SemutAspal

TikTok Shop Indonesia: Cara Daftar dan Fitur

Asia vlogger woman influencer, SME retail store owner smile enjoy selling show live sale
TikTok Shop Indonesia

Pada bulan September 2021, TikTok memperkenalkan sebuah fitur inovatif yang mempermudah pengguna dalam berbelanja langsung dari merek atau toko favorit mereka, yang dikenal dengan nama TikTok Shop.

Namun, kehadiran TikTok Shop di Indonesia sempat terhenti pada tanggal 4 Oktober 2023. Berita baiknya adalah bahwa pada tanggal 12 Desember 2023, platform TikTok Shop kembali aktif, mengizinkan pedagang dan pembeli untuk kembali melakukan transaksi belanja mereka.

Peristiwa ini terjadi berkat terwujudnya sebuah kemitraan yang signifikan antara Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia. Pengumuman resmi mengenai kemitraan ini dilakukan pada tanggal 11 Desember 2023, membawa harapan baru bagi komunitas belanja online di Indonesia.

Namun, apakah kamu telah memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai semua aspek yang ditawarkan oleh platform belanja yang menarik ini?

Apa Itu TikTok Shop?

Walaupun TikTok Shop telah resmi ditutup, tidak ada salahnya bagimu untuk menjelajahi sedikit informasi mengenai platform e-commerce ini yang dimiliki oleh TikTok.

Dilaporkan oleh Hootsuite, TikTok Shop merupakan sebuah fitur social commerce yang memberikan kesempatan bagi pengguna dan kreator untuk mempromosikan dan menjual produk mereka langsung melalui platform TikTok.

Fitur ini khususnya tersedia untuk pengguna TikTok yang memiliki akun bisnis. Sejak bulan September 2021, fitur ini telah diperluas untuk mencakup pengguna akun bisnis di berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, serta Indonesia.

Inisiatif belanja ini diperkenalkan oleh TikTok sebagai tanggapan terhadap peningkatan signifikan dalam penjualan produk yang terjadi setelah merek-merek melakukan promosi melalui platform media sosial tersebut.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Adweek-Morning Consult yang dirangkum oleh Deseret News, sebanyak 49% dari pengguna TikTok mengaku tertarik untuk membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di TikTok.

Syarat Mendaftar TikTok Shop

Sebelum memulai proses pendaftaran sebagai penjual di TikTok Shop, terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi dengan seksama.

Persyaratan ini dirancang untuk memastikan bahwa penjual memiliki kualifikasi yang memadai untuk menjalankan bisnisnya di platform ini. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  1. Usia Minimum 18 Tahun: Sebagai langkah pertama, penjual diharuskan untuk memiliki usia minimal 18 tahun. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa penjual memiliki kematangan dan tanggung jawab yang cukup dalam menjalankan bisnis online.
  2. Tidak Menggunakan TikTok Lite: Platform TikTok Lite tidak termasuk dalam kategori yang diperbolehkan untuk mendaftar sebagai penjual di TikTok Shop. Ini mengindikasikan bahwa pengguna harus menggunakan versi penuh dari aplikasi TikTok untuk memenuhi syarat sebagai penjual.
  3. Jumlah Followers Minimal 2.000: Salah satu indikator penting dari kelayakan seorang penjual adalah jumlah pengikut (followers) di akun TikTok mereka. Untuk mendaftar sebagai penjual di TikTok Shop, penjual harus memiliki setidaknya 2.000 pengikut di akun mereka. Jumlah pengikut yang signifikan menunjukkan potensi untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan eksposur produk.
  4. Jumlah 50 Video Views dalam 28 Hari Terakhir: Selain memiliki jumlah pengikut yang cukup, penjual juga diharuskan memiliki interaksi yang aktif dengan konten mereka. Salah satu metrik yang digunakan untuk mengevaluasi hal ini adalah jumlah tampilan video dalam rentang waktu 28 hari terakhir. Seorang penjual harus memiliki minimal 50 tampilan video dalam periode ini, menunjukkan bahwa konten mereka menarik minat dan perhatian pengguna TikTok.

