Pengertian Inovasi: Sesuatu yang Harus Terus Dilakukan

Pengertian inovasi

Kata orang, inovasi itu mahal harganya. Butuh dana yang sangat banyak hanya untuk mewujudkan sebuah inovasi yang revolusioner dan digunakan banyak orang di seluruh dunia. Tak ayal, orang inovatif dianggap akan selalu bertahan melawan jaman.

Pengertian Inovasi secara Umum

Pengertian inovasi atau reka baru (innovation) adalah proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem baru yang memberikan nilai berarti secara signifikan terutama dalam ekonomi dan sosial.

Orang yang melakukan inovasi disebut sebagai inovator. Biasanya, beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan tergantung konteksnya:

  • Bagi suatu perusahaan, agen, atau aktor
  • Untuk pasar
  • Bagi suatu negara negara
  • Untuk suatu daerah
  • Baru di seluruh dunia

Reka baru dalam ilmu lingusitik adalah fenomena munculnya kata-kata baru yang bukan kata-kata warisan. Reka baru berbeda dengan neologisme, sebab bersifat ‘tidak sengaja’. Menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan.

Pengertian Inovasi menurut Para Ahli

Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan kegiatan yang tidak bisa menghasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif. Proses tersebut meliputi banyak proses pengambilan keputusan mulai penemuan gagasan hingga penerapannya di pasar.

Van de Ven, Andrew H.

Menurut Van de Ven, Andrew H., pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang maupun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.

UU No. 19 Tahun 2002

Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan untuk melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksin.

Ciri-Ciri Inovasi

Sebuah ide, gagasan, maupun teori bisa digolongkan sebagai sebuah inovasi jika memenuhi syarat berikut:

Baru

Ciri utama dari sebuah inovasi adalah baru. Setiap inovasi haruslah merupakan ide atau gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan dan dipublikasikan pada khalayak umum sebelumnya.

Khas

Ciri kedua dari sebuah inovasi adalah kekhasan. Inovasi harus memiliki ciri khas yang tidak dimiliki pada ide dan gagasan yang telah ada. Tanpa ciri khas yang spesifik, sebuah ide atau pun gagasan tidak dapat digolongkan menjadi sebuah inovasi baru.

Memiliki Tujuan

Ciri terakhir adalah memiliki tujuan. Inovasi merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mengembangkan objek-objek tertentu agar objek itu semakin berguna bagi manusia.

Inovasi Produk

Berbicara tentang, inovasi maka juga berkaitan dengan inovasi produk. Inovasi produk adalah suatu reka baru yang mengandung beberapa unsur di bawah ini:

  • Teknologi baru
  • Layanan dan solusi baru
  • Pengalaman baru.
  • Proses dan metode baru.
  • Sebuah hasil yang sangat berharga
  • Fashion dan desain baru
  • Suatu barang atau produk sosial yang berguna bagi banyak orang

Contoh inovasi produk yang terjadi kala pandemi Covid-19 berlangsung adalah Thai Airways jual gorengan. Itu adalah inovasi yang dilakukan agar maskapai tersebut tidak gulung tikar dan terus bertahan melawan pandemi.


Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar