BP Indonesia: Perusahaan Minyak dan Gas Ternama di Dunia

Logo bp
Logo bp

BP atau bp (dulunya “British Petroleum”) adalah salah satu perusahaan energi terpadu terbesar di dunia yang menyediakan bahan bakar untuk transportasi, energi untuk panas dan penerangan, pelumas untuk menjaga mesin tetap bergerak, dan petrokimia yang dipakai untuk membuat produk sehari-hari.

Kantor pusat perusahaan ini berada di London, Britania Raya. BP masuk 4 besar perusahaan minyak terbesar di seluruh dunia bersama dengan Shell, ExxonMobil, dan Total.

Bensin pertama bp pertama kali dijual di Inggris pada tahun 1920-an. Pada Desember 1998, BP bergabung dengan American Oil Company (Amoco) menjadi BP Amoco. Setelah setahun beroperasi, nama Amoco dilepas dari perusahaan.

IndustriMinyak dan gas
Didirikan1908 (Anglo-Persian Oil Company), 1954 (British Petroleum Company)
Kantor PusatLondon, Britania Raya

Sejarah lengkap bp dapat kamu baca di halaman ini.

BP telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 35 tahun dan kini telah menjadi salah satu investor terbesar Indonesia. Investasi kumulatif bp telah lebih dari US$ 5 Milyar.

Akuisisi aset ARCO pada tahun 2000-an serta persetujuan Pemerintah Indonesia pada Maret 2005 untuk memulai kontruksi LNG Tangguh memperbesar posisi bp pada sektor energi di Indonesia.

Karyawan BP Indonesia saat ini berjumlah lebih dari 1000 pegawai, yang mayoritas berada di Jakarta dan Papua Barat.

Produk dan Layanan BP Indonesia

SPBU bp

SPBU bp yang menawarkan 3 jenis bahan bakar BP90, BP92, BP95.

bp dan AKR telah menandatangani perjanjian usaha patungan untuk mengembangkan usaha ritel bahan bakar di Indonesia. Usaha patungan tersebut telah membentuk PT Aneka Petroindo Raya (APR) yang beroperasi dengan nama BP AKR Fuels Retail.

Air BP-AKR Aviation

Air BP-AKR Aviation yang diluncurkan untuk mengembangkan bisnis bahan bakar penerbangan di Indonesia. Pada tahun 2016, Air BP dan AKR menandatangani perjanjian joint venture di Indonesia untuk mendirikan perusahaan patungan PT Dirgantara PetroIndo Raya.

PT. Jasatama Petroindo

PT. Jasatama Petroindo adalah bisnis bp Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan dan perdagangan minyak terintegrasi. Perusahaan ini telah memiliki izin untuk memasarkan minyak solar sejak 2010, dan mendapatkan izin untuk perdagangan terbatas minyak bakar di Indonesia pada tahun 2018.

Castrol Indonesia

Castrol Indonesia merupakan merek dagang pelumas industri dan automotif yang telah diakui sebagai merek internasional ternama di Indonesia.

Perusahaan ini masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1971. Kemudian pada tahun 1998, PT. Castrol Indonesia dibentuk untuk menangani pemasaran Castrol di seluruh Indonesia. Produk-produk pelumas yang dipasarkan antara lain:

  • Castrol Power 1 dan Castrol Activ untuk sepeda motor
  • Castrol Edge, Castrol Magnatec, dan Castrol GTX untuk mobil

Banyak produk pelumas ini diproduksi di pabrik Castrol yang berkapasitas 80.000 MT/tahun di Merak, Banten. Karena lokasinya, banyak orang menyebutnya sebagai PT. Castrol Indonesia Merak.

Tangguh LNG

Tangguh LNG adalah suatu pengembangan unitisasi dari enam lapangan gas terunitisasi yang terletak di wilayah Kontrak Kerja Sama (KKS) Berau, Wiriagar, dan Muturi, di Teluk Bintuni, Papua Barat.