Dengan memenuhi semua persyaratan ini, penjual dapat memastikan bahwa mereka memiliki fondasi yang kokoh untuk memulai bisnis mereka di TikTok Shop. Hal ini juga memastikan bahwa penggunaan platform ini dapat memberikan hasil yang optimal dalam hal eksposur dan penjualan produk.

Cara Daftar TikTok Shop

Setelah memastikan bahwa segala persyaratan telah terpenuhi, kamu dapat memulai proses pendaftaran sebagai TikTok Seller dengan mengikuti serangkaian langkah praktis berikut ini:

  1. Buka aplikasi TikTok yang telah terpasang di perangkatmu.
  2. Akses menu “Profile” untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  3. Temukan dan klik ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas layar.
  4. Selanjutnya, pilih opsi “Creator Tools” dari daftar menu yang tersedia.
  5. Pilihlah menu “Monetization” dan lanjutkan dengan mengklik opsi “OK” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Proses berikutnya adalah mengajukan permohonan untuk menjadi TikTok Shop Seller dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  7. TikTok akan melakukan proses verifikasi terhadap permohonanmu dan ketika dinyatakan berhasil, akunmu akan diberi patch khusus TikTok Shop, menandakan bahwa kamu telah resmi menjadi bagian dari komunitas penjual di platform ini.

Cara Memasukkan Barang Dagangan

Setelah berhasil membuat akun TikTok Shop Seller, kamu dapat segera mulai menambahkan berbagai barang dagangan yang ingin dijual. Jika belum familiar dengan langkah-langkahnya, berikut adalah panduannya:

  1. Buka aplikasi TikTok Shop Seller dan masuk ke akun yang telah diverifikasi.
  2. Isi data toko dan nomor kontak yang dapat dihubungi.
  3. Lanjutkan dengan mengisi beberapa data persyaratan seperti nomor KTP, dan tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh TikTok.
  4. Setelah akun diverifikasi, klik “Start” dan pilih opsi “Add Product”.
  5. Tambahkan foto dan deskripsi yang menarik untuk setiap produk dagangan yang ingin dijual.
  6. Terakhir, pilih rekening yang akan dihubungkan ke TikTok Shop untuk transaksi penjualan barang daganganmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu sudah siap untuk memulai menjual produk melalui TikTok Shop dengan lebih efisien dan efektif.

Tips Jualan agar Cepat Laku

Di bawah ini tersaji sejumlah strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan secara efektif melalui platform TikTok ecommerce, sehingga produkmu dapat dengan cepat diperoleh oleh pelanggan potensial.

1. Optimalkan Katalog Produk

Pada akun TikTokmu, bagian Tab Tiktok Shop bukanlah sekadar sebuah tab biasa, melainkan sebuah etalase virtual yang memainkan peran penting dalam menarik perhatian pelanggan potensial. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan tab tersebut agar memiliki daya tarik yang kuat.

Ketika kamu menambahkan gambar produk, penting untuk memberikan fokus pada kualitas dan gaya. Gambar-gambar ini tidak hanya sekadar representasi visual dari produk, tetapi juga merupakan penanda yang kuat untuk identitas merekmu di TikTok dan platform pemasaran lainnya.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan nama produk yang dipilih. Pastikan nama produkmu sesuai dengan batasan karakter yang ditetapkan, maksimal 34 karakter, dan menyertakan informasi dasar yang relevan tentang produk tersebut.

Untuk lebih memperkaya pengalaman belanja, jangan ragu untuk memberikan penjelasan yang lebih detail tentang produk di bagian deskripsi. Deskripsi yang lebih panjang dan informatif akan membantu pelanggan memahami secara lebih mendalam tentang keunggulan dan manfaat produk yang ditawarkan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak perlu menyertakan link apapun dalam deskripsi produk karena link tersebut tidak dapat diklik di TikTok. Oleh karena itu, fokuslah pada penulisan deskripsi yang memikat tanpa perlu mengarahkan pelanggan ke luar platform.

2. Beri Tahu Audiens

Setelah berhasil masuk ke TikTok Shop, jangan hanya berdiam diri dan berharap audiens akan secara spontan menemukan tab belanja di profilmu. Sebaliknya, aktiflah dalam menciptakan konten-konten khusus di TikTok yang secara langsung mengarahkan pengikutmu untuk berbelanja di akunmu.

Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memaksimalkan potensi platform ini sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan dan keterlibatan pengguna dengan produk-produk yang kamu tawarkan.

3. Promosikan Produk

Meskipun fokus utamamu mungkin bukanlah untuk mengonversi penonton menjadi pembeli di TikTok, jangan sampai terlewatkan untuk memanfaatkan peluang mempromosikan katalog produkmu setelah berhasil membangun TikTok Shop milikmu.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk secara aktif menyebutkan produk-produkmu melalui konten yang kamu bagikan di platform ini secara berkala. Tetapi jangan hentikan kreativitasmu di sini.

Tetaplah terbuka untuk bereksperimen dengan berbagai pendekatan. Tidak perlu merasa terbebani untuk menghadirkan materi promosi yang kaku dan membosankan.

Sesuaikan konten promosi dengan nuansa humor atau kreativitas yang relevan. Ini akan membuat audiens kamu terhibur sambil tetap tertarik pada produk-produk yang kamu tawarkan.

4. Ajak Kerja Sama Influencer

Jika tidak memahami tren terkini, subkultur yang sedang berkembang, dan gaya humor yang populer di platform TikTok, serahkan kepada individu yang telah memiliki pengalaman yang kuat dalam hal tersebut, seperti para influencer yang telah mapan.

Kerja sama dengan influencer TikTok bukan hanya sekadar strategi yang tepat untuk memperluas jangkauan audiens kamu, tetapi juga merupakan langkah yang cerdas dalam memanfaatkan potensi penuh dari platform tersebut.

Selain itu, pastikan kamu mengidentifikasi dan menggandeng influencer yang tidak hanya menguasai dengan baik seluk-beluk TikTok, tetapi juga sesuai dengan nilai-nilai dan citra merekmu.

Hal ini akan memastikan bahwa kolaborasimu memberikan hasil yang optimal dan menyelaraskan citra merek dengan target audiens yang tepat.

Iklan untuk TikTok Shop

Ada beragam jenis iklan yang bisa dimanfaatkan di TikTok Shop Indonesia. Berikut adalah jenis jenis iklan tersebut yang bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis TikTok:

1. Collection Ads

Collection ads merupakan salah satu jenis iklan yang ditawarkan oleh TikTok Shop yang memperbolehkan merek untuk memperlihatkan serangkaian slide produk yang bisa digeser dalam format video in-feednya.

Setiap slide dalam koleksi ini bisa menampilkan beragam produk yang berbeda yang tersedia untuk dibeli. Saat pengguna mengklik slide tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman galeri khusus di mana mereka dapat menjelajahi lebih lanjut produk dan bahkan melakukan pembelian langsung.

Selain sebagai alat untuk meningkatkan brand awareness, jenis iklan ini efektif mengalihkan lalu lintas pengguna langsung ke website. Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk mendukung penawaran khusus seperti penjualan waktu terbatas, promosi musiman, serta peluncuran produk terbaru.

Sebuah studi kasus yang dilaporkan oleh Tech Crunch mencatat bahwa seorang merek mengalami peningkatan pesanan hingga enam kali lipat dan meningkatnya kunjungan ke halaman produk sebanyak 50% setelah mengadopsi strategi iklan ini di platform TikTok.

2. Dynamic Showcase Ads (DSA)

Dynamic showcase ads (DSA) adalah salah satu inovasi terbaru dari TikTok Shop yang menawarkan keunggulan luar biasa bagi brand dalam mempromosikan portofolio produk mereka dengan lebih efektif.

Berbeda dengan iklan konvensional, DSA memungkinkan brand untuk menyajikan ribuan hingga jutaan produk secara visual melalui konten video yang disesuaikan dengan preferensi audiens.

Melalui teknologi canggih, DSA secara otomatis menghasilkan iklan video yang menargetkan audiens berdasarkan minat dan perilaku belanja mereka. Misalnya, iklan dapat disesuaikan untuk mencerminkan item yang telah ditambahkan ke keranjang belanja atau produk yang sering dilihat oleh pengguna.

Dengan demikian, DSA tidak hanya menciptakan pengalaman iklan yang lebih relevan tetapi juga meningkatkan kemungkinan konversi. Untuk mempermudah pemilik brand, TikTok telah menyediakan serangkaian template DSA yang dapat disesuaikan dengan mudah.

Template ini terdiri dari klip video singkat yang dilengkapi dengan musik serta teks yang menarik, memungkinkan brand untuk dengan cepat dan mudah membuat iklan yang menarik perhatian audiens.

Dengan demikian, DSA tidak hanya membuka pintu untuk kreativitas yang tak terbatas tetapi juga memberikan alat yang kuat bagi brand untuk meraih kesuksesan dalam kampanye pemasaran mereka di TikTok.

3. Lead Generation

Dalam dunia pemasaran digital yang terus berkembang, lead generation telah menjadi salah satu pilar utama dalam strategi iklan. Salah satu bentuk yang semakin populer adalah melalui iklan video in-feed di platform seperti TikTok.

Dengan memanfaatkan iklan ini, brand dapat dengan mudah mengumpulkan informasi berharga dari pengguna TikTok melalui formulir online yang terintegrasi secara langsung dengan konten video yang sedang mereka tonton.

Adapun keunggulan dari iklan TikTok Shop ini terletak pada kesiapan untuk mengakomodasi brand-brand dengan siklus penjualan yang lebih panjang, seperti yang sering terjadi dalam industri jasa.

Sebagai contoh, brand dapat mengajak pengguna TikTok untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar atau mengunduh aplikasi mereka, membuka pintu bagi peluang kolaborasi yang lebih dalam atau memperluas jangkauan konsumen mereka.

Dengan demikian, iklan video in-feed di TikTok bukan hanya sekadar alat untuk meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga menjadi sarana untuk membangun hubungan dengan target audiens, yang pada akhirnya dapat menghasilkan konversi yang signifikan dan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi brand.

Cara Belanja di TikTok Shop

Bagaimana jika tertarik untuk melakukan pembelian produk melalui platform TikTok? Jangan khawatir, prosesnya mirip dengan pengalaman berbelanja di aplikasi e-commerce terkenal lainnya. Di bawah ini, kami sajikan langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mulai berbelanja di TikTok Shop:

  1. Mulailah petualangan belanja online dengan membuka aplikasi TikTok yang telah terpasang di smartphone kesayanganmu.
  2. Eksplorasi beragam penawaran produk dari berbagai akun toko atau merchant yang menarik minatmu. Jelajahi lebih lanjut dengan memanfaatkan hashtag #tiktokshop untuk menyaring produk yang ingin kamu temukan.
  3. Setelah menemukan akun toko yang menarik, temukan ikon shop yang terletak strategis seperti yang ditunjukkan dalam lingkaran pada layar. Di sana, tersedia beragam produk yang ditawarkan oleh akun tersebut, siap untuk dieksplorasi.
  4. Pilihlah dengan hati-hati produk yang ingin kamu miliki dengan sekali ketukan pada produk yang diminati. Selanjutnya, kamu memiliki opsi untuk “Buy Now” jika ingin segera membeli, atau “Add to Cart” jika memiliki lebih dari satu item dalam daftar belanjaanmu.
  5. Lanjutkan dengan mengisi detail alamat pengiriman dan memilih metode pembayaran yang diinginkan pada bagian yang ditunjuk. Pastikan setiap informasi terisi dengan akurat untuk memastikan pengiriman yang lancar.
  6. Terakhir, konfirmasikan pembelianmu dengan menekan tombol “Place Order” untuk menyelesaikan transaksi dengan sukses.

Selanjutnya, toko akan melakukan verifikasi terhadap pesanan dan pembayaran yang telah dilakukan sebelum memasuki proses pengiriman barang ke alamat yang telah diberikan. Tahap ini menegaskan bahwa setiap langkah transaksi telah diselesaikan dengan teliti sebelum produk dikirimkan kepadamu.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal