SemutAspal

Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah

Cara cek tagihan listrik
Cara cek tagihan listrik

Memeriksa tagihan listrik PLN merupakan tindakan yang sangat penting untuk memastikan bahwa pembayaran dilakukan tepat waktu, menghindari keterlambatan, dan menghindari potensi pemutusan layanan.

Untuk melakukannya, memahami metode yang tepat untuk memeriksa tagihan listrik adalah kunci utama. Namun, jangan khawatir, proses ini tidaklah sulit.

Dalam upaya untuk memudahkan langkah-langkah tersebut, SemutAspal hadir dengan solusi praktis melalui artikel ini, memberikan beberapa cara efektif untuk memeriksa tagihan listrik secara online.

Namun, sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan untuk memiliki informasi penting seperti nomor meteran listrik yang ingin kamu periksa tagihannya.

Jika belum memiliki ID Pelanggan atau nomor meteran, kamu dapat menghubungi Contact Center PLN di 123 untuk mendapatkannya sebelum melanjutkan proses pemeriksaan tagihan listrik.

Dengan langkah-langkah yang benar dan informasi yang tepat, kamu dapat dengan mudah mengelola tagihan listrik dengan lebih efisien dan terhindar dari masalah pembayaran yang tidak diinginkan.

Cek Tagihan Listrik di Website PLN

Untuk memeriksa tagihan listrik secara online melalui situs web PLN, ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti:

  1. Akses situs web resmi PLN di https://web.pln.co.id/.
  2. Temukan dan klik menu “Pelanggan” yang terletak di pojok kanan atas halaman.
  3. Selanjutnya, masukkan dengan cermat ID Pelanggan atau Nomor Meteran ke dalam kolom yang disediakan.
  4. Setelah itu, tekan tombol “Cari” untuk melanjutkan proses.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana rincian tagihan listrik akan ditampilkan dengan jelas.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah memantau dan mengelola tagihan listrik secara online melalui platform resmi PLN.

Cek Tagihan Listrik via Call Center PLN

Jika memiliki keterbatasan akses dan hanya dapat berkomunikasi melalui telepon, kamu masih dapat memeriksa tagihan listrik dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa tagihan listrik melalui layanan Call Center PLN:

  1. Hubungi Call Center PLN di nomor 123.
  2. Tunggu hingga terhubung dengan seorang operator Call Center.
  3. Sampaikan kepada operator nomor ID Pelanggan atau Nomor Meteran.
  4. Operator akan dengan ramah memberikan informasi yang dibutuhkan tentang tagihan listrikmu, termasuk detail tentang jumlah yang harus dibayarkan dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Itulah cara cek tagihan listrik PLN dengan beberapa langkah mudah. Selain cara di atas, kamu juga bisa coba mengecek lewat website Tokopedia dan Shopee. Dengan menggunakan platform tersebut, kamu bisa langsung melakukan pembayaran setelah mengetahui jumlah tagihan listrik yang perlu dibayar.

Baca juga artikel menarik lainnya di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal