SemutAspal

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Cara membuat kuesioner di Google Form
Cara membuat kuesioner di Google Form

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, metode penelitian dan survei tidak lagi terbatas pada penggunaan kertas.

Saat ini, kuesioner telah mengalami transformasi dengan beralih ke platform online, dapat dilaksanakan melalui media sosial maupun menggunakan Google Form.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan panduan lengkap dan sederhana tentang cara membuat kuesioner menggunakan Google Form.

Selain dapat dimanfaatkan untuk ujian online dan pencatatan kehadiran secara digital, Google Form juga dapat menjadi alat yang efektif untuk menyusun kuesioner.

Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk mencapai audiens secara lebih luas, sementara penggunaannya pun bebas biaya. Mari kita eksplorasi panduan lengkap dalam membuat kuesioner di Google Form hingga tuntas.

Definisi Kuesioner

Instrumen penelitian yang dikenal sebagai kuesioner adalah suatu perangkat survei yang menggabungkan serangkaian pertanyaan yang ditujukan kepada kelompok individu yang telah dipilih secara cermat.

Tujuan utama dari kuesioner ini adalah untuk menghimpun tanggapan yang bervariasi dari responden yang telah dipilih dengan cermat.

Tanggapan atau jawaban yang terkumpul dari kuesioner ini berbentuk data yang nantinya dapat diolah dengan maksud dan tujuan tertentu.

Dalam pengertian yang lebih formal, menurut KKBI dari situs Kementerian Pendidikan, kuesioner, yang juga dapat dieja sebagai kuisioner, merupakan suatu instrumen riset atau survei yang terdiri dari serangkaian pertanyaan tertulis.

Fungsi utama dari kuesioner ini adalah untuk mendapatkan respons atau tanggapan dari kelompok orang yang telah terpilih, baik melalui wawancara pribadi maupun dengan menggunakan daftar pertanyaan tertulis.

Penggunaan kuesioner sangat penting dalam mendapatkan data yang relevan sesuai dengan tujuan penelitian, dengan tujuan mencapai tingkat reliabilitas dan validitas seoptimal mungkin.

Kuesioner seringkali menjadi alat yang digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir dalam penelitian mereka, serta dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari pendaftaran seminar hingga strategi peningkatan penjualan.

Kelebihan Memakai Google Form

Google Form merupakan salah satu inovasi terbaru yang dihasilkan oleh tim kreatif Google.

Saat ini, kita tak dapat mengabaikan dampak teknologi canggih yang dipersembahkan oleh Google, termasuk Android, Google Maps, Gmail, dan Google Docs yang menyediakan fasilitas pembuatan kuesioner.

Berbagai keunggulan dapat dinikmati saat menciptakan kuesioner di Google Form, antara lain:

  • Efisiensi waktu dan penghematan biaya dalam pembuatan formulir kuesioner, terutama ketika ada perubahan yang perlu dilakukan pada pertanyaan-pertanyaan.
  • Kemudahan dan efisiensi dalam mendistribusikan formulir kuesioner melalui email atau tautan URL, mempercepat proses pengumpulan respons.
  • Keamanan penyimpanan data kuesioner yang terjaga dengan baik, memberikan rasa aman terkait kerahasiaan informasi yang diinputkan.
  • Fasilitas untuk memudahkan pengawasan dan analisis jawaban formulir kuesioner melalui menu Responses, memberikan kenyamanan dalam melakukan pengecekan respons secara sistematis.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Berikut adalah langkah-langkah komprehensif dalam menciptakan kuesioner menggunakan platform Google Form, disertai dengan penjelasan rinci tentang opsi menu yang tersedia.

  1. Mulailah dengan melakukan login ke akun Google atau Gmail.
  2. Akses halaman Google Form.
  3. Pilih opsi “New Form” atau “Blank” untuk memulai formulir baru.
  4. Lanjutkan dengan membuat kuesioner, dan lengkapi dengan mengisi judul dan deskripsi formulir sesuai kebutuhan.
  5. Setelah selesai membuat formulir kuesioner, klik opsi “SEND” yang terletak di pojok kanan atas halaman. Terdapat tiga pilihan pengiriman, yaitu melalui email, link, atau menggunakan embed code.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah membuat kuesioner yang sesuai dengan kebutuhanmu menggunakan Google Form.

Proses ini melibatkan langkah-langkah login, navigasi ke halaman formulir, pemilihan opsi formulir, pengisian informasi, dan pengiriman formulir melalui berbagai opsi yang disediakan.

Melihat Respon

Melihat tanggapan dari formulir kuesioner tidak hanya merupakan suatu tugas yang sederhana, namun juga memberikan kemudahan sebagaimana proses pembuatan formulir itu sendiri.

Caranya sangat praktis: cukup klik menu “Responses” yang terdapat pada halaman Google Form. Di sana, kamu dapat meninjau dengan detail semua data yang telah terkumpul.

Informasi yang masuk terasa sangat aksesibel, disajikan dengan cara yang mudah dipahami. Data tersebut otomatis diolah menjadi berbagai bentuk visualisasi, seperti diagram dan pie chart, memudahkan pengelolaan informasi secara efektif.

Kelebihan lainnya adalah kamu dapat menganalisis data baik dalam rangkuman keseluruhan maupun tingkat individu.

Fleksibilitas tambahan diberikan melalui opsi untuk mengekspor data ke spreadsheet, mencetak semua hasil, atau mengunduhnya dalam format .csv.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal