SemutAspal

Apa Arti Kata PM dalam Chat WhatsApp

Arti kata PM
Arti kata PM

Bagi pengguna WhatsApp yang aktif, tidak asing lagi dengan singkatan PM, terutama di kalangan pemuda. Namun, bagi yang belum terbiasa, mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya makna dari PM dalam konteks bahasa gaul?

Penggunaan singkatan dalam komunikasi pesan, terutama melalui platform pesan singkat seperti WhatsApp, telah menjadi kebiasaan umum. PM merupakan salah satu contohnya.

Namun demikian, bagi mereka yang belum terbiasa dengan jargon tersebut, memahami arti PM serta sejumlah istilah bahasa gaul lainnya bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

Oleh karena itu, untuk pemahaman yang lebih mendalam, berikut penjelasan terperinci mengenai PM dan sejumlah kosakata gaul lainnya.

Arti Kata PM dalam Bahasa Gaul

Menurut definisi dari Urban Dictionary, PM merujuk pada istilah “private message” atau pesan pribadi, yang mencerminkan komunikasi personal yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain.

Pesan pribadi ini biasanya terjadi melalui berbagai platform atau aplikasi, seperti media sosial, email, atau fitur obrolan langsung.

PM secara khusus mengacu pada pesan yang dikirim dan diterima hanya oleh pengirim dan penerima, menjaga kerahasiaan dan privasi dari informasi yang disampaikan. Dengan demikian, PM memungkinkan interaksi yang lebih intim dan eksklusif antara individu atau kelompok tertentu.

Namun, penting untuk diingat bahwa PM tidak hanya memiliki makna terbatas pada pesan pribadi. Dalam bahasa Inggris, PM juga merupakan singkatan dari “pretty much,” yang digunakan untuk mengekspresikan suatu situasi atau gagasan yang mendekati kebenaran atau kepastian.

Dengan demikian, penggunaan PM dapat bervariasi tergantung pada konteksnya, baik sebagai alat komunikasi pribadi maupun sebagai penyampaian kesan tentang suatu hal. Untuk lebih memperjelas artinya PM, berikut adalah contoh penggunaan pesan singkat (PM) dalam situasi percakapan sehari-hari.

  • PM ya kalo mo bareng ke gereja nanti. (Kirim pesan ya kalau ingin berangkat bersama ke gereja nanti.)
  • Si A PM, katanya ntar jam 8 ketemu di lapangan. (Si A kirim pesan, katanya nanti jam 8 ketemu di lapangan.)

Bahasa Gaul di WhatsApp

Selain istilah “PM”, terdapat sejumlah kata gaul atau bahasa slang yang kerap dijumpai dalam percakapan di WhatsApp, termasuk:

  • Japri: Merupakan kependekan dari “jaringan privat”, yang merujuk kepada pesan pribadi.
  • Mantap: Sebuah ungkapan gaul yang mencerminkan kesan positif atau keren dalam suatu konteks.
  • Otw: Singkatan dari “on the way”, yang menandakan bahwa seseorang sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat.
  • Ngegas: Istilah ini dipakai untuk menggambarkan semangat yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu atau dalam situasi tertentu.
  • Kepo: Merujuk kepada seseorang yang ingin mengetahui atau terlalu ingin tahu mengenai kehidupan pribadi orang lain.
  • WKWKWK: Merupakan bentuk ekspresi tertawa dalam tulisan yang sering digunakan dalam percakapan santai dan informal.
  • Salfok: Singkatan dari “salah fokus”, yang menggambarkan keadaan di mana seseorang kehilangan konsentrasi atau teralihkan perhatiannya ke hal lain.
  • Garing: Istilah yang digunakan untuk menjelaskan humor atau lelucon yang dianggap kurang lucu atau tidak menghibur.

Itulah penjelasan yang merinci makna dari arti kata PM serta beberapa ragam bahasa gaul yang sering digunakan di platform pesan instan seperti WhatsApp. Harapannya, penjelasan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada pembaca.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal