Tips Renovasi Rumah Idaman jadi Makin Menarik

Renovasi rumah adalah hal yang harus dilakukan saat kebutuhan akan tempat tinggal yang dimiliki berubah. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pemilik rumah untuk merenovasi rumah yang mereka miliki atau tinggali.

Ada yang karena sudah makin sukses bisnisnya ingin membuat kolam renang dalam rumah, ada yang karena anggota makin banyak perlu menambah kamar, sebagian lainnya merenovasi rumah karena tuntutan kerja yang mengharuskan di zaman modern ini.

Apapun alasannya, renovasi rumah harus dipikirkan dengan matang agar pemilik rumah merasa puas dengan hasilnya. Berikut adalah beberapa tips renovasi rumah untuk kamu yang sedang mencari cara renovasi rumah lama.

Tips renovasi rumah minimalis hemat biaya

1. Tentukan Konsep dengan Matang

Konsep adalah hal dasar yang harus dimiliki sebelum melakukan renovasi. Tanpa konsep tentu kamu tidak bisa berbuat banyak dan nantinya kemungkinan besar renovasi akan berjalan tidak sesuai keinginanmu.

Hal-hal seperti “Aku ingin dapur dengan gaya modern” atau “Aku ingin membetulkan atap ini agar makin cantik” sangat diperlukan agar tau bahan apa yang harus digunakan maupun berapa banyak biaya yang harus dipersiapkan.

Tak perlu terlalu mendetail, yang penting ada gambaran kasarnya terlebih dulu. Sebab nanti kamu bisa minta bantuan serta pendapat orang-orang di sekitarmu dan mereka yang lebih profesional di renovasi rumah.

2. Persiapkan Anggaran

Anggaran adalah satu hal terpenting dalam sebuah proses renovasi. Tanpa anggaran yang mencukupi tentu akan sedikit susah mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, termasuk waktu pengerjaan yang lama. Hal itu disebabkan oleh besarnya biaya barang dan jasa yang dikeluarkan.

Renovasi sebuah ruangan dalam rumah bisa saja lebih hemat biaya daripada renovasi seisi rumah yang perlu memikirkan mau pindah ke mana selama proses pengerjaan. Pada beberapa kasus mungkin ditemui sebaliknya sebab renovasi yang dilakukan membutuhkan detail-detail kecil yang lebih mahal.

Banyak orang cerita pada kami bahwa mereka mempersiapkan biaya tambahan hingga 20% sebagai perkiraan biaya-biaya tidak terduga. Terlihat cukup besar sebab dalam prosesnya nanti akan banyak ditemukan hal-hal yang terluput dari perhitungan awal kita.

3. Pilih Jasa Terbaik

Tentu tidak semua orang punya waktu, bisa, dan mau mengerjakan renovasi rumah sendirian. Untuk alasan inilah banyak jasa renovasi rumah di sekitar kita. Jika kamu tinggal di sekitar Batam, kamu bisa kunjungi jasa renovasi rumah Batam.

Jasa renovasi ini nantinya akan menjadi partner kamu dalam mewujudkan rumah impianmu agar menjadi lebih baik. Terkadang akan lebih baik menggunakan jasa orang apabila kita tidak punya pengetahuan lebih tentang hal itu, entah itu desainer interior, arsitek, atau pekerja lain di bidang itu.

Mungkin kamu sering dengar bahwa ada banyak kontraktor bermasalah. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh terburu-buru menunjuk kontraktor untuk proyek renovasimu. Saya rasa kamu bisa meminta rekomendasi teman atau berkunjung ke tempat kerja para kontraktor itu untuk mulai menjajaki kerjasama.

4. Riset Bersama

Jika sudah dapat orang-orang yang sesuai, kamu bisa berbagi pendapat tentang bagaimana bagusnya renovasi yang dilakukan. Berikan konsep awal yang telah kamu buat, serta pendapat meminta pendapat bagaimana renovasi sebuah rumah dapat diselesaikan sesuai harapanmu itu.

Ini adalah tahap menyamakan perspektif tentang hasil akhir yang kamu inginkan dengan apa yang harus dibeli dan dikerjakan. Besar kemungkinan, kamu akan mendapat saran soal desain renovasi rumah yang kamu inginkan.

Tentu, semua keputusan ada di tanganmu, namun ada baiknya mempertimbangkan hal-hal yang diketahui oleh profesional agar tidak menyesal di akhir. Kamu tetap bisa bertanya pada keluarga dan orang rumah bila mendapat wawasan baru yang perlu dipertimbangkan bersama.

5. Buat Rincian Pengerjaan

Rincian di sini mencakup berbagai hal yang diperlukan dalam proses pengerjaan renovasi, mulai dari biaya jasa, biaya bahan baku, hingga durasi waktu yang diperlukan untuk renovasi rumah. Ini mungkin adalah tips renovasi rumah yang kadang dilupakan.

Jika yang direnovasi cukup banyak, kamu bisa menyusun sebuah daftar prioritas tempat-tempat mana saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini perlu mengingat banyaknya pekerjaan yang dilakukan apabila tidak ditentukan di awal sehingga biaya murah tidak bisa kamu dapatkan.

6. Realistis

Renovasi rumah dapat dilakukan entah secara struktural bangunan maupun sebatas tampilan visual saja. Renovasi struktural perlu dilakukan saat bangunan telah goyah karena sudah tua atau saat kamu ingin menambah tingkat agar bangunan tetap kokoh saat ditinggali.

Langkah seperti di atas memancingmu untuk berpikir realistis. Realistis di sini tentu melibatkan faktor anggaran, keperluan, dan ego kita sebagai manusia. Kira-kira apa yang paling perlu untuk dibenarkan terlebih dahulu itu penting untuk diketahui.

Anggaran berapa juta untuk merenovasi apa sangat harus dikomunikasikan agar baik kita maupun partner yang melakukan renovasi rumah sama-sama enak dan tidak merasa dirugikan.

Sederhana bukan? Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat hendak renovasi rumah kediaman. Agar tetap nyaman ditinggali dalam waktu lama, tentu kamu perlu memikirkan segala sesuatunya dengan matang. Semoga hasil akhir yang kamu dapatkan sesuai ya!