Upacara Hari Kemerdekaan RI, Tugas Utama Paskibra

tugas utama paskibra

Paskibra itu punya tugas utama yang pasti bertugas menjadi petugas upacara bendera pada saat HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Saya rasa paskibra dari Sabang sampai Merauke paham betul akan tugas ini, akan tetapi di beberapa sekolah ternyata paskibra-nya “mati”.

Bagaimana jika terjadi seperti itu?

Ya mau tidak mau mereka harus mau menghidupkannya lagi. Entah itu faktor internal atau eksternal paskibra, upacara harus tetap terlaksana dan paskibralah yang bertugas.

Mungkin benar upacara adalah warisan pendudukan Jepang di Indonesia tapi cara ini berhasil memupuk rasa nasionalisme selama lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka.

Ini ada beberapa saran dari saya, jika paskibramu ada masalah mengenai:

Jumlah junior yang sedikit, coba baca cara mendapatkan junior banyak yang nantinya bisa diolah menjadi anggota paskibra yang tangguh.

Dilarang ada latihan sama sekolah, coba diskusikan dengan orang-orang terkait di sekolahmu bahwa upacara hari kemerdekaan itu perlu dan paskibra siap menjalankan tugasnya.

…saya yakin pasti di-iya-kan karena ini adalah tugas “negara”, ikuti semua instruksi dari sekolah yang dirasa masih “masuk” dan ketika upacara, upacaranya bisa sukses.

Masalah internal paskibramu, saran saya kalau di paskibramu sedang ada masalah internal diredam terlebih dahulu. Utamakan kepentingan bersama.

Daripada nanti paskibramu dapat masalah sama sekolah mending kamu melaksanakan upacara kemerdekaan terlebih dahulu.

Tidak menyelenggarakan tugas utama ini adalah sebuah tanda perlawanan dan itu tidak baik jika hanya untuk tujuan yang tidak perlu.

Kesimpulan

Saya di sini cuma memberitahukan kepada kamu bahwa upacara peringatan kemerdekaan itu perlu.

Jangan sampai tidak ada di sekolahmu, apapun masalahnya.

Tugas utama paskibra adalah melaksanakan pengibaran bendera pada saat upacara.

Jikalau ada pendapat, silakan berkomentar melalui kolom komentar di bawah. 😉

Terima kasih.

Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar