Apa Alasan Masuk Paskibra? Kamu Pasti Jawab Begini

Sebenarnya banyak alasan masuk paskibra yang bisa diungkapkan. Tapi, anggota paskibra dari tahun ke tahun alasannya tidak berbeda jauh, entah kenapa bisa terjadi seperti itu.

Coba kamu ingat-ingat, bagaimana cara menjawab pertanyaan dari seniormu yang kurang lebih seperti ini.

Dek, apa alasanmu ikut ekskul paskibra?

Senior

Samakah jawabanmu sama dengan yang saya tuliskan di bawah ini? Mari kita lihat.

Beberapa Alasan Masuk Paskibra

Alasan-alasan yang saya tulis di sini adalah hasil analisa saya sejak beberapa tahun menyelami dunia paskibra.

Silakan dinikmati.

Alasan masuk ekstrakurikuler paskibra atau pasus SMA atau SMP

1. Ingin Disiplin

Ini motivasi masuk paskibra yang paling klasik. Hampir setiap orang yang jadi paskibra dulunya pasti menjawab pertanyaan “Apa alasanmu ikut paskib?” dengan jawaban “Saya ingin disiplin.”

Lalu ketika ditanya lebih lanjut mengenai disiplin yang seperti apa mereka tidak bisa menjawabnya.

Apakah junior tersebut salah? Jelas tidak. Bagi saya, ketika senior bertanya seperti itu maka dia sedang mengetes junior “Apakah dia sama seperti saya dulu?”

2. Ingin Membanggakan Orang Tua

Selain, ingin jadi orang yang disiplin pasti calon anggota paskibra (capaska) juga ingin membanggakan kedua orang tuanya. Bagaimana caranya agar orang tua bangga terhadap anaknya yang notabene menjadi anggota paskibra? Sudah pasti banyaklah.

Satu contoh.

Beberapa tahun lalu, saya lolos seleksi paskibraka di tingkat kota. Nah, di tingkat kota saja orang tua saya bangga banget apalagi ketika mereka duduk di tribun kehormatan yang telah disiapkan sambil melihat saya.

Seakan-akan saat itu saya mendengar orang tua saya teriak,”Itu lho anak saya yang di barisan!” Tapi yang nyata juga ada kok, orang tua saya cerita kurang lebih begini pada saya.

Tadi pas kamu tugas toh nak, aku dengar orang di depanku ngomong-ngomong kalau yang mengibarkan bendera itu anaknya. Orang itu cerita sama sebelahnya gitu.

Orang Tua

Padahal, belum tentu benar. Semua kemungkinan bisa terjadi, meskipun saat latihan anaknya itu sebagai pengibar. Tapi tetap membanggakan bukan?

3. Menunjukkan Jati Diri

Banyak anggota paskibra adalah orang-orang yang sudah keren dari sananya. Untuk itu mereka bergabung ke dalam paskibra agar bisa menunjukkan kemampuan yang dimilikinya itu.

Apapun kemampuan mereka, mereka ingin menunjukkannya kepada orang banyak. Sebagai contoh, dia ingin menunjukkan bahwa dirinya itu kuat.

4. Melatih Mental itu Alasan Masuk Paskibra

Dengan melatih kedisiplinan maka otomatis melatih mental juga. Disiplin tanpa mental yang ekstra sama saja bohong.

Mungkin di setiap pangkalan memiliki caranya sendiri dalam melatih mental dan memupuk nilai-nilai kedisiplinan pada anggotanya. Alasan ini biasanya dikatakan oleh mereka yang akan memulai kegiatan pelatihan paskibra.

5. Ingin Tetap Dekat dengan Dia

Nah, jika kamu ingin tetap dengan dia dan dianya ini adalah temanmu, alasan bergabung dengan organisasi ini wajar. Tapi ketika kamu ingin tetap dengan dia dan dianya ini adalah gebetanmu, alasan kelima ini lebih dari wajar.

Sedari awal terjun ke dunia ini, saya sangat jarang mendengar jawaban semacam nomor lima ini. Alasannya mulai dari malu sampai karena (mungkin) aturan paskibra tidak boleh pacaran yang sudah diberi tau sejak awal oleh pangkalan di sekolah.

Apa Alasan Masuk Paskibra Versimu?

Dengan segudang keuntungan yang ditawarkan, itu tadi adalah alasan-alasan singkat yang sering dinyatakan oleh anggota paskibra ketika seleksi wawancara.

Apakah kamu punya jawaban yang berbeda dan tidak mengikuti apa yang dikatakan di artikel ini? Semoga kamu mendapatkan jawaban bagus, kuat, dan tepat hari ini.

Bagaimanapun caramu memilih serta apapun tujuan dan motivasi yang kamu punya, semoga itu dapat terwujud.

Terima kasih.

Selengkapnya
Subscribe
Notify of
10 Komentar
Terlama
Terbaru Paling didukung
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar