SemutAspal

Pengertian Pasar Modal Syariah dan Prinsipnya

Pasar modal syariah
Pasar modal syariah

Model ekonomi syariah memang sedang populer di Indonesia, karena memang menjalankan beberapa aturan dan syariat Islam. Pengertian pasar modal syariah menjadi salah satu hal yang perlu diketahui ketika ingin masuk dan mengikuti model ekonomi tersebut.

Pendanaan dengan model syariah memang sangat menarik dan tentunya bebas riba yang menjadikannya diminati banyak orang Indonesia.

Sebelum menggunakan modal syariah, kamu tentunya perlu mengerti dulu konsepnya dan juga seperti apa prinsip dari permodalan tersebut. Berikut kami akan jelaskan pengertiannya, prinsipnya, sampai jenis permodalan dalam konsep syariah ini.

Pengertian Pasar Modal Syariah

Pengertian dari pasar modal syariah itu adalah sebuah pasar modal yang aktivitasnya tidak bertentangan dengan syariat Islam dan prinsip Islam. Jadi beragam aktivitas permodalan, perdagangan dan penawaran efek itu harus mengikuti prinsip Islam sebagai dasar hukumnya.

Tentunya pasar modal syariah itu sangat unik, sehingga sangat berbeda bila dibandingkan dengan pasar modal konvensional yang banyak ditemui. Berikut ini perbedaan antara pasar modal syariah dengan pasar modal konvensional yang harus kamu pahami dengan baik.

1. Segi Konsep Dasar

Konsep dasar sudah pasti berbeda, di mana syariah itu sangat berpegang teguh pada prinsip Islam dan harus menghindari aktivitas yang bertentangan. Mulai dari karakteristik akad, instrumen investasi, dan lain sebagainya harus bebas dari hal yang bertentangan seperti riba atau judi.

2. Regulasi yang Berbeda

Regulasinya pun sudah pasti berbeda, di mana kalau syariah itu berpedoman utama dengan Al-Quran dan hadist saja. Sementara ketetapan pada pasar modal konvensional adalah kebijakan dari pemerintah yang berwenang.

3. Prinsip Pelaksanaan

Prinsip pelaksanaannya pun berbeda, karena syariah itu sangat bersifat Islami, sehingga harus bisa menjadi representatif dari ekonomi Islam. Sedangkan untuk konvensional tidak ada aturan khusus dalam pengelolaan atau pelaksanaan kegiatan dalam pasar modal.

Prinsip Pasar Modal Syariah

Dalam pasar modal syariah itu sudah pasti ada beberapa prinsip yang harus dipegang teguh dalam pelaksanaan kegiatannya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa prinsipnya supaya kamu tahu aturan berdasarkan pengertian pasar modal syariah.

  • Prinsip pertama adalah penjual tidak boleh membatasi penglihatan produk investasi, di mana hanya menunjukkan kelebihannya saja. Jadi nantinya kekurangan dari produk tidak bisa dilihat oleh pembeli, hal seperti ini sangat dilarang.
  • Prinsip yang kedua adalah tidak boleh ada tidak jujur yang mungkin akan menarik orang untuk melakukan transaksi di pasar modal tersebut.
  • Prinsip ketiga adalah tidak boleh ada kesan pura-pura dari pembeli supaya produk terlihat diminati dan akhirnya membuat pembeli lain ingin segera membeli.
  • Prinsip yang keempat adalah tidak boleh ada penimbunan produk yang nantinya akan mempengaruhi harganya karena kelangkaan produk.
  • Prinsip yang kelima adalah penjual tidak boleh menutupi kekurangan produk bila memang ada kekurangannya. Jadi keterbukaan memang sangat penting.
  • Prinsip yang keenam adalah produk yang diberikan harus benar-benar sesuai dengan apa yang tertulis pada saat akad pembelian.
  • Prinsip yang ketujuh yakni tidak boleh menjual produk yang belum ada atau belum dimiliki oleh penjual.
  • Prinsip yang terakhir yakni tidak boleh ada riba baik dalam bentuk tambahan biaya atau bunga atas pinjaman atau investasi. Biasanya dalam syariah itu menggunakan sistem bagi hasil.

Mekanisme Pasar Modal Syariah

Setelah sudah tahu prinsipnya, selanjutnya kamu perlu tahu juga mekanisme dari pasar modal syariah ini seperti apa. Berikut ini kami akan jelaskan mekanismenya kepada kamu.

  • Proses transaksi harus menggunakan syariat Islam, jadi produk harus halal dan terhindar dari unsur riba dan gharar atau tidak pasti.
  • Investor atau pelaku bisa dari mana saja, tidak harus beragama Islam.
  • Emiten penjual saham harus mempunyai kemampuan ilmu Fiqih Muamalah supaya proses transaksi terbebas dari larangan Islam.
  • Aktivitas dana harus dikelola secara syariah, sehingga tidak bisa dipakai untuk kegiatan yang dilarang Islam seperti alkohol, judi, dan lain sebagainya.

Demikianlah pengertian pasar modal syariah dan juga prinsip yang harus dipahami sebelum melakukan aktivitas di sana. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang akan berinvestasi.

Baca juga artikel menarik lainnya di SemutAspal:


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal