SemutAspal

Cara Membuat Variasi PBB yang Bagus

Selama ini, banyak pelatih sukses membuat variasi formasi terbaik dengan dua cara:

  1. Mereka melihat dan menjiplak variasi formasi lain yang telah berhasil sebelumnya.
  2. Mereka membuatnya lalu menerapkan pemikirannya sendiri.

Lalu bagaimana dengan dirimu? Hey! Gulirlah halaman ini ke bawah. Saya akan membagikan aset terbaik untukmu secara gratis.

Cara Membuat Variasi PBB

Cara membuat variasi PBB
Cara membuat variasi paskibra

1. Waktu Pertunjukan

Pertama-tama, penting untuk mengetahui durasi pertunjukan paskibra yang akan kamu jalani. Hal ini menjadi kunci dalam merencanakan variasi gerakan yang akan dipersembahkan.

Dengan mengetahui durasi pertunjukan, kamu dapat dengan lebih akurat mengestimasi jumlah gerakan yang akan dimasukkan dalam penampilan tersebut.

Selain itu, jika memungkinkan, sangat berguna untuk mengetahui jam berapa paskibramu akan tampil. Informasi ini dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan jenis gerakan yang akan diterapkan.

Sebagai contoh:

Penampilan paskibramu berlangsung pada pagi hari, ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menyisipkan gerakan dan pesan semangat dalam variasi gerakan PBB yang telah kamu persiapkan.

Di sisi lain, jika penampilan paskibramu dijadwalkan pada malam hari, kamu dapat mempertimbangkan untuk menghadirkan gerakan yang menarik dari berbagai sudut agar penonton tetap terjaga dan antusias.

2. Tema Acara dan Penyelenggara

Perhatikan dengan seksama tema acara yang akan diadakan. Selain itu, penting untuk menentukan jumlah anggota tim yang akan berpartisipasi, baik itu 8 orang, 9 orang, 10 orang, 13 orang, 15 orang, maupun 18 orang.

Sertakan gerakan dan frasa yang mencerminkan tema yang telah ditetapkan, sesuai dengan jumlah anggota yang telah diatur sebelumnya.

Tindakan ini akan memberikan nilai tambah pada acara tersebut. Dan jika memungkinkan, berikan penghargaan pada panitia dengan menyebutkan namanya.

Sebagai ilustrasi:

Mari imajinasikan bersama sebuah acara demonstrasi ekstrakurikuler yang digelar di SMAN 1 Surakarta. Kegiatan ini dipersembahkan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Surakarta.

Tema yang telah mereka pilih untuk acara ini yaitu “Menginspirasi Generasi Muda Menuju Kreativitas dan Inovasi yang Tinggi”. Selama peristiwa ini, kita bisa merasakan semangat dan teriakan penuh semangat yang mendukung tema tersebut dalam berbagai variasi yang mengasyikkan.

  • Inspirasi generasi muda, inovasi yang kreatif
  • OSIS Smansa
  • Keren! (Cekrek)

3. Tenggat Waktu

Tenggat waktu yang perlu dipertimbangkan yaitu berapa lama yang dapat kamu alokasikan untuk mengajarkan berbagai gerakan variasi. Hindari memaksa pasukan untuk memahami rangkaian variasi PBB yang kompleks jika kamu memiliki keterbatasan waktu.

Sebaliknya, disarankan untuk menggunakan gerakan sederhana yang tetap memiliki nilai estetika untuk dipertunjukkan sebagai variasi PBB. Gunakan 1 sampai 2 hari awal untuk merencanakan gerakan variasi yang sesuai.

Setelah itu, lakukan pembelajaran secara bertahap kepada pasukanmu. Tidak perlu mengajarkan seluruh rangkaian variasi dalam satu waktu, karena hal itu dapat membingungkan.

Pisahkan variasi tersebut menjadi beberapa sesi. Pendekatan ini tidak hanya mempermudah kamu dalam merancang variasi, tetapi juga membantu pasukanmu untuk lebih memahami setiap gerakan variasi.

4. Ikon Variasi PBB Pangkalan

Jika paskibramu telah lama berdiri, baik itu di level SMP, SMA, atau SMK, akan bermanfaat untuk berkonsultasi dengan senior-seniormu mengenai kemungkinan peningkatan dalam variasi PBB.

Sangat penting untuk melakukan ini dengan sikap terbuka dan menghormati kontribusi yang telah diberikan oleh mereka dalam pembentukan paskibramu.

Jika kamu memiliki perbedaan pandangan mengenai variasi tersebut, sebaiknya simpan pandanganmu hingga acara selesai. Ini memberikan kesempatan untuk mengevaluasi apakah perubahan tersebut diperlukan atau tidak.

Jika ternyata perubahan tersebut diperlukan, maka saat itulah kamu dapat mengajukan pandanganmu dengan hormat kepada senior-seniormu. Bicarakan dengan jujur bahwa mungkin ada perluasan atau penyegaran yang diperlukan dalam variasi tersebut.

Sampaikan saran-saran baru, seperti penggunaan kipas, tongkat, atau bendera, dengan pakaian atau seragam yang baru, sesuai dengan ide-ide yang kamu miliki.

Yang terpenting adalah cara kamu menyampaikan ide tersebut dengan baik dan menghormati pengalaman senior-seniormu. Dengan pendekatan yang baik, mereka akan lebih terbuka untuk memahami dan menerima ide-ide yang kamu tawarkan.

5. Kerangka Variasi PBB

Setelah mengamati berbagai variasi, saya menyadari bahwa kerangka dasar variasi hampir seragam di setiap kontingen. Ini terjadi karena terdapat sedikit variasi dalam formasi yang tersedia, hanya ada tiga jenis varfor yang tersedia. Dengan demikian, berikut adalah pola dasar dan kerangka variasi PBB:

  1. Pembukaan
  2. Perkenalan
  3. Variasi 1, variasi hormat, atau variasi di tempat selesai
  4. Gerak berjalan
  5. Variasi 2 atau variasi berjalan selesai
  6. Tampilkan gerakan tema
  7. Variasi 3 atau variasi formasi selesai
  8. Terima kasih
  9. Penutupan

Apakah itu wajib? Tidak sama sekali. Kamu memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan konsep variasi formasi paskibra tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Gerakan Baru

Dalam menciptakan variasi yang berhasil, penting untuk menjaga kreativitas dan unsur kejutan, terutama saat memulai variasi baru. Pembukaan variasi memainkan peran kunci dalam kesuksesannya.

Penting untuk menarik perhatian penonton sejak awal dengan gerakan yang menarik dan menghindari membuat mereka menunggu terlalu lama untuk melihat sesuatu yang menarik.

Meskipun tidak mungkin untuk menciptakan gerakan baru pada seluruh bagian variasi formasi, penting untuk strategis menempatkan gerakan baru sehingga variasi terasa segar dan unik.

Dalam hal ini, tidak hanya pembukaan yang penting untuk menjadi baru, tetapi juga seluruh aspek variasi harus mengandung elemen yang inovatif. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan bahwa kesan keseluruhan variasi tetap menarik dan tidak hanya sebatas pada bagian awal.

7. Gerakan Variasi PBB

Selanjutnya, penting untuk mencari gerakan yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Gerakan-gerakan ini dapat ditemukan di berbagai tempat, selama kamu memiliki kepekaan untuk mengidentifikasinya.

Sebagai ilustrasi, jika tema yang diangkat adalah “Menginspirasi Generasi Muda Menuju Kreativitas dan Inovasi yang Tinggi”, gerakan-gerakan variasi yang kamu pilih harus mampu mencerminkan semangat, kreativitas, dan inovasi dari generasi muda.

Meskipun mungkin memerlukan usaha ekstra untuk menemukan gerakan yang pas, langkah ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan variasi PBB.

8. Buat Gerakan Akhir

Gong dalam musik gamelan memiliki peran penting sebagai penutup bagi rangkaian nada. Dalam konteks ini, gong berfungsi sebagai puncak atau klimaks dari variasi musik tersebut.

Oleh karena itu, diperlukan penciptaan “penutup terbaik” yang dapat mengesankan penonton. Ini mencakup gerakan atau pose yang tak terduga pada awal variasi, tetapi masih berkaitan dengan tema keseluruhan.

9. Buat Gerakan-Gerakan

Setelah kamu mengumpulkan semua elemen tersebut, langkah selanjutnya adalah menggabungkan gerakan-gerakan tersebut menjadi satu rangkaian yang lengkap.

Kamu dapat mencatatnya, bisa juga cukup mengingatnya dalam pikiran. Jika kamu tidak dapat mengilustrasikan mereka secara visual, memberikan nama pada tiap rangkaian gerakan juga bisa membantu.

10. Berikan Teriakan-Teriakan

Setelah menyelesaikan semua gerakan, kamu dapat mempertimbangkan untuk menambahkan teriakan sesuai tema serta gerakan yang telah dipersiapkan. Penting untuk tidak hanya memikirkan panjang kata-kata, tetapi juga seberapa cocok mereka dengan gerakan yang sedang dilakukan.

Setelah menemukan kalimat yang cocok, kamu dapat mengajarkannya kepada tim atau pasukan dengan berbagai bentuk, seperti pantun, puisi, atau yel-yel.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai topik tersebut, disarankan untuk melanjutkan membaca dalam artikel yang mengulas berbagai variasi kata-kata dalam Paskibra. Kalau mau download video variasi PBB, banyak referensi yang bagus di YouTube, kamu bisa belajar dari sana.

Saatnya Beraksi!

Habis sudah asetku kubagikan. Sekarang, semuanya tergantung padamu, mau ambil opsi pertama atau kedua. Jadilah bijak. Tapi yang pasti, ketika kamu sudah melakukan 10 hal di atas, variasi yang kamu bikin sudah bagus dan keren.

Perkara menang atau kalah jika dipakai lomba PBB itu urusan terakhir. Yang terpenting kamu sudah buat variasi yang bagus dan berpotensi dikenal orang lain.

Segera rapatkan barisan dan berlatih. Seandainya kamu bingung dalam proses pembuatan variasi tersebut bisa memberikan komentar di bawah. Saya dengan senang hati akan menanggapi pernyataan dan pertanyaan kamu. Omong-omong, jangan lupa bagikan konten ini juga ya.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal