SemutAspal

Cara Download Video YouTube dengan Cepat

Cara download video YouTube cepat
Cara download video YouTube cepat

Sebagai platform streaming video utama dan paling diminati pada era ini, YouTube menawarkan sejumlah besar konten yang dapat dinikmati kapan pun. Dengan lebih dari 300 jam video diunggah setiap menit dan lebih dari 30 juta pengunjung harian, situs ini menjadi sarana tak terbatas bagi konsumen konten.

Di YouTube, ragam video meliputi tutorial informatif, film thriller yang memukau, produksi musik yang menghibur, dan beragam hiburan lainnya.

Meskipun demikian, belum ada penyediaan tombol unduh resmi di YouTube yang memungkinkan pengguna menyimpan video untuk pemutaran tanpa koneksi internet. Meski begitu, hal ini tidak menghentikan kemampuan kita untuk mengunduh video dari platform ini.

Cara Download Video YouTube

Download video YouTube pada perangkat Android atau PC dapat diwujudkan dengan berbagai metode yang sederhana.

Salah satu opsi yang tersedia adalah memanfaatkan alat online downloader, atau melakukan penambahan karakter khusus pada tautan video, serta mengeksplorasi penggunaan perangkat lunak atau aplikasi khusus.

Perlu diingat bahwa YouTube secara resmi tidak menyediakan tombol unduh untuk melindungi hak cipta pemilik video.

Meskipun fitur Tonton Offline tersedia di aplikasi YouTube untuk perangkat Android, keterbatasan waktu pemutaran selama 30 hari dan ketidakmampuan untuk melakukan pengeditan video menjadi faktor yang perlu diperhitungkan.

Oleh karena itu, apabila keinginanmu adalah membuat video tersebut tersedia secara permanen di ponsel, solusinya adalah dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

1. Situs Pengunduh Video

Mengakses video favorit di YouTube dan menyimpannya secara offline dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai situs download video YouTube yang telah tersedia.

Beberapa platform terkenal seperti SaveFrom, Keepvid, Tubeninja, Savemedia, dan banyak lagi dapat digunakan sebagai alat download video YouTube. Prosesnya serupa di setiap situs, dan berikut adalah panduan rinci menggunakan keepvid.com sebagai contoh, baik pada perangkat PC maupun Android.

  1. Akses dan Pemilihan Browser
    Mulailah dengan membuka situs YouTube.com melalui web browser, baik itu Mozilla Firefox, Chrome, Opera, atau browser lainnya di PC atau perangkat Android.
  2. Pencarian dan Penyalinan Tautan Video
    Temukan video YouTube yang ingin diunduh, putar video tersebut, dan salin tautan video dari bilah alamat browser.
  3. Buka Situs Pengunduh dan Tempelkan Tautan
    Buka tab baru dan ketikkan alamat keepvid.com di bilah alamat browser. Setelah situs terbuka, tempelkan tautan video yang telah disalin sebelumnya.
  4. Proses Unduhan
    Klik tombol panah atau opsi yang disediakan untuk memulai proses pemrosesan tautan video. Pilih ukuran video yang diinginkan dari opsi yang muncul.
  5. Simpan Video
    Klik kanan pada video yang telah dipilih, pilih opsi “Save As,” dan beri nama file sesuai keinginan. Setelah itu, klik “Simpan” untuk memulai proses penyimpanan video.
  6. Tunggu dan Selesaikan Proses
    Tunggu hingga browser menyelesaikan proses unduhan. Proses ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah mengunduh video YouTube melalui berbagai situs pengunduh online tanpa kesulitan berarti.

2. Huruf Tertentu di URL

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa ada beberapa kode rahasia yang bisa digunakan untuk download video YouTube secara cepat dan mudah.

Selain huruf SS, terdapat beberapa huruf lain yang dapat kita manfaatkan untuk mencapai tujuan yang sama, seperti kick, save, dan dl pada URL YouTube. Semua kode ini memiliki fungsi yang serupa, yaitu untuk mengunduh video sesuai keinginan kita.

  1. Pilih Kode yang Diinginkan
    Buka video YouTube yang ingin diunduh melalui browser, seperti Google Chrome atau Mozilla. Jangan menggunakan aplikasi YouTube di ponsel Android untuk langkah ini. Jika kamu ingin menggunakan huruf SS sebagai contoh, tambahkan huruf tersebut di depan URL video. Misalnya, ubah youtube.com/watch?yxyhjka menjadi ssyoutube.com/watch?yxyhjka.
  2. Akses Situs Pengunduh Video
    Setelah menambahkan kode, tekan enter, dan kamu akan diarahkan ke situs pengunduh video online savefrom.net. Ini adalah situs yang mendukung kode SS.
  3. Pilih Format dan Kualitas Video
    Di situs savefrom.net, pilih format dan kualitas video yang diinginkan. Ada berbagai opsi yang bisa disesuaikan dengan preferensimu, misalnya download mp4.
  4. Unduh Video
    Setelah memilih format video, video akan diunduh secara otomatis. Jika tidak, cukup klik tombol Download untuk memulai proses pengunduhan.

Perlu diingat, SS adalah kode untuk situs savefrom.net, sementara kick/save adalah kode untuk situs savemedia.com, dan dl pada URL YouTube adalah kode untuk tubeninja.net. Jadi, pada dasarnya, menambahkan huruf menggunakan situs pengunduh online memiliki prinsip yang serupa.

Jika penggunaan huruf SS mengalami kendala atau dianggap sebagai spam, kamu dapat mencoba cara lain yang dijelaskan dalam artikel ini untuk tetap dapat mengunduh video sesuai keinginanmu.

3. Eksistensi (Add Ons)

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat diikuti untuk download video YouTube menggunakan ekstensi atau add-ons pada browser Mozilla Firefox. Perlu diingat bahwa metode ini tidak dapat digunakan di perangkat Android.

  1. Buka Browser Mozilla Firefox
    Mulailah dengan membuka peramban Mozilla Firefox di perangkat. Temukan dan tekan ikon strip tiga yang terletak di bagian kanan atas jendela browser.
  2. Pilih Add-on
    Setelah membuka menu, pilih opsi “Add-on” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  3. Cari Add-on untuk Download Video YouTube
    Di kotak pencarian add-ons, masukkan kata kunci “download YouTube” untuk menemukan opsi-opsi yang sesuai.
  4. Pilih Add-on yang Cocok
    Banyak pilihan add-on akan muncul sebagai hasil pencarian. Salah satu yang direkomendasikan adalah “Easy YouTube Video Downloader Express,” yang memiliki reputasi baik.
  5. Instal Add-on
    Pilih add-on yang dipilih dan lakukan instalasi. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  6. Aktifkan Add-on
    Setelah instalasi selesai, aktifkan add-on yang telah diinstal. Pastikan add-on tersebut aktif sebelum melanjutkan.
  7. Buka Video YouTube yang Diunduh
    Selanjutnya, buka video YouTube yang ingin diunduh menggunakan browser Mozilla Firefox.
  8. Gunakan Tombol Download As
    Di bagian bawah video, akan muncul tombol “Download As.” Klik tombol tersebut untuk melihat opsi format video yang tersedia.
  9. Pilih Format Video
    Pilih format video yang diinginkan dari opsi yang tersedia.
  10. Simpan File dan Selesaikan Proses
    Setelah memilih format, pilih “Save File” dan klik “OK” untuk memulai proses pengunduhan video.

Selain menggunakan Easy YouTube Video Downloader Express, kamu juga dapat menjelajahi opsi add-on lain yang dapat digunakan dengan langkah-langkah serupa. Pastikan untuk memahami setiap langkah dengan seksama agar proses pengunduhan video dapat berjalan dengan lancar.

4. Perangkat Lunak

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mengunduh video dari YouTube menggunakan perangkat lunak.

Terdapat berbagai perangkat lunak yang dapat dipilih, seperti Internet Download Manager (IDM), EagleGet, Free Download Manager, YouTube Downloader, dan opsi lainnya yang dapat disesuaikan dengan preferensi.

  1. Pilih Perangkat Lunak Pengunduh
    Pertama, tentukan perangkat lunak pengunduh yang ingin digunakan. Sebagai contoh, mari kita ambil IDM sebagai pilihan. Ada banyak opsi lain yang dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan.
  2. Download dan Install Perangkat Lunak
    Unduh dan instal perangkat lunak yang dipilih ke dalam komputermu. Misalnya, jika kamu memilih IDM, kunjungi situs web resminya, unduh perangkat lunak, dan lakukan instalasi sesuai panduan yang diberikan.
  3. Buka Video YouTube
    Selanjutnya, buka video YouTube yang ingin diunduh. Pastikan untuk memilih video yang ingin disimpan.
  4. Aktifkan Tombol Download
    Perangkat lunak yang telah diinstal, seperti IDM, akan otomatis mengintegrasikan dirinya dengan browser. Begitu video dibuka, kamu akan melihat tombol “Download this video” yang muncul secara otomatis di layar.
  5. Pilih Kualitas Video
    Klik tombol download dan pilih kualitas video yang diinginkan sesuai dengan preferensi. Berbagai opsi kualitas mungkin tersedia, seperti 720p, 1080p, atau lainnya, tergantung pada video yang diunduh.
  6. Mulai Unduh
    Setelah memilih kualitas, klik tombol “Mulai Unduh” untuk memulai proses pengunduhan. Pastikan koneksi internet stabil untuk menghindari gangguan dalam mengunduh video.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah mengunduh video dari YouTube menggunakan perangkat lunak pengunduh.

Itulah beberapa metode yang dapat diterapkan untuk mengunduh video dari platform YouTube menggunakan perangkat Android dan PC.

Disarankan memanfaatkan Internet Download Manager (IDM) ketika kamu mengakses situs melalui laptop, sementara untuk perangkat Android, kamu dapat memilih keepvid sebagai opsi yang efektif.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah lulusan D-3 Manajemen Informatika. Memiliki pengalaman dan kecintaan di bidang geopolitik, keuangan, pemrograman, digital marketing, dan sosial.
Logo SemutAspal