk modal awal kebutuhan memulai usaha ini adalah Rp16.800.000.

C. Rencana Pendapatan

Adapun gambaran pendapatan yang akan kami terima adalah sebagai berikut. Untuk target penjualan per bulan adalah 5 kali sewa manajemen media sosial, 5 kali sewa manajemen website, 20 kali sewa jasa copywriter, 20 kali sewa jasa desain grafis, atau 5 kali sewa jasa videografi.

Target pendapatan kotor tiap bulan adalah minimal Rp10.000.000 per bulan. Angka tersebut diharapkan dapat tercapai agar dapat membayar biaya listrik dan pembagian keuntungan secara adil bagi 5 orang.

Bab V – Analisa Metode

A. Analisa Proses

Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktivitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha digital marketing. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha kami.

B. Analisa Penyedia Layanan

Dalam digital marketing, penyedia layanan hosting dan domain berperan sangat vital dalam aktivitas digital. Jika server kerap down tentu akan memperlambat gerak usaha kami di internet.

C. Analisa Finish Good

Jasa digital marketing yang kami berikan menawarkan hasil yang positif bagi perkembangan nilai aset digital perusahaan di internet. Aset digital itu akan terus dirawat agar terus menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

D. Analisa Masyarakat

Eksperimen demi eksperimen kami lakukan demi memberikan hasil terbaik bagi client kami. Hasil terbaik yang dimaksud adalah peningkatan konversi secara online melalui corong-corong aset digital mereka.

E. Pembagian Hasil Kerja

Digital Asetindo merupakan usaha bersama kami yang dirintis menggunakan uang patungan ditambah pinjaman dari orang tua salah seorang teman sebagai modal awal maka dari itu keuntungan yang kami dapatkan dibagi rata dan akan mengembalikan pinjaman secara teratur.

Bab VI – Penutup

A. Kesimpulan

Demikian makalah yang dapat kami buat. Pada intinya bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang memiliki kata dasar busy yang berarti “sibuk” dengan artian sibuk mengerjakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan. Bisnis dibangun dengan tujuan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Dari analisis di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis tidak mudah. Pebisnis harus memahami komponen-komponen yang berada dalam ranah bisnis agar dapat meminimalisir kerugian.

B. Saran

Adapun saran yang penulis berikan kepada pembaca, di antaranya:

  • Para pembaca dapat lebih memahami dan memaknai pentingnya belajar berbisnis.
  • Bagi generasi muda, khususnya mahasiswa mulailah berbisnis dari kecil dan secara tekun.
  • Dalam melakukan atau menjalankan bisnis, pemula dapat bertanya materi bisnis kepada pebisnis yang sudah sukses di bidangnya.

Jika tertarik, buka juga Contoh Makalah Business Plan Pisang Karamel.

Selengkapnya