Menjaga Hubungan: Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Menjaga hubungan agar tetap harmonis

Mulai menjalin hubungan baru adalah salah satu cara untuk melupakan masa lalu yang tidak menyenangkan dengan mantan. Pastinya, saat memulai hal tersebut, kamu berharap sesuatu yang menyenangkan terjadi.

Untuk menjaga hubungan baru, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar hubungan tetap harmonis. Berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat mulai menjalin hubungan baru.

1. Membandingkan Dirinya

Hampir setiap orang di dunia ini tidak suka dibandingkan. Entah itu orang biasa maupun pejabat elit. Dia adalah dia dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Dalam konteks berhubungan, membandingkan pasangan dengan mantan adalah kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan. Selain menjadi tanda bahwa kamu belum move on, membandingkan pasangan dengan pihak lain akan membuatnya tidak nyaman.

Kalau sudah seperti itu, cemburu adalah hal paling sederhana yang bisa terjadi. Tindakan ekstrem paling parah yang bisa terjadi adalah kamu disuruh balikan saja dengan mantanmu dan dia meninggalkanmu.

Hal dasar ini adalah cara mempertahankan hubungan pacaran sampai menikah. Semua orang pasti bisa melakukannya asalkan ada niat untuk berusaha.

2. Selalu Berkata “Iya”

Jangan selalu meng-iya-kan permintaan pasangan. Hal ini memang terdengar asing bagi bucin (budak cinta). Tapi percayalah, katakan tidak dengan tegas pada hal-hal yang memang tidak kamu sukai atau tidak kamu inginkan.

Dengan mengatakan “tidak” terhadap hal-hal tersebut, maka itu akan memberi pengertian kepada pasangan mengenai cara pandangmu terhadap hal tersebut secara jelas.

Dengan begitu hubungan sehat akan berjalan dengan baik dan sehat karena sudah dapat saling mengerti apa kemauan dari pasangan.

3. Pura-Pura Menyukai Sesuatu

Sejak pacaran, jangan pernah menutupi hal yang tidak kamu sukai hanya untuk membuat pasangan bahagia. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan poin kedua.

Semisal kamu tidak suka berada di keramaian terlalu lama, kasih tau pasangan. Ajak dia berkunjung ke tempat-tempat yang lebih tenang. Jangan memaksakan diri dan malah membuatmu merasa tidak nyaman sendiri.

Dengan berkata jujur kepada pasangan, hal ini akan memberikan pembelajaran kepada pasangan untuk mengerti apa kemauanmu. Terlebih, hal ini akan membuat hubungan berjalan lebih harmonis.

4. Terlalu Cuek

Pada waktu-waktu tertentu, bersikap cuek adalah hal yang wajar dan semua orang bisa melakukannya. Tapi jangan terlalu sering dan berlebihan. Pasangan adalah seorang pribadi, sama seperti kamu.

Jika pasangan tidak diberi perhatian yang cukup dan perasaannya berkata bahwa hubungannya denganmu merugikan dirinya, tidak butuh waktu lama dia akan pergi. Cinta adalah sebuah hal yang menyenangkan.

Rahasia agar hubungan bertahan lama adalah dengan memberi perhatian yang cukup tanpa berlebihan dan tak berkekurangan pada sang kekasih.

5. Larang Pasangan Hangout

Manusia adalah makhluk sosial. Dia masih butuh interaksi dengan individu-individu lain selain kamu. Jangan terlalu mengambil kendali hidupnya dengan memberi setumpuk aturan.

Satu hal yang pantang dilakukan untuk menjaga hubungan adalah pelarangan interaksi dengan teman-temannya. Komitmen ini perlu dilakukan dengan cermat.

Beri waktu dirinya untuk berkumpul dan jauh darimu, apalagi jika cuma pengen makan mie ayam bareng gengnya. Lagi pula, sekarang kamu sudah bisa mengintip aktivitas pasanganmu lewat internet jika mau.

Sebab kalau dipikir-pikir, orang juga ada bosannya. Dengan nongkrong bareng teman bisa menjadi cara menjaga hubungan pacaran agar tidak bosan.

Tapi kalau LDR yang hampir putus? Tinggal dibalik. Sediakan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan kekasih. Agak susah memang bila komitmen tak datang dari kedua belah pihak.