Skema Instalasi Water Heater Listrik untuk Diterapkan

Water heater listrik adalah alat pemanas air yang menggunakan energi listrik untuk bekerja. Alat water heater ini akan memanaskan air secara cepat dan praktis. Akan tetapi, perlu diingat bahwa air panas ini bukan untuk dikonsumsi melainkan dipakai untuk mandi dan membersihkan tubuh.

Sebenarnya, kamu bisa melakukan pemasangan alat ini sendiri tanpa harus memanggil jasa tukang dengan melihat gambar skema instalasi water heater listrik di bawah. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat biaya bayar jasa tukang untuk memasang water heater listrik.

Memasang Instalasi Water Heater Listrik

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memasang instalasi air panas dingin seperti berikut ini.

  • Siapkan instalasi pipa water heater listrik terlebih dahulu. Persiapkan instalasi pipa dengan ukuran yang sama untuk jalur air panas dan jalur air dingin yang masuk ke dalam water heater. Pipa untuk saluran air panas pada water heater harus menggunakan pipa berbahan khusus yang tahan terhadap temperature tinggi. Material pipa yang disarankan untuk saluran air panas adalah material polypropylene dan non-korosif yang tahan terhadap berbagai cairan kimia serta bebas dari sedimentasi (pengikisan).
  • Kran mixeer (kran panas dingin) yang memiliki 2 saluran yakni saluran air panas dan saluran air dingin. Kran ini nantinya berfungsi untuk menyalurkan air dari water heater. Gunakan produk keran shower dari merk yang berkualitas memberi bergaransi, seperti merk Toto, american Standard, Grohe, teka, Hansgrohe serta Roca.
  • Jarak yang disarankan untuk pemasangan perangkat water heater listrik adalah minimal 1,5 meter dari lantai. Ini dilakukan untuk memudahkan proses pemasangan dan pengaturan alat. Selain itu, jarak ini relatif terhindar dari cipratan air saat sedang mandi.
  • Pasang saluran air panas water heater menuju pipa air panas dengan menggunakan fleksibel yang tahan lentur dan tahan panas. Hal yang sama dilakukan pada pipa saluran air dingin.

Kamu bisa melihat skema instalasi water heater listrik yang benar pada gambar berikut ini.

Gambar instalasi water heater listrik
Gambar instalasi water heater

Catatan Tambahan

Beberapa hal lain yang perlu dijelaskan dalam cara pasang instalasi air panas dingin elektrik ini.

  • Jarak aman antara pipa air panas dan pipa air dingin adalah 15 cm.
  • Pasang safety valve pada pipa masuk air dingin di water heater listrik. Ini berfungsi mencegah air panas berbalik ke arah ke sumber air dingin. Selain itu, safety valve akan menahan tekanan air di dalam tangki.
  • Sebagai langkah pencegahan kerusakan elemen panas, sambungkan water heater ke stop kontak atau steker ketika tabung telah terisi penuh dengan air.
  • Setel termostat pada water heater di posisi high atau suhu yang diinginkan.
  • Pastikan ELCB dalam keadaan menyala dengan menekan tombol reset lalu tekan tombol berwarna merah hingga lampu indikator ELCB hidup.

Demi keamanan dan mempertimbangkan kepraktisan, sebaiknya terminal listrik atau stop kontak dilengkapi dengan saklar.

Perbadaan Instalasi Water Heater Gas dan Listrik

Pada dasar dasarnya instalasi pemasangan water heater gas maupun listrik di rumah hampir sama. Namun, instalasi water heater gas lebih baik di luar ruangan agar apabila terdapat kebocoran tidak berbahaya bagi pengguna.

Teknisi Instalasi Heater Water

Jika kamu mengalami kendala ketika instalasi water heater listrik atau sibuk beraktivitas yang membuat kamu tidak sempat melakukannya sendiri, segera hubungi teknisi khusus yang bisa menangani dan memasang heater water listrik.

Keuntungan menggunakan jasa teknisi, selain dapat membantu dalam pemasangan, kamu bisa konsultasi tentang service manitenance (perawatan dan perbaikan). Bahkan jika terjadi kerusakan pada water heater, dapat membantu serta menyediakan spare part segala jenis dan tipe water heater.

Mereka pasti tau penyebab water heater nyala sebentar terus mati padahal akan digunakan, atau kenapa water heater tidak panas ketika dihidupkan.

Belanja Water Heater

Sekedar rekomendasi bagi kamu yang ingin memasang water heater, sebaiknya membeli water heater yang berkualitas dan memiliki performa terbaik. Beberapa merk yang rekomended adalah Aqua, Rinnai, Ariston, Electrolux, Modena, Krisbow, Paloma, Wasser, Sanken, Wika.

Kamu bisa mendapatkannya di toko online terpercaya seperti Blibli, Bukalapak, Lazada, Elevania, Shopee, Tokopedia, atau website resmi merk water heater tersebut.