Definisi Orasi: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Ciri

Definisi orasi (oracion)

Apa itu orasi? Definisi orasi adalah sebuah pidato atau komunikasi oral formal yang disampaikan kepada khalayak umum tentang suatu isu. Interpretasi kata orasi secara etimologi itu oration yang memiliki arti orasi atau pidato. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), orasi bermakna sebagai 3 hal.

  • Pidato,
  • Pidato pengukuhan (guru besar atau yang lainnya),
  • Khotbah.

Apa yang dimaksud dengan pidato? Pengertian pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di khalayak ramai untuk menyatakan pendapatnya mengenai suatu hal.

Itu artinya, pidato dibawakan oleh seseorang yang memiliki gagasan dan perlu memberikan pernyataan resmi yang berkenaan dengan suatu hal atau peristiwa penting karena bersinggungan dengan kelompoknya.

Pidato juga adalah salah satu materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa-siswi di Indonesia yang bertujuan untuk memupuk keberanian berbicara di depan umum.

Berbeda dengan pidato, arti dari khotbah adalah sebuah orasi yang dilakukan dengan tujuan yang berhubungan dengan agama.

Orasi biasanya dilakukan dalam sebuah aksi demonstrasi oleh sekelompok orang yang merasa dirugikan oleh suatu kebijakan kepada pihak yang memiliki kuasa.

Bentuk lain dari orasi yaitu orasi ilmiah. Orasi ilmiah biasanya disampaikan oleh mahasiswa secara sistematis dengan berdasar pada bukti-bukti dan bentuk yang bisa diterima secara ilmiah, contohnya makalah ilmiah.

Antonim dari orasi adalah mencetak (printing) dan menulis (writing). Orang yang melakukan orasi tersebut disebut orator. Jadi seperti itulah definisi orasi dan beberapa informasi pelengkap yang berkenaan dengannya. Semoga bermanfaat.

X