SemutAspal

Apa Itu Saham Blue Chip dan Ciri-Cirinya

Saham blue chip
Saham blue chip

Banyak orang yang berpendapat bahwa blue-chip adalah saham yang relatif aman. Bagi kamu yang ingin tahu apa itu apa itu saham blue chip? tak perlu khawatir. Kali ini, kita akan coba membahas mengenai pengertian, ciri-ciri dan keuntungan saham tersebut.

Apa Arti dari Saham Blue Chip?

Saham blue-chip berarti saham pada perusahaan yang kualitasnya menjanjikan atau sudah terjamin dengan baik. Jenis perusahaan ini biasanya memiliki kapabilitas mumpuni dalam bidang usahanya atau menjadi pemimpin pasar.

Saham ini umumnya dimiliki perusahaan swasta maupun BUMN dengan riwayat yang baik. Lewat performa mumpuni, saham ini sangat populer dan sering menjadi pertimbangan para investor saham.

Terdapat kemungkinan cukup tinggi untuk perusahaan memberikan laba besar menjadi salah satu alasan utamanya. Kemampuan perusahaan tersebut dalam menghadapi kondisi atau dinamika pasar sudah teruji juga. Istilah saham satu ini berasal dari chip yang bisa kita temukan pada permainan poker.

Blue-chip atau chip dengan warna biru pada permainan kartu tersebut mempunyai nilai paling tinggi kalau dibandingkan jenis chip lain.

Karakteristik Saham Blue Chip

Kamu mungkin tertarik untuk membeli blue chip ini, tapi bingung dalam mengenal saham tersebut. Selain tahu apa itu saham blue chip, kamu perlu terlebih dahulu mengenal ciri-ciri saham unggulan satu ini seperti apa. Berikut beberapa karakteristiknya:

1. Memiliki Likuiditas Tinggi

Umumnya blue-chip memiliki likuiditas yang tinggi. Baik itu saham emiten milik publik maupun di BEI tergolong banyak, sehingga dapat dikatakan likuid.

Tingkat likuiditas tinggi ini bisa diartikan mudah untuk dijual kembali maupun ditemukan penjualnya. Selain itu, harga sahamnya tidak mudah dimanipulasi.

2. Harga Sahamnya Cenderung Mahal

Biasanya harga blue chip kebanyakan mahal-mahal. Harga saham tinggi tersebut sebanding dengan tingkat keuntungan yang akan didapatkan secara teratur. Walau mahal, harganya cenderung stabil. Tingkat fluktuasi blue-chip tidak tajam karena memiliki fundamental kuat dan kinerja mumpuni.

Meski begitu, tak semua blue-chip membutuhkan banyak modal. Lewat BEI, kamu bisa mengetahui harga blue chip pada berbagai tingkat harga.

3. Sering bagi Dividen

Pendapatan perusahaan blue-chip tentu sudah bisa dipastikan stabil, dan perusahaan tersebut umumnya akan konsisten memberikan dividen. Nilainya stabil, bahkan bisa mengalami kenaikan.

4. Kapitalisasi Besar dengan Kinerja Positif

Blue-chip ini bisa dikatakan lapis satu, jenis saham ini memiliki tingkat kapitalisasi pasar yang besar. Saham ini bisa menjadi penggerak indeks LQ45 atau IHSG. Blue chip juga bisa menghasilkan performa bagus setiap saatnya, terutama pada aspek keuangan atau finansial.

Perusahaan terkait memiliki sedikit utang atau bahkan tidak punya sama sekali. Lewat performa mumpuni tersebut, perusahaan mampu mendapatkan pertumbuhan setiap tahunnya. Mereka juga bisa bertahan walau diterpa kondisi ekonomi yang buruk.

5. Market Leader

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, saham blue-chip berarti yang mampu memimpin pasar. Perusahaan tersebut juga cenderung merupakan sosok pemain lama, mereka bisa saja merupakan perusahaan yang sudah menjalankan operasionalnya selama belasan tahun.

Keuntungan Blue-Chip Stocks

Arti blue chip
Arti blue chip

Saham blue-chip yang andal ini sudah tentu memiliki keuntungan tertentu yang mendasari mengapa saham ini sering diincar investor-investor. Ini dia beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari kategori saham tersebut:

1. Saham yang Aman

Aman merupakan salah satu fokus para investor, perusahaan dengan status blue chip memiliki manajemen profesional. Pada akhirnya performa perusahaan tersebut cenderung stabil. Saham dalam kategori blue-chip memang bisa terpengaruh penurunan kondisi pasar.

Tapi perusahaan ini sudah berpengalaman untuk mengatasi krisis-krisis yang ada dan mereka mampu bangkit setelah krisis tersebut.

2. Harga yang Stabil

Hal lain yang membuat aktivitas investasi blue chip sangat populer yaitu karena dari sisi stabilitasnya. Blue chip cenderung tidak fluktuatif, saham ini tidak mudah mengalami penurunan maupun kenaikan dalam waktu singkat. Hal ini tidak lepas dari kemampuan kapitalisasi pasar mumpuni pada perusahaan tersebut.

3. Pemberian Dividen secara Konsisten

Bukan hanya stabil dan mampu menjanjikan keuntungan relatif tinggi, perusahaan-perusahaan masuk kategori blue chip umumnya mampu rutin memberikan dividen.

Dividen yang dimaksud di sini yaitu bentuk apresiasi terhadap dukungan investor dari pihak perusahaan. Itulah pembahasan seputar apa itu saham blue chip, ciri-ciri dan keuntungannya.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal