Alasan Tidak Ada Balik Kiri dalam Baris Berbaris

alasan tidak ada balik kiri

Sampai sekarang, masih banyak pebaris yang bergumam sendiri dalam hatinya,

Apa alasan tidak ada balik kiri?

Apakah kamu juga?

Sebenarnya saya juga, tapi masak iya saya yang sudah gedhe tidak tau alasannya balik kiri ditiadakan.

Hehehe..

Cerita saja, awalnya dulu saya berpikir bahwa aba-aba baris berbaris itu selalu ada pasangannya. Hadap kanan dan hadap kiri, belok kanan dan belok kiri, hormat kanan dan hormat kiri, dll.

…termasuk juga balik kanan.

Balik kanan pasti punya pasangan, yaitu balik kiri.

Tapi, ternyata tidak. Balik kiri tidak punya pasangan.

(Mungkin untuk variasi formasi ada deh. Hmm. Tapi seharusnya sih dihindari.)

Menurut penuturan beberapa orang, balik kiri tidak ada karena beberapa alasan berikut.

  1. Sudah ada balik kanan, sehingga tidak perlu balik kiri yang menuju arah hadap yang sama.
  2. Balik kiri susah untuk dilakukan.
  3. Di luar negeripun juga tidak ada balik kiri, adanya balik kanan karena kanan itu right. Dan right itu benar. (Cocoklogi hehe)

Heem. Menurutmu gimana, kok tidak ada balik kiri dalam pbb?

Mari kita berinteraksi melalui postingan kali ini.

  • 1
    Share

2 thoughts on “Alasan Tidak Ada Balik Kiri dalam Baris Berbaris”

  1. Anonim says:

    Jika gak ada balik kiri gak ada juga hadap kiri karna sudah ada hadap kanan,gak usah juga ada serong kiri karrna ada serong kanan,gak usah juga ada jormat kiri karna sudah ada hormat kanan…… alasan untuk menyatakan bahwa balik kiri gak ada menurut saya itu sudah gak waras….karena manusia diciptakan sempurna ada kiri dan kanan..

    1. semutbelang says:

      Hadap kiri dan hadap kanan itu beda arah dong. Kasusnya beda.
      Ibaratnya gini, kamu menghadap ke arah utara. Apakah sama arahnya jika kamu melakukan hadap kanan dan hadap kiri? Jelas berbeda. Kalau hadap kanan, kamu bakalan menghadap ke arah timur dan jika hadap kiri maka kamu akan menghadap ke arah barat. Sedangkan balik kanan dan balik kiri jika dilakukan, sama-sama menghadap ke arah selatan.

      Masih bingung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